Putu Felisia

Sabtu, 04 November 2023

Sinopsis dan Review Japanese Movie My Happy Marriage Live Action

Halo, Teman-teman, apa kabar? Semoga sehat semua, ya. Lama banget nih nggak posting blog. Kapan hari kena asam lambung yang cukup parah. Akhirnya jadi bedrest lama dan kena pantangan makan sampai sekarang.


my happy marriage
Design by Canva


Nah, zaman bedrest ini, saya nemu Japanese Movie yang cukup menyentuh. Tidak hanya romantis, movie ini juga memiliki storytelling yang kuat serta world building yang kokoh. Movie apakah itu? Yuk, kita bahas sama-sama!



My Happy Marriage: Light Novel yang Difilmkan

My Happy Marriage mulanya adalah seri light novel Jepang yang ditulis oleh Akumi Agitogi dan diilustrasikan oleh Tsukiho Tsukioka. Light novel ini dulu diterbitkan secara online melalui situs penerbitan novel buatan pengguna Shōsetsuka ni Narō, kemudian diakuisisi oleh Fujimi Shobo, yang telah merilis seri ini sejak Januari 2019 di bawah lini Fujimi L Bunko.


Drama China tentang healthy relationship:

Sinopsis dan Review New Life Begins


Sejak Desember 2018, adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Rito Kohsaka telah diserialkan di layanan Gangan Online Square Enix. Serial televisi anime yang diproduksi oleh Kinema Citrus ditayangkan mulai Juli hingga September 2023. Suka Ishikawa Kaito? Nah, di animenya ini, Kiyoka Kudou disuarakan oleh seiyuu tersebut.

Dan ini adalah kru film My Happy Marriage:


my happy marriage
Foto dari AsianWiki

 


Sutradara: Ayuko Tsukahara

Penulis: Akumi Agitogi (novel), Tomoe Kanno

Produser: Masaru Inagaki, Shoichi Kato, Keiko Matsumoto, Yuu Inagaki

Cinematographer: Shoji Ehara

Tanggal rilis: 17 Maret 2023

Durasi: 115 min.

Distributor: Toho

Bahasa: Japanese

 

Cast:

Ren Meguro sebagai Kiyoka Kudou

Mio Imada sebagai Miyo Saimori

Akari Takaishi sebagai Kaya Saimori

Mirai Yamamoto sebagai Yurie

Keisuke Watanabe sebagai Arata Tsuruki

 

My Happy Marriage: Judul Biasa, Cerita Luar Biasa

Kalau dilihat dari judul, judul わたしの幸せな結婚 (Watashi no Shiawase na Kekkon/Pernikahan Bahagiaku) sangatlah biasa, menggambarkan genre domestic romance yang tidak ada keistimewaannya. Saya sendiri dulu tidak terlalu tertarik, kalau saja saya tidak melihat visual Kiyoka Kudou yang agak berbeda dari visual cowok biasa. Ya, Kiyoka Kudou ini digambarkan memiliki rambut panjang berwarna silver. Dengan pakaian tradisional Jepang, sosok ini amatlah mencolok. Saya pun jadi penasaran, dong. Kok bisa ada orang Jepang berambut silver di zaman dulu?


my happy marriage
Miyo memasangkan kumihimo pada Kudou, foto dari IMdb


Dan ternyata, memang benar. My Happy Marriage ini tidaklah sesederhana judulnya. Setting cerita ini sendiri sudah dibangun dalam sebuah dunia fantasi dengan basic era Taisho (sekitar tahun 1900-an Masehi). Bedanya, di dunia fantasi ini terdapat pemilik kekuatan supranatural dan klan-klan supranatural yang berkuasa.

Cinderella Story yang Tidak Klise

Tokoh utama My Happy Marriage ini adalah Miyo Saimori, seorang gadis yang dirundung karena tidak memiliki kekuatan supranatural. Karena ingin menyingkirkan Miyo, keluarga Saimori menjodohkan Miyo dengan Kiyoka Kudou, seorang komandan pasukan elit yang dikenal berdarah dingin dan tak segan menebas siapapun yang tidak disukainya. Kaya Saimori, adik tiri Miyo sudah senang sekali sebab mengira Miyo akan segera meninggal dengan tragis.


Tanyakan pada dunia apa itu cinta:

Dorama Don't Forget Me: Mencintai Penderita Alzheimer


Siapa sangka, alih-alih membunuh Miyo, Kudou yang awalnya acuh tak acuh justru tergerak oleh kelembutan Miyo. Miyo yang depresi juga lama-kelamaan tergerak oleh sikap dan kata-kata Kudou yang membangun. Dua orang yang menjadi sentral cerita ini kemudian menghadapi berbagai petualangan dan pertempuran supranatural yang sekaligus menguji cinta mereka.

Review

Saya sendiri telah menonton versi live action dan animenya sekaligus. Dua-duanya sangat berkesan buat saya. Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk efek pertempurannya, saya lebih suka My Happy Marriage versi live action. Saya juga suka efek visual yang terjadi pada saat Kudou, Miyo, dan Arata mengeluarkan kekuatannya.


my happy marriage
Foto dari IMdb


Versi anime sendiri memang jauh lebih detail karena durasinya yang lebih panjang. Di anime, penonton yang tidak puas dengan akhir keluarga Saimori bisa melihat bagaimana Kaya Saimori akhirnya dikirim sebagai pembantu alias mendapat balasan karma atas perbuatannya. Sayangnya, untuk tokoh Arata, saya lebih suka versi live actionnya.

Ah, dan saya sangat senang dengan banyaknya unsur budaya tradisional Jepang yang dimasukkan ke dalam cerita ini. Termasuk juga pembuatan kumihimo atau tali pengikat rambut yang ternyata ditenun dengan tangan.


kumihimo jepang
Gambar dari chunichi.co.jp


Kesimpulan

Japanese movie My Happy Marriage live action ini pastinya cocok banget ditonton bersama teman atau pasangan terutama buat diskusi bareng. Ada banyak pemahaman tentang pernikahan yang bisa jadi topik pembicaraan. 


Jangan mau nikah kalau alasannya:

9 Alasan Salah untuk Menikah


Pada akhirnya, terlepas dari tradisi, paham patriarki, hingga politik, sistem pernikahan tetaplah tergantung pasutrinya. Saya tidak akan membahas hal ini lebih panjang karena seperti yang saya bilang tadi, lebih enak diskusinya bareng pasangan masing-masing 😁

Bagaimana menurut teman-teman?

 

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

17 komentar:

  1. sebenarnya saya nggak suka drama Jepang sih. Cuma kok ya penasaran sama ceritanya My Happy Marriage ini. Salah satu temanku ada yang sudah nonton dan dia juga rekomen aku buat nonton ini juga.

    BalasHapus
  2. eh kalau judulnya live action itu dari film animasi atau komik yang dibuat jadi kisah nyata ya? pastinya yang suka animasi bakalan senang karena tokohnya jadi nyata. Kisahnya ngga berubah kan ya?

    BalasHapus
  3. seru banget nie film lain kali coba nonton ah apalagi film action kalo saya lumayan suka kalo untuk film action

    BalasHapus
  4. Sehat-serhat selalu ya Kak. Menjaga kondisi kesehatan adalah prioritas utama di musim pancaroba saat ini.

    Hemmm, ngomong-ngomong soal rambut silver, mungkin ini adalah cikal bakal manusia silver di era modern saat ini, heheheh... Saya nggak terlalu suka sih sama anime. Jadi inget dulu waktu kecil pernah nonton sailormoon. Anime keren dari Jepang juga kan ya.....

    BalasHapus
  5. Ini nontonnya di mana Kak? Aku seneng drama yg settingnya istana atau zaman kaisar gitu sih.
    Waaah...tambah pengen nonton nih kalau ada adegan action. Pasti seru...
    Walaupun adegan perang film Jepang seringnya lebih sadis euy...

    BalasHapus
  6. Udh hal biasa menonton sebuah drama dr visualnya. Ga salah sih. Kdg aku jg gt. Ada tokoh yg cakep/cantik, cobain dulu ah nonton. Wow ternyata alurnya menarik. Jd klop antara visual sekaligus alur ceritanya. Tp ada jg yg visualnya cakep, alur berantakan. Jd ya ga enak buat ditonton.

    Btw ceritanya menarik sih ya. Penasaran dgn Jepang era Taisho gini. Apalagi ada versi anime dan live action. Mkn bs dinikmati dr dua genre nih.

    BalasHapus
  7. Wah latarnya era Taisho yaa, cukup unik sih ceritanya. Perundungan Miyo Saimori yang ga punya kekuatan supranatural. Ternyata ada versi anime nya juga. Pengen lihat ahhh..

    BalasHapus
  8. Wah jadi ini banyak membahas tentang hubungan dengan pasangan juga gitu, Kak. Btw saya jadi pengen ikutan nonton

    BalasHapus
  9. Sepertinya menarik nih, temanya berarti tentang pernikahan yak. Setuju juga kalau permasalahan seputar pernikahan memang tergantung pasutrinya dan bisa jadi rumit kalau dijelaskan haha

    BalasHapus
  10. Daku belum nonton maupun nyimak versi animenya. Cuma kalau melihat, sepertinya yang anime mengesankan, apalagi settingnya kekaisaran gitu

    BalasHapus
  11. Wah lumayan menarik ceritanya
    Boleh lah aku coba nonton nanti
    Sesekali pingin tahu karya sineas Jepang

    BalasHapus
  12. Kayaknya saya jarang banget nonton film Jepang deh. Pernah sesekali nonton yang The Last Samurai, itu juga yg main ada Tom Cruise.

    Beda cerita kalau nonton serial kartunnya. Wkwkwkkw dari Doraemon sampai Naruto, bahkan dragon Ball, dijabanin. Hihihi.

    Rupanya ada film kisah cinta yang unik begini. Meskioun film fantasy ya, Karena bercerita tentang ilmu ilmu atau kekuatan diri.

    BalasHapus
  13. Lebih penasaran sih sama kekuatan supranaturalnya di My Happy Mariage ini kayak apa, hihihi..

    BalasHapus
  14. Aku udah nonton My Happy Marriage versi live action juga, dan bener, efek fightnya keren banget! Tapi emang versi anime lebih detail, jadi bisa lebih ngerti ceritanya. Bener juga, banyak unsur budaya Jepang yang masuk, jadi jadi lebih seru nontonnya. Bisa jadi topik diskusi seru nih buat berdua. 💑🎥🍿

    BalasHapus
  15. wah film jepang.. hm, penasaran juga udah lama ga nonton film jepang xD belakangan ini nontonnya drama korea, mandarin atau thailand :)) makasih referensinya

    BalasHapus
  16. Mewek banget pasti yaa... nonton My Happy Marriage.
    Aku mauu..

    Kadang nonton drama atau film jepang tuh beneran lebih menyentuh. Mungkin salah satunya karena musik latarnya yang se-deep ituuuh..

    BalasHapus
  17. Sudah lama ga nonton movie jepang,
    Tapi klau animenya masih setia dong, one piece dari dulu.
    Liat dri traileer nya seru kak, coba ah nonton.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)