Putu Felisia

Sabtu, 09 September 2023

Mengenali Panas Dalam dan Cara Mengatasinya

Belakangan ini, cuaca di Bali sangat kering dan dingin. Cuaca seperti ini membuat badan jadi tidak enak. Bibir saya pecah-pecah hingga mengelupas. Tenggorokan juga jadi sakit.


panas dalam


Gejala-gejala yang saya alami itu merupakan gejala panas dalam. Lebih jelas lagi tentang panas dalam, yuk, kita bahas di artikel ini!



Apa Itu Panas Dalam?

Istilah panas dalam sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis. Kondisi ini juga sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan kumpulan gejala dari penyakit di tenggorokan atau gejala awal dari infeksi virus maupun bakteri.


panas dalam


Dalam ilmu pengobatan tradisional, panas dalam timbul akibat konsumsi terlalu banyak makanan yang diolah dengan suhu tinggi, seperti daging bakar dan gorengan, atau makanan tertentu seperti durian, cokelat, atau makanan berbumbu tajam. Namun, hal ini belum dapat dijelaskan secara ilmiah.


Mengapa maintaining kesehatan itu penting?

Hidup Sehat adalah Berkat


Lalu, bagaimana penjelasan medisnya?


panas dalam


Meski ilmu medis tidak menjabarkan lebih jauh tentang panas dalam, ada beberapa penyakit yang bisa terkait dengan panas dalam:


Infeksi saluran napas akut (ISPA)

Panas dalam akibat ISPA umumnya diawali dengan gejala berupa rasa gatal, nyeri, dan panas di tenggorokan. Selain keluhan pada tenggorokan, ISPA juga sering kali disertai bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, dan demam yang biasanya berlangsung selama 2–3 hari.


Hidup sehat dengan cara sederhana:

Seminar Gula & Lagu 


Iritasi tenggorokan

Gejala panas dalam akibat iritasi tenggorokan mirip dengan gejala yang muncul akibat ISPA. Iritasi tenggorokan dapat disebabkan oleh paparan polusi udara, konsumsi makanan atau minuman panas, atau penggunaan suara yang berlebihan seperti berteriak atau tertawa keras.

 

panas dalam

Asam lambung naik (refluks asam lambung) 

Panas dalam yang menjurus pada refluks asam lambung sering muncul di tengah malam saat tidur atau di pagi hari saat bangun tidur. Gejala tersebut terkadang disertai rasa panas atau perih di ulu hati dan tercekat di tenggorokan.


Cara Meringankan Panas Dalam

Penjelasan di atas mungkin terdengar sedikit horor. Namun, ternyata, tidak semua panas dalam merupakan gejala awal penyakit serius. Jadi, Teman-teman tak perlu terlalu khawatir. Kita bisa meringankan gejala panas dalam dengan melakukan hal-hal berikut:

Beristirahat dengan cukup.

Istirahat yang cukup mampu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan demikian maka tubuh akan mampu melawan serangan kuman.

Hindari Paparan Asap

Asap bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan menyakiti tenggorokan. Karena itu, sebisa mungkin hindari asap dan kenakan masker bila perlu.


Pengin Cantik  Alami?

5 Buah Menjaga Kecantikan


Minum air putih

Air putih mampu melembapkan tenggorokan dan mencegah terjadinya dehidrasi. Hindari minuman berkafein dan beralkohol yang bisa membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Teman-teman juga bisa minum air hangat dicampur madu untuk membuat tenggorokan lebih nyaman.


panas dalam


 

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam juga bisa mampu meredakan gejala panas dalam. Campuran ini dapat dibuat dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

 

Mengonsumsi makanan yang nyaman di tenggorokan

Agar tenggorokan nyaman, Teman-teman bisa makan sup hangat dan es krim. Selain itu, teh hijau, buah manggis, dan semangka juga dipercaya dapat meredakan gejala panas dalam.

 

panas dalam

Gunakan obat herbal

Beberapa obat herbal dikenal bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan umumnya telah dikemas dalam bentuk permen atau jamu. Teman-teman bisa mencoba menggunakan obat herbal dengan mengonsultasikan dengan dokter lebih dahulu.

 

Terapkan gaya hidup sehat

Jika gejala panas dalam yang dirasakan menjurus pada naiknya asam lambung, sebaiknya hindari makan dalam jumlah banyak sebelum tidur. Atur jam makan, sehingga waktu makan tidak berdekatan dengan waktu tidur malam.

 

Kurangi Refluks Asam Lambung

Caranya adalah dengan menurunkan berat badan, mengurangi stres, rokok, dan minuman beralkohol.

 

panas dalam

Kesimpulan

Panas dalam bukanlah penyakit medis. Ada beberapa cara untuk meredakan panas dalam secara alami. Akan tetapi, kita perlu waspada pada panas dalam yang menjurus pada gejala penyakit lain. Karena itu, ada baiknya Teman-teman berkonsultasi pada dokter jika panas dalam terus berlanjut.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/kenali-panas-dalam-dan-cara-meredakannya#:~:text=Kumur%20dengan%20air%20garam,ke%20dalam%20segelas%20air%20hangat.

 

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

19 komentar:

  1. Iya nih, cuaca di Bali lagi nggak stabil. Jadi bikin badan ikut nggak stabil. Kudu pinter-pinter jaga kesehatan ya, kak.

    BalasHapus
  2. polisi khususnya di ibukota, membuat kita rentan terkena penyakit khususnya di area tenggorokan, termasuk seringnya saya mengalami panas dalam. Makasih tipsnya ya

    BalasHapus
  3. kondisi sekarang yang terik dan kering, memang bisa terjadi ini,
    jadi mengantisipasi diperlukan biar imun tubuh tetap terjaga

    BalasHapus
  4. owalah ... panas dalam bukan penyakit medis tho... tapi kayaknya kalau misalkan aku merasa sudah kena panas dalam tuh emang karena tenggoranku sakit atau gimana gitu.

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata berat badan bisa jadi salah satu pemicu panas dalam ya mbak

    BalasHapus
  6. Panas dalam kerap kali menghampiriku. Rupanya memang bukan penyakit medis. Biasanya aku mengalami panas dalam karena iritasi tenggorokan kalau udah banyak makan gorengan.

    BalasHapus
  7. Cuaca di Tangerang Selatan juga panas banget. Kalo kurang cairan malah jadi dehidrasi, bahkan bisa panas dalam. Kalo saya pribadi sering kena radang tenggorokan, gejala awalnya ya panas dalam. Biasanya setelah makan pedas dan gorengan. Makasih infonya

    BalasHapus
  8. Aku terbilang jarang terkena panas dala, tapi bukan berarti ga pernah.
    Rasanya ga nyaman banget kalau uda panas dalam. Langsung andalan minum larutan penyegar dan makan yang baik-baik. Hehhe, seringkali sakit itu alarm atas perbuatan kita sendiri.

    BalasHapus
  9. Aku sering banget nih kak akhir-akhir ini di Surabaya cuacanya aduh panas banget. Kalau udah parah biasanya sampe bikin tenggorokan agak sakit

    BalasHapus
  10. Panas dalam ternyata memiliki hubungan juga dengan penyakit lain, ya. Saya kira panas dalam hanya panas dalam saja, ternyata ada hal lain yang memiliki hubungan juga.(Sugianto)

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu loh panas dalam tuh bukanlah suatu penyakit, melainkan kumpulan gejala dari penyakit di tenggorokan atau gejala awal dari infeksi virus maupun bakteri.

    Emg di cuaca kemarau kyk gini, tenggorokan rawan bgt kena bakteri. Atau kita tergoda utk minum dingin pdhl tubuh menolak. Atau bs jd krn makanan yg ga sesuai dgn kondisi tubuh.

    Sehat2 selalu ya kita2. Jgn lupa minum banyak air putih.

    BalasHapus
  12. PAnas dalam ini jadi masalah klasik yang sering kita hadapi di iklim tropis sih. Kli aku biasanya nyobain penyegar dan stop dulu makan yang berminyak biar aman dan ngga makin parah

    BalasHapus
  13. Saya kebetulan ada lambung mba Putu wajib banget memang hati-hati dlaam memilih makanan dan menjaga pola makan, paling ga enak niy kalau panas dalam karena asam lambung ga nyaman banget, baca ini makin mengingatkan saya untuk lebih aware lagi dalam menjaga pola makan, terima kasih

    BalasHapus
  14. Baru tahu kalau panas dalam bukan termasuk penyakit medis. Tapi tetap harus diwaspadai ya karena bikin gak nyaman. Biasanya aku minum air garam sih buat ngurangin panas dalam sama banyak minum air putih

    BalasHapus
  15. biasanya pertolongan pertama ya pakai air putih yaa kak, kemudian kalau bisa pakai minuman tertentu akan lebih bagus dan lebih efektif

    BalasHapus
  16. Kayaknya seperti yang saya alami saat ini deh
    Bener bener tuh rasanya pengen minuuum aja terus
    Hawanya ga enak banget

    BalasHapus
  17. aku lagi panas dalam nih, huhuhu. tapi karena cuaca panas. jadi aku banyakin minum air putih, makan buah dan larutan penyegar

    BalasHapus
  18. meski panas dalam bukan penyakit medis tapi banyak penyakit yang juga mempengaruhinya, berentetan gitu ya.
    cuaca sekarang ini emang rawan banget orang terkena panas dalam makanya penting banget untuk menjaga diri agar terhindar dari panas dalam.

    BalasHapus
  19. Panas dalam emang menyiksa banget. Betul solusi pertama yaitu minum air putih dan minum obat herbal. Kalau aku lagi panas dalam, lebih nyaman kalau minum Las**ar

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)