Selasa, 10 Januari 2023

Sinopsis dan Review Drama China New Life Begins: Drama Terbaik 2022!

Halo, Teman-teman. Tahun baru mungkin belum lama berlalu. Namun, tidak ada salahnya untuk menonton drama China yang sangat beraura positif untuk menyambut tahun 2023 yang katanya akan gelap dan bahkan resesi ini. Drama ini benaran merupakan penghiburan dan penyemangat dan cocok banget buat membuka tahun 2023.

 

 

drama china new life begins


Seperti apa dramanya? Yuk kita simak sama-sama 😉


Sinopsis Drama China New Life Begins

Tersebutlah sebuah negeri yang Bernama Negeri 9 Sungai. Di sini terdapat 9 kerajaan dengan berbagai budaya berbeda. Dahulu, negeri 9 Sungai sempat saling berperang hingga akhirnya Xinchuan memenangkan peperangan dan menjadi penguasa 9 wilayah. Sejak inilah Xinchuan membuat peraturan: setiap 3 tahun sekali, 8 wilayah lain harus menyerahkan gadis muda sebagai semacam upeti. Jadi, sejak itu juga para gadis  8 wilayah wajib menikahi lelaki Xinchuan meski mereka tidak menyukainya.


new life begins

Tentu saja, pada akhirnya ada pioneer yang muncul untuk mendobrak tradisi ini. Tersebutlah Li Wei (Tian Xiwei) yang bertekad dipulangkan ke kampung halamannya, Jichuan. Sayangnya, segala pelanggaran yang dia lakukan malah membawanya kepada Sang Tuan Muda Keenam, Yin Zheng (Bai Jingting). Dua orang yang awalnya tidak menonjol ini pada akhirnya menjadi sentral cerita yang mengubah sistem Xinchuan untuk selamanya.


Satir Terhadap Sistem Pernikahan

Dalam drama China New Life Begins ini terdapat beberapa sistem pernikahan yang berlaku hingga saat ini. Xinchuan mewakili sistem patrilineal yang kuat di mana lelaki dipandang sebagai penguasa dalam keluarga. Danchuan mewakili sistem matrilineal di mana para perempuan sangat berdaya dan cenderung menguasai para lelaki. Jichuan, kampung halaman Li Wei sendiri menganut sistem pernikahan modern di mana para lelaki dan perempuan boleh memilih pasangan sesuka hati dan bersumpah setia selamanya, kalau tidak maka akan mendapat malapetaka.

 

new life begins
Li Wei yang terbiasa dalam keluarga modern kini harus belajar banyak aturan

 

Berbagai sistem pernikahan ini membuat drama China New Life Begins menjadi cukup semarak. Apalagi, tokoh-tokohnya juga diceritakan cukup manusiawi. Li Wei, female lead cerita awalnya menjadi tipe tokoh yang seenaknya sendiri namun lama kelamaan menjadi semakin dewasa. Yin Zheng yang awalnya lemah dan cenderung pasrahan semakin lama semakin kuat dan berani mengemukakan pendapat. Hal yang sama juga terjadi pada tokoh-tokoh lain. Kalau diperhatikan, tokoh Ruan Sisi yang awalnya sangat lelet dan bicaranya sangat lamban belakangan bicaranya semakin normal dan semakin kompak dengan suaminya, Yin Yan.

 

Komik untuk Perempuan:

Review Komik Perempuanmu



Mengusung Banyak Isu Pernikahan

Meski bersetting negeri kuno, New Life Begins menceritakan berbagai isu tentang pernikahan dan keluarga. Yin Song atau Tuan Muda Kedua diceritakan sebagai seorang pria misoginis yang sering melakukan KDRT, pria-pria yang sering kita temukan dalam budaya patriarki yang merendahkan wanita. Yin An atau Tuan Muda Kedua memiliki sifat narsistik hobi kawin hingga dia bahkan lupa nama dan wajah istri-istrinya. Yin Qi, sang Tuan Muda Kelima memiliki sifat manja dan cenderung suami takut istri.


new life begins
Prinsip Yin Song: suami adalah majikan yang tak pernah salah.

Pria-pria seperti inilah yang nantinya harus dihadapi para wanita di drama New Life Begins ini. Selain menghadapi perlakuan para pria yang terbiasa diagungkan dalam budaya patriarki ini, mereka juga menghadapi isu-isu para wanita, salah satunya masalah finansial, dan baby blues yang menyebabkan Hao Jia nyaris mati bunuh diri.

Isu perempuan yang marak belakangan ini:

Mengenali KDRT


Para Wanita yang Saling Dukung

Berbeda dengan drama kerajaan biasa, dalam drama China New Life Begins, para wanita diceritakan bersahabat dan kompak mengatasi semua permasalahan. Jadi, tidak ada yang namanya ngeghibahin satu sama lain, saling menjatuhkan, rebutan laki, PELAKOR, dan lain-lain.


new life begins
Para wanita membentuk support system yang baik

Saya sangat terharu melihat betapa indahnya persatuan para wanita ini hingga akhirnya bisa mendobrak tradisi lama dan sistem yang merendahkan mereka. Sayangnya, ini hanya sebuah drama. Di kehidupan nyata, yang ada masih saja wanita suka menjatuhkan wanita lainnya dan lebih mengagungkan tradisi.

Jika Ibu Kartini ada saat ini:

Kartini dan Depresi

 
Kisah Cinta yang Mendewasakan

Hal lain yang menarik dalam drama ini adalah kisah cinta yang manis dan apik antara tokoh-tokohnya. Selain kisah Li Wei dan Yin Zheng sebagai pasangan utama drama ini, kisah cinta tokoh-tokoh lain juga tidak kalah menarik. Adik saya memfavoritkan kisah Yin Qi yang awalnya dipaksa menikah dengan perempuan perkasa yang sering memukulnya. Dari pasutri yang ribut melulu, mereka melewati berbagai kesulitan hingga akhirnya Yin Qi menjadi pria yang lebih bertanggung jawab dan Shangguan Jing menjadi wanita yang lebih jarang berlaku kasar pada suaminya.

new life begins

new life begins

new life begins

 


Tidak perlu banyak basa-basi lagi, ya. Dengan semua poin di atas rasanya tidak salah jika saya merekomendasikan drama yang menurut saya adalah drama terbaik produksi 2022 lalu. Buat teman-teman yang suka drama ringan dengan cerita healing dan tema keluarga, drama ini cocok banget buat kalian.

new life begins

Native Title: 卿卿日常(Qingqing Richang)
Sutradara: Zhao Qi Chen
Genre: Historical, romance, comedy, family, life
Episodes: 40
Broadcast network: iQiyi
Broadcast period: 10 November 2022 – 2 Desember 2022
Original Writing: Qing Chuan Ri Chang (清穿日常) by Duo Mu Mu Duo (多木木多)
Screenwriter: Ji Sang Rou, Ding Lu, Zheng Zhuo Qun (郑卓群), Yu Yan, Liu Dan (刘丹)
Producer: Yang Bei, Liu Wen Yang, Wang Xiao Yan, Gao Yuan
Executive Producer: Wang Xiao Hui, Xu Jia, Liu Wen Yang
Company: iQiyi, New Classics Media

Main Cast

    Bai Jing Ting as Yin Zheng, sixth prince of Xin Chuan
        Qu Jun Fan (屈俊帆) as Yin Zheng (young)
    Tian Xi Wei as Li Wei, lady from Ji Chuan. Yin Zheng's concubine






18 komentar:

  1. Filmnya punya banyak muatan yang memebrikan banyak pelajaran untuk kita dalam menjalani kehidupannini ya. Keren banget nih filmnya, Kak

    BalasHapus
  2. Lihat dari sinopsisnya berasa kurang nyaman karena terasa mengeksploitasi wanita, tapi semakin baca ulasannya, makin menarik dan banyak mengangkat isu di masyarakat

    BalasHapus
  3. Oo nontonnya di app Iqiyi ya kak? Bayar sebulannya berapa? Blm pernah soalnya.

    Aku suka drama dengan setting jadul kayak gini soalnya kostumnya cakep. Pemainnya juga cantik2.

    Ini total episodenya lumayan pendek ya? Soalnya kalo drama China bisa 100? Eh

    BalasHapus
  4. Ini tuh kayak pelajaran banget tentang segala rupa pernikahan. Bahwa nggak semua pernikahan akan adem ayem bahagia selamanya. Malah ada yang kdrt terus nggak hanya laki yang kdrt. Istri juga bisa kasar sama laki. Dan seterusnya. Kayaknya seru sih.

    BalasHapus
  5. Sudah lama gak pernah nonton drama China. Mumpung sekarang masih libur mau nonton ah, karena ceritanya seru, tentang drama rumah tangga. visualnya juga menarik.

    BalasHapus
  6. dulu suka nonton drama cina karena hiasan rambutnya lucu-lucu. sekarang belum pernah nonton dracin lagi sih tapi pastinya cerita drama cina juga seru yaa nggak kalah sama drama korea

    BalasHapus
  7. New Life Begins dengan banyak couple andalan dan kisah cinta yang mewarnai. Aku rasa 40 eps, jadi tak terasa berlebihan siih..

    Syukurlah, kebiasaan menyerahkan gadis setiap 3 tahun sekali jadi dihapuskan sehingga semua gadis berhak bahagia dan memilih pasangannya masing-masing.
    Walau agaknya sulit ya.. Kalau masih ada di zaman Kerajaan begini.

    BalasHapus
  8. Unik juga nih ceritanya. Ternyata ga cuman Indonesia aja ya yang kaya akan beragam pernikahan. Di China yang emang mbahnya Nusantara jg kaya akan budaya soal pernikahan. Emg dlm suatu zaman pasti ada aja yang mendobrak tradisi lama yg dianggap kuno. Jadi penasaran nih cerkta lengkapnya.

    BalasHapus
  9. Baca rating plot-nya 10/10 jadi bikin penasaran nih ceritanya, walau bukan penyuka genre romance

    BalasHapus
  10. Pasti seru pas nonton tayangan pas suami yang doyan kawin, sampai lupa nama istrinya itu. Hehehe ...
    Drama dengan latar budaya kuno seperti ini banyak mengajarkan nilai kehidupan sebenarnya ya

    BalasHapus
  11. sepertinya ini drama romantis komedi ya saya nonton trailernya, hehehe. tapi tema ceritanya menarik nih tentang pernikahan dan patrilineal, sudah termasuk misoginis juga. wahhh layak untuk di tonton nih

    BalasHapus
  12. Wah, suka nonton drama cina ya mbak?
    Ceritanya cukup menarik ya
    Meski isu yang diangkat sangat kekinian banget dengan isu yang dihadapi perempuan saat ini

    BalasHapus
  13. Dalam juga ya Kak, pesan yang dibawa sama drama china New Life Begins ini. Jadi pengen tahu deh, perubahan apa sih yang akhirnya dibawa sama Li Wei dan Yin Zheng? Apalagi budaya patriaki yang diangkat sebagai isu dalam jalinancerita, serasa dramanya cocok buat ditonton nggak cuma sama perempuan aja.

    Paling senang kalau drama china tema kerajaan gini, outfit-nya cantik cantik.

    BalasHapus
  14. Ini yang kata Pewe ratingnya bagus nih. Pewe sih yang lebih suka nonton drama China, apalagi yang silat-silat gitu. Kalo aku kurang suka. Lebih suka yang Korea atau sesekali Jepang

    BalasHapus
  15. Saya tidak sengaja menonton serial new life begins, ternyata beda sama serial mandarin yg biasa saya tonton, ceritanya menarik, dan tidak membosankan, sampai sekarang saya masih sering menonton di kanal youtube, akting tian xie wie dan bai ji ting yang apik membuat saya menjodohkan mereka didunia nyata, mereka cocok jadi pasangan suami istri. Saya merekomendasikan serial new life begins sebagai tontonan terbaik dan banyak pelajaran yang bisa kita ambil.

    BalasHapus
  16. Saya suka sekali serial tiongkok new life begins, ceritanya tidak membosankan, banyak pelajaran hidup dan kisah romansa yang apik, terutama saya suka sekali akting pemain utama Tian Xi Wie dan Bai Jing Ting, yang cocok sekali sebagai pasangan suami istri.

    BalasHapus
  17. Episodenya lumayan banyak ya dan tokohnya juga banyak, tapi kayaknya seru. Udah lama juga enggak nonton drachin.

    BalasHapus
  18. Fix, ini drama china yang menurutku juga rekomended sih. Banyak pelajaran yang bisa diambil kalau nontonnya serius. Bukan hanya cerita, kemudayaan pada masa film ini juga dikemas menarik.

    BalasHapus

Protected by Copyscape
Protected by Copyscape