Putu Felisia

Minggu, 01 Oktober 2023

Kenalan dengan Cabai Hiyung, Ini Dia 4 Fakta yang Harus Kamu Tahu!

cabai hiyung indonesia
Sumber: Shutterstock.com

Sebagai orang Indonesia, sambal sudah jadi kebutuhan. Makan tanpa sambal tuh kayaknya kurang lengkap, kan? Bahkan makan telur mata sapi plus sambal saja sudah mampu membuat makanan lebih nikmat, ya, nggak?

Nah, kalau kita bahas sambal, pastinya kita penasaran cabai apa yang dipakai sebagai salah satu komposisi utamanya ya. Pernah dengan Cabai Hiyung atau kamu masih asing dengan jenis cabai ini? Jika masih asing, yuk kenalan dengan cabai satu ini. Yuk, kita simak sama-sama.


Mengenal Cabai Hiyung Lebih Dekat 

Tertarik ingin tahu darimana asal Cabai Hiyung,kenapa cabai ini diberi nama Hiyung, rasa, dan cara budidaya. Yuk simak!

1. Asal Cabai Hiyung

Cabai Hiyung dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Kalimantan. Tepatnya di Desa Hiyung, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. 

2. Cara Budidaya Cabai Hiyung

Perlu diketahui, cara penanaman Cabai Hiyung ini cukup unik dibandingkan penanaman Cabai Rawit pada umumnya, yakni dengan penggunaan mulsa.


Makanan yang bisa bikin kulit glowing:

5 Buah untuk Kecantikanmu


Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah. Mulsa yang digunakan berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar areal penanaman. Fungsinya adalah untuk menekan pertumbuhan gulma, mengurangi evaporasi tanah, dan melindungi tanaman dari terik matahari yang menyengat.

3. Memiliki Rasa Pedas yang Unik

Selain itu, Cabai Hiyung juga memiliki aroma yang khas dan mampu memberikan rasa nikmat pada masakan. Tidak heran jika Cabai Hiyung sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai masakan tradisional khas Indonesia, seperti sambal, gulai, dan rendang.


Cabai Hiyung, Salah Satu Resep Rahasia Lezat Sambal ABC!

abc-sambal-hiyung


Sebagai produsen sambal nomor satu pilihan keluarga Indonesia, Sambal ABC ternyata menggunakan Cabai Hiyung di setiap varian sambalnya, lho!

Kelima varian Sambal ABC yang bisa dicoba sesuai selera adalah Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Makan apapun jadi nikmat dengan Sambal ABC mulai dari makanan yang digoreng hingga makanan berkuah. Sambal ABC dengan Cabai Hiyungnya terbukti membuat momen makan menjadi tak terlupakan. Sambal ABC memang bukan sambal biasa! Kalau penasaran lebih lengkapnya tentang Sambal ABC, cek link ini yuk!



So, tunggu apalagi! Dapatkan langsung Sambal ABC favorit teman-teman sekarang di Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli. Sambal ABC juga bisa dibeli di toko terdekat, selain online lho! Info lebih lanjut klik di di sini ya!

 

Referensi:

https://www.merdeka.com/gaya/disukai-keluarga-indonesia-kenikmatan-sambal-ini-ternyata-berasal-dari-cabai-hiyung.html

https://biz.kompas.com/read/2023/03/02/100000928/fakta-unik-cabai-hiyung-cabai-terbaik-dari-kalimantan-selatan

https://kalsel.antaranews.com/berita/362739/sambal-abc-varian-cabai-hiyung-baru-konsep?

https://www.liputan6.com/regional/read/5086575/mengenal-cabai-hiyung-asli-kalimantan-cabai-terpedas-di-dunia



Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

45 komentar:

  1. Saya mungkin pernah coba atau melihat cabe hiyung ini, Mbak. Hanya karena tidak tau namanya hehehe.
    Dan ternyata sudah dipakai oleh ABC ya. Jadi kalau tidka sempat nyambel, pakai ABC saja. praktis juga bisa dibawa ke mana-mana.

    BalasHapus
  2. Aku jadi penasaran banget sama Si Cabe Hyung ini kayak gimana tingkat pedesnya. Apalagi kalau dibuat saus. Awal muka baca salfok aja sama kata "Hyung" berkesan seperti manggil Hyung atau kakak dalam Korea.

    BalasHapus
  3. rasa cabainya memang pedas banget sih cabai Hiyung ini, dan baru tahu pas di Kalimantan ternyata ini cabai khas sana, jadi ga salah pilih sih ABC menjadikannya sebagai bahan dasar untuks auce ABC

    BalasHapus
  4. daku udah coba sambalnya ini, pedesnya bikin seger.
    apalagi kemasannya juga simple jadi pas mau santap bisa jadi temen makan nikmat

    BalasHapus
  5. Pantas ya sambal ABC selalu favorit rasa pedasnya, lha wong cabainya pakai khusus seperti cabai Hiyung. Aku kira pakai cabai lokal biasa aja

    BalasHapus
  6. baru tau kalau sambal abc dari cabai pilihan.. dan ternyata nama hiyung diambil dari nama desanya ya. menarik nih pasti desanya produktif banget dan bisa mendukung perekonomian lokal

    BalasHapus
  7. Cabai hiyung ini khas banget ya. Pedasnya enak
    Makanya banyak yang suka.

    BalasHapus
  8. Sambal ABC memang pilihan terbaik untuk mendampingi makanan yang biasa kita nikmati. kelezatannya nambah yak, apalagi orang Indonesia ngga bisa lepas dari sambal sih ya

    BalasHapus
  9. dengan cabe yang berkualitas pasti menghasilkan sambal terbaik dan ABC beneran sudah menemukanformula yang tepat untuk produk terbaik. APalagi orang Indonesia doyan pedes kan ya

    BalasHapus
  10. saya gak pernah merhatiin jenis cabai/cengek yang dipakai, apalagi di Bandung cuman ada dua jenis cengek, cengek ijo (rawit) dan cengek domba. tapi cabai hiyung ini mirip cabe rawit ijo sih bentuknya. tapi ternyata beda ya

    BalasHapus
  11. Oh, ini cabai dari kalimantan ya
    Aku salfok ke namanya, hiyung kayak manggil hyung dalam bahasa Korea, haha
    Pasti pedas ya cabai ini

    BalasHapus
  12. Oh, ini cabai dari kalimantan ya
    Aku salfok ke namanya, hiyung kayak manggil hyung dalam bahasa Korea, haha
    Pasti pedas ya cabai ini

    BalasHapus
  13. Oooo pantas saja ya Kak, taste di sambal ABC tuh kayak punya sensasi pedas yang beda aja gitu tingkatnya. Rupanya rahasianya karena menggunakan Cabai Hiyung yang dibudidayakan khusus di Kalimantan.

    BalasHapus
  14. Saking penasarannya kmrn akhirnya cobain dan nyari2 ke minimarket masih ssusah yaa dapetnya ini? Eman bangett padahal uenaaak sambelnya nampol

    BalasHapus
  15. Wah jadi penasaran dengan rasa pedas yang unik dari cabai hiyung. Kalau mau icip rasanya gak perlu jauh2 ke kalimantan ya mbak karena sudah ada Sambal ABC dari cabai hiyung. Nanti kalau ke toko atau minimarket saya mau cari juga ah sambal ABC varian ini ^^

    BalasHapus
  16. Aku udh coba nih sambal ABC Cabai Hiyung. Emang pedasnya berasa bgt. Beda dgn sambal lainnya. Cabai hiyung pny kekhasan berbeda. Dan cocok bgt dipake bersama dgn makanan/masakan lain. Jd klop aja gt.

    BalasHapus
  17. Whoaaah.. Sebagai pecinta pedas, penasaran nih sama Sambal ABC si Cabai Hiyung. Bukan cuma rasanya yg unik, ternyata sejarahnya juga nggak kalah menarik yah, Ci.

    BalasHapus
  18. Eh, baru tau namanya cabai Hiyung. Dan sambal favorit ABC yang Extra pedas ini emang the best pedesnya, trnyata dari cabai Hiyung juga. Mantap ini.

    BalasHapus
  19. wah jadi penasaran deh akutuh sama sambal hiyung ini, kayanya pedasnya seuhah banget nih kalo kata orang sunda mah

    BalasHapus
  20. Karena asalnya dari daerah bernama Hiyung yaa.. makanya dinamakan Cabai Hiyung.
    Pedasnya wah.. pecinta pedes, wajib banget nyobain sii.. Soalnya kekayaan kuliner Indonesia juga nih.. Meski sama-sama cabai, tapi tingkat kepedasannya sungguh wow.

    BalasHapus
  21. wah ternyata jenis cabai juga beragam ya, termasuk tingkat kepedasannya nih hehe.. wajib cobain deh sambal nya bagi yg suka pedas hehe

    BalasHapus
  22. Tak pernah berhenti nyetok sambal ABC ini, kadang yang extra pedas, kadang yg pedas biasa.. dah cocok dilidah buat teman cemilan kentang goreng, nugget, bakwan daaan lain2,:)

    BalasHapus
  23. Wah ternyata ini ingredient rahasia sambal ABC ya. Good to know. Emang manteb deh kekayaan alam Indonesia, salah satunya cabai nya

    BalasHapus
  24. Apa sih kak bedanya cabe hiyung dg cabe rawit setan yg biasa ada di pasar di seputaran bandung?

    BalasHapus
  25. wih aku baru tau salah satu varian sambal abc buatnya dari cabai hiyung, namanya unik. kirain td cabe dari negara korea apa cina :D
    salut sih ABC mengangkat jenis cabe lokal biar makin dikenal

    BalasHapus
  26. Cabe dan sambal yang nggak boleh putus dari rumah ya karena tahu sendiri itu adalah butuh untuk makan ini itu

    BalasHapus
  27. unik ya namanya cabe Hiyung, mantabs ini pasti makin pedas

    BalasHapus
  28. makin beragam aja nih variannya.. kayaknya perlu dicoba nih sambal abc hiyung.

    BalasHapus
  29. Pernah cobain sambal dari merk ABC tapi nggak ngeh kalau bahan dasarnya cabai hiyung

    BalasHapus
  30. Sambal ABC itu sambal fave aku lho kk! Pedas tapi saya sukkka

    BalasHapus
  31. baru tahu nih ada jenis cabe Hiyung, secara saya ga terlalu suka pedas jadi ga aware kalau rasa cabai itu beda-beda

    BalasHapus
  32. Jujur saya baru tahu kalau ternyata sambal ABC ini seunik itu ya karena asal cabainya pun gak main-main. Spesifik hanya dari cabai Hiyung yang berasal dari Kalimantan. Varian sambal ABC, terutama yang extra pedas memang salah satu yang menurut saya enak dan cocok di lidah sih varian sambalnya.

    BalasHapus
  33. pantes sambel ABC punya rasa yang khas, ternyata bahan baku cabainya juga enggak sembarangan

    BalasHapus
  34. Saya sangat ingin tahu seberapa pedasnya Si Cabe Hyung ini, terutama jika digunakan sebagai saus. Saat pertama kali membaca, kata "Hyung" membuat saya terfokus pada penggunaannya seperti panggilan untuk kakak dalam budaya Korea.

    BalasHapus
  35. nah jenis cabe ini udah pernah sya temui nih, dan kebetulan sya tinggal di pulau kalimantan dan nemu perkebunan cabe jenis ini juga, rasa pedasnya bener2 menggigit sih

    BalasHapus
  36. Kirain dari koreya, namanya unik. Eh ternyata asli Indonesia. Sambal ABC selalu jadi pilihan buat pelengkap makanan di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang kebayang karena namanya Cabai Hiyung yaa..
      Karena ada kemasan praktis, maka rasa pedas dari Cabai Hiyung bisa diperoleh dengan praktis.

      Hapus
  37. Baru tau akuu, namanya unik banget cabai hiyung. Bisa ditanam di daerah yang kayak gimana yaa?

    BalasHapus
  38. Info yang sangat bermafaat. Baru tahu gw kalau cabe Sambal abc dari cabe hyung. Dan baru tahu juga cabai hyung.

    BalasHapus
  39. Baru tahu kalau sambel ABC dari cabai Hyung. Baru tahu juga mengeni cabai Hyung.

    BalasHapus
  40. Baru tau kalau nama cabai yang dipakai di sambal ABC itu cabai hiyung. Ternyata asli Indonesia juga. Keren

    BalasHapus
  41. Baru tau namanya cabai hiyung. Dan asalnya dari kalimantan yaa ternyata. Pantes sambal ABC itu rasanya memang beda dari cabai yang lainnya. Thanks sudah sharing ka

    BalasHapus
  42. Jauh ya asalnya cabau hiyung ini. Dijualnya diseluruh indonesia, ah mantap produk ABC, membudyakan petani dalam negeri

    BalasHapus
  43. suka melihat iklannya di televisi, dan sudah pernah coba rasanya yang seger dengan rasa pedasnya masih oke buat daku

    BalasHapus
  44. Wah ternyata cabai hiyung ini salah satu cabai pedas yang menjadi bahan utama pembuatan saos abc ya. Nice artikel kak, mantepp

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)