Putu Felisia

Kamis, 12 Oktober 2023

Sama Bahayanya dengan Kopi Sianida: Bahaya Asam Lambung

Akhir-akhir ini di jagad maya sedang dihebohkan dengan kasus Mirna Salihin. Gara-gara sebuah film dokumenter di Netfix berjudul Ice Cold, publik kembali mempertanyakan penyebab kematian Mirna.

 

bahaya asam lambung
Gambar dari Canva

Kali ini, saya tidak akan ikut membahas tentang apakah Jessica Wongso bersalah atau tidak, tapi, saya akan membahas satu pembunuh bernama asam lambung. Kenapa saya menyebut asam lambung sebagai pembunuh? Yuk kita bahas sama-sama!


 

Jika teman-teman masih ingat, dulu ada acara dr. Oz Indonesia. Salah satu pembawa acara dr. Oz ini, dr. Ryan Thamrin diduga meninggal karena penyakit otak dan penyakit lambung. Penyakit lambungnya sendiri terpicu oleh kebiasaan buruk makan mie instan (sumber: TribunNews).


Menjaga kesehatan itu penting. Nah, karena itulah kita perlu mengenal lebih dekat penyakit asam lambung ini dan memiliki strategi untuk menghindarinya.

 

Mengapa Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian?

Dilansir dari Healthline, salah satu komplikasi asam lambung dan GERD adalah pneumonia aspirasi. Pneumonia aspirasi ini dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian.


asam lambung
Gambar dari Canva



Lalu apa yang disebut pneumonia aspirasi? Pneumonia aspirasi adalah infeksi paru-paru akibat asam lambung yang naik ke tenggorokan atau mulut, kemudian terhirup ke dalam paru-paru. Penyakit ini dapat menjadi serius dan bahkan fatal jika tidak ditangani. Gejala atau akibat yang ditimbulkan pneumonia aspirasi antara lain: demam, batuk yang dalam, nyeri dada dan sesak napas, mengi (suara napas seperti siulan), kelelahan, perubahan warna biru pada kulit, dan kematian.


Bingung mencari dokter:

SehatQ.com: Solusi Tepercaya dari Dokter 



Penyebab Penyakit Asam Lambung

Ada beberapa penyebab penyakit GERD/asam lambung ini. Salah satu penyebabnya adalah sering makan makanan asam, pedas, dan berminyak. Makanan dengan rasa yang kuat akan meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan otot sfingter esofagus bawah serta melambatkan pengosongan lambung. Kopi dan kafein juga bisa memicu peningkatan asam lambung.


penyakit maag
Gambar dari Canva


Kebiasaan makan yang kurang baik juga bisa memperberat gejala ini. Beberapa di antaranya yaitu: makan terburu-buru, sering makan dalam porsi banyak sekaligus, dan langsung tidur setelah makan. Kondisi tersebut akan meningkatkan tekanan dalam rongga perut.


Gejala ini juga bisa terjadi karena asam lambung:

Mengenal Lebih Jauh Tentang Panas Dalam


Risiko penyakit GERD/asam lambung ini akan meningkat setelah usia 40 tahun. Selain itu, ada risiko lebih besar pada orang-orang berikut ini:

  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  • Sedang hamil
  • Sering merokok atau menghirup asap rokok
  • Gangguan jaringan ikat seperti scleroderma
  • Hernia hiatus (tonjolan dari bagian lambung yang melewati celah diafragma dan dapat menghalangi makanan masuk ke lambung)

 

obat maag
Gambar dari Canva

Beberapa obat-obatan pun bisa menjadi pemicu timbulnya gejala asam lambung, antara lain:

  • Benzodiazepin (jenis kandungan dalam obat penenang)
  • Penghambat kalsium (calcium inhibitor) yaitu obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, seperti: nifedipin, amlodipine, dan verapamil
  • Beberapa obat asma
  • Obat anti inflamasi non-steroid (NSAID)
  • Obat anti depresan (tricyclic)

 

Mencegah Penyakit Asam Lambung

Agar kita terhindar dari penyakit asam lambung, kita dapat menerapkan beberapa hal berikut ini:

Mengunyah makanan perlahan-lahan.

Biasakan diri untuk mengunyah makanan kurang lebih 32 kali agar makanan menjadi lebih lembut saat masuk ke dalam lambung. Dengan begitu, risiko masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung, juga akan menurun.

Teliti dalam Memilih Makanan

Hindari makanan pedas, makanan yang mengandung bawang, makanan yang asam, asin, dan berlemak karena dapat merangsang produksi asam lambung.


Mau lebih glowing?

Coba Makan Buah Ini!


Beberapa makanan ini cukup aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung:

  • Umbi-umbian (kentang, wortel, lobak, atau bit).
  • Daging, putih telur, dan makanan laut.
  • Sayuran hijau, seperti brokoli, asparagus, dan seledri.
  • Buah yang matang dan tidak asam, seperti semangka dan melon.
  • Oatmeal rendah gula dan kaya serat.


buah sehat
Gambar dari Canva


Jangan Tidur Setelah Makan

Usahakan untuk makan sekitar 2-3 jam sebelum waktu tidur dan berdiri atau  duduk dengan posisi tegak selama 30 menit setelah makan guna mencegah asam lambung naik.

Stop Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol dapat menyebabkan iritasi di lapisan kerongkongan dan perut, melemahkan otot kerongkongan hingga merangsang produksi asam lambung. Sehingga asam lambung pun menjadi lebih mudah naik ke kerongkongan.

Tangani Stres

Tidak hanya berkaitan dengan pola makan yang buruk, naiknya asam lambung juga dapat dipicu oleh kondisi mental yang kurang baik, seperti stres berlebihan. Lakukan kegiatan menghibur diri atau konsultasi ke psikolog/psikiater untuk penanganan lebih lanjut.


Agar tidak sering stres, kamu perlu menerapkan ini:

Boundaries itu Perlu loh!

 

Mengurangi Asupan Kafein

Kafein mengakibatkan cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan dan menyebabkan dada atau tenggorokan terasa panas.

 

Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan pada lambung, sehingga mendorong asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Karena itu, kita perlu menjaga berat badan tetap ideal.

 

Hindari Konsumsi Obat Pereda Nyeri Tanpa Resep Dokter

Obat pereda nyeri yang harus dihindari khususnya jamu yang bahannya tidak jelas atau mengandung campuran obat pereda inflamasi. Konsumsi jenis jamu seperti ini dapat memberi efek samping seperti peningkatan produksi asam lambung dan risiko perlukaan lambung yang dapat memicu terjadinya perdarahan di saluran pencernaan.

Jadi, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memperoleh dosis obat sesuai kondisi kesehatan.

 

hidup sehat
Gambar dari Canva

Semoga informasi tadi dapat membuat kita lebih sadar akan bahaya penyakit GERD/asam lambung. Dengan demikian, kita semua dapat menerapkan pola hidup yang lebih sehat demi kesehatan lambung kita.

 

 

Referensi:

https://makassar.tribunnews.com/2017/08/08/kenapa-dr-ryan-thamrin-maag-hingga-meninggal-padahal-dokter-ibunda-ungkap-kebiasaan-buruknya

https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/04/173000565/bisakah-asam-lambung-menyebabkan-kematian-?page=all.

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-gerd-kenali-penyebab-faktor-risiko-dan-cara-mengatasinya

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mencegah-asam-lambung-naik

 

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

14 komentar:

  1. Judul artikel ini sungguh menarik perhatian. Rasanya seperti sebuah perbandingan yang dramatis antara bahaya asam lambung dan kopi Tapi ini jelas membuka mata kita terhadap pentingnya memahami risiko asam lambung bagi kesehatan

    BalasHapus
  2. Gerd ini emang harus diwaspadai, apalagi rasanya itu kalo misal udah mual sampe ulu hati.. tetap jaga kesehatan dan pola hidup teratur yaa

    BalasHapus
  3. Penyakit asam lambung ini terlihat seperti ringan padahal sangat perlu diwaspadai ya kak. Karena bisa menyebabkan kematian juga apalagi jika sampai mengganggu kerja jantung.

    BalasHapus
  4. Wah, judul artikelnya mengingatkan dengan kasus yang lagi rame
    Memang asam lambung harus kita waspadai ya

    BalasHapus
  5. Saya juga pernah kena lambung dan pusing sampai dirawat. Ternyata menurut keterangan dokter harus mengurangi kafein dari kebiasaan ngopi dan juga pentingnya manajemen stress.
    Jadi pelajaran banget untuk mengatur pola makan dan pola hidup lebih sehat lagi agar kesehatan pun bisa terjaga

    BalasHapus
  6. Bagian mengatasi stres ini yang agaknya kudu banget diatasi yaa..
    Karena sahabatku juga menderita GERD dan saat cek ke dokter, semuanya bagus. Hanya temenku ini punya kepribadian yang suka gampang kepikiran sesuatu.
    Bener-bener ujian banget... Dan semoga kita semua senantiasa sehat-sehat yaa, baik fisik dan mental.

    BalasHapus
  7. aku seringnya terserang Gerd kalau makannya kemaleman dan lagi tidur. Apalagi kalau makannya banyak yang berdaging dan berlemak. Sepertinya lambung sudah lambat metabolismenya

    BalasHapus
  8. Kalau udah kaitannya sama lambung bikin gak nyaman ketika ada gangguan. Perlu menjaganya dan gak berlebihan dalam hal makanan

    BalasHapus
  9. Bisa dibilang memang asam lambung ini penyakit yang kalau dibiarkan bisa berbahaya. Apalagi kalau sudah sampai kena GERD, wajib hati-hati dan jaga makanan

    BalasHapus
  10. Sebagai salah satu organ tubuh yg sensitif, memang harusnya lambung kita selalu dijaga yah, kak. Bukan cuma dari asupan tapi juga dari aktivitas.

    BalasHapus
  11. suami saya mengidap GERD dan sudah cukup parah. Dokter meresepkan anti depresan juga karena sudah sampai tahap panik. saya kurang tau soal kombinasi obat yang diresepkan, tapi dari artikel diatas Benzodiazepin dan Obat anti depresan (tricyclic) bisa jadi pemicu gerd juga ya

    BalasHapus
  12. suami saya mengidap GERD dan sudah cukup parah. Dokter meresepkan anti depresan juga karena sudah sampai tahap panik. saya kurang tau soal kombinasi obat yang diresepkan, tapi dari artikel diatas Benzodiazepin dan Obat anti depresan (tricyclic) bisa jadi pemicu gerd juga ya

    BalasHapus
  13. Bener bgt kak. Banyak temenku yg meninggal krn Gerd ini. Kyknya penyakit sepele hny maag biasa. Ternyata pas dibawa ke rumah sakit, udh maag akut. Udh ga tertolong lagi deh

    Aku dl jg kena meski blm sampe gerd. Udh stres di kerjaan, stres di perjalanan pulang, eh di rumah malah ada ribut2 kecil. Mknya jgn sampe stres dan bnyk pikiran serta jaga pola makan yg bgs spt yg dijrladkan di atas.

    BalasHapus
  14. Guru lesnya anakku nih yang punya gerd. Kasihan kalau lagi kambuh, bisa pucat dan gak bisa ngajar.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)