Putu Felisia

Senin, 05 Juni 2023

Sinopsis dan Review Drama Korea The Fiery Priest

Annyeong, kali ini review dramanya agak beda, ya. Kalau biasanya saya review drachin, kali ini saya balik lagi ngereview drakor. Sebenarnya sudah lama saya ingin menonton The Fiery Priest, drama dari Kim Namgil-Oppa (haiya oppa XD) cuma baru kesampaian sekarang, nih.

Drama ini pastinya worth it banget buat ditonton dan ternyata bukan drama horor seperti yang saya bayangkan sebelumnya.


review the fiery priest


Kalau bukan horor tentang apa dong? Lalu, kenapa drama ini saya sebut worth it? Langsung aja yuk kita kupas sama-sama ^^


Sebelumnya, saya mau jelasin dulu, walau memang drama ini mengambil setting di sebuah gereja Katolik, bukan berarti drama Korea ini bertema religi, ya. Bahkan banyak adegan di drakor Fiery Priest ini sangat bertentangan dengan konsep agamawi ortodoks. Beberapa adegan malah menghadirkan diversity yang kental (kalian bisa melihat adegan beberapa pemuka agama berbeda membela Kim Haeil di episode 1 dan ada bhiksu di episode 20).

 

Data Drama

Judul Hangul      열혈사제

Judul Hanja         熱血司祭

(Arti Literal: Pendeta Berdarah Panas)

 

fiery priest

Jumlah episode: 20 episode (@60 menit)

Genre: Komedi, kriminal, action.               

Penulis: Park Jaebum

Sutradara: Lee Myung-woo, Park Boram.

 

Pemeran:

Kim Namgil

Kim Sungkyun

Lee Hanee

Go Jun

Keum Sae-rok

Jung Ingi

Lee Moonsik

Kim Wonhae

 

Drama bertema Healing:


Sinopsis The Fiery Priest

Dikisahkan Pastor Kim Haeil (Kim Namgil) memiliki karakter pemarah dan cepat ngamukan kalau melihat ketidakadilan. Karena sikapnya ini, Pastor Kim terpaksa pindah ke Kota Gudam, kota penuh korupsi di mana koruptor berkuasa secara semena-mena. Polisi dan penegak hukum semuanya takut pada para koruptor ini.

kim nam gil


Mulanya, Pastor Kim berusaha menghindari konflik, tapi, kematian Pastor Lee menjadi trigger baginya untuk menuntut keadilan. Bagaimana tidak, Pastor Lee yang mati dibunuh justru dikabarkan bunuh diri. Tidak hanya itu, Pastor Lee juga difitnah melakukan korupsi dana jemaat dan melakukan pelecehan seksual.

Karena peristiwa ini, Pastor Kim berjuang keras mengumpulkan bukti dan saksi untuk membuktikan Pastor Lee tidak bersalah.


Mana yang lebih salah: jadi Tionghoa atau jadi perempuan?

BTS Novel Beranda Kenangan


Tentu saja, perjuangan Pastor Kim banyak mendapat hambatan. Mulanya, tidak ada satu pun polisi maupun petugas penegak hukum yang berniat membantu. Mereka bahkan berusaha sekuat tenaga menggagalkan rencana Pastor Kim.

Lalu, apakah rencana Pastor Kim akan berhasil? Ataukah para koruptor yang akan menang? Silakan nonton sendiri, ya. Hehehe.

 

Review

Secara subyektif, saya selalu suka melihat penampilan Kim Namgil. Buat saya, nama Kim Namgil saja sudah membawa jaminan mutu dan Oppa ini sudah terbukti berhasil membawakan berbagai peran dari yang sadis sampai yang dummy.

Di drama The Fiery Priest ini pun, Kim Namgil bisa membawakan tokoh Kim Haeil dengan baik. Ekspresinya berbicara cukup dalam, termasuk saat dia tersungkur di depan altar lalu marah kepada Tuhan karena kecewa pada keadaan.


kim nam gil


Namun, bukan hanya itu yang membuat drama ini worth it buat ditonton.

Sebagai hiburan, drama Korea The Fiery Priest menghadirkan cerita yang dinamis, adegan action yang seru, dengan dialog-dialog cerdas dan menyentuh. Banyak adegan membuat kita tertawa terbahak-bahak, beberapa adegan membuat kita menitikkan air mata.


fiery priest


Visualnya tertata dengan apik, bahkan episode pertama menghadirkan setting di laut yang terbelah dua (Pulau Jindo (?), lokasi ini mengingatkan saya akan salah satu peristiwa dalam alkitab.

Pemilihan kostum dan make up juga sangat oke, para aktor tidak takut terlihat jelek dalam keadaan berdarah-darah atau babak belur. Pada episode-episode terakhir, Kim Namgil beneran berantakan dan banyak adegan mencuci muka yang berdarah.


Masih ingat drama Korea ini?

Encounter: Romance Menentang Budaya Patriarki


Buat yang rewel masalah lighting, saya perhatikan beberapa angle pencahayaan juga diambil sangat baik, salah satunya adegan saat Pastor Kim ditahbiskan sebagai Pastor, cahayanya lembut dengan arah pencahayaan bawah naik ke wajah Pastor Kim.

(Gimana review visualnya udah oke belum? 😂😂😂)

Karakter-karakternya juga mampu memancing berbagai emosi dan terasa sangat manusiawi. Tidak ada karakter yang sempurna. Bahkan Pastor Lee yang menjadi simbol kebaikan dalam drama ini diceritakan masih suka minum soju.

Kekurangan drama The Fiery Priest ini mungkin hanya keberanian mereka membawa tokoh agama cukup dalam sampai menghadirkan tokoh Paus sebagai deux ex machina. Namun, setelah dipikir lagi, memang tidak ada jalan lain yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

 

Ora et Labora

Biasanya saya tidak suka menyuapi pembaca blog saya dengan moral suatu cerita. Akan tetapi, dalam drama Korea The Fiery Priest ini banyak banget insight yang bagus buat menjalankan kehidupan.

Baiklah, supaya saya tidak terlalu dalam menjabarkan ajaran moralnya, saya akan beralih pada storytelling drama Korea The Fiery Priest ini. Dalam penceritaannya, mereka menyampaikan pesan-pesan tersebut secara apik dan menyentuh perasaan.

Setiap tokoh diceritakan memiliki masa lalu yang suram, tapi, masing-masing mengalami pertumbuhan secara spiritual dan menjadi kepribadian yang lebih baik. Masing-masing juga diceritakan saling menerima dan saling mendukung hingga akhirnya tercipta sebuah lingkungan yang aman dan damai.

fiery priest


Penyertaan Tuhan juga diceritakan secara halus dalam beberapa adegan. Yang paling kentara tentunya di episode-episode terakhir di mana semua orang berharap datang mujizat kesembuhan bagi Pastor Han yang dipukuli hingga harapan hidupnya tipis sekali.

 

fiery priest pastor han

So, The Fiery Priest ini merupakan drama Korea yang pantang dilewatkan. Namun, sekali lagi, kalau teman-teman suka drama romantis bucin-bucinan, tidak saya sarankan menonton drama ini.

Ada yang sudah nonton drama Korea The Fiery Priest? Share kesannya di kolom komentar, ya ^^

 

 

 

 

 

 

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

26 komentar:

  1. ahahahaha.... Emang menurutku pas Paus itu maksa. Pas di mall tb2 sepi banget juga. But still, this is the best K-drama for me. Menggeser Taxi Driver 1 wkakakakka

    Aku suka banget karakter Pastur Kim pdhl beda server sama aku. hyahyahya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran gara2 baca komen ini. Aku baru tau lo, kalau pastor ga boleh minum soju

      Hapus
  2. wah ada Kim Wonhae, wajib nonton :D

    BalasHapus
  3. saya suka sih kak drama korea yg banyak pesan moralnya, malah yg bucin-bucinan kadang ga terlalu suka. Belum nonton drama ini, terimakasih rekomendasi dramanya kak.

    BalasHapus
  4. Dari review Mbak Feli, drakornya menarik ya, Mbak, temanya tidak biasa, dan terbebas dari bucin-bucinan hehehe. Nanti coba cari nih, drakornya.

    BalasHapus
  5. Pastor Lee dibunuh, Pastor Han harapan hidupnya tipis? Euw, berasa banget kalau drakor satu ini tuh main main di ranah action-nya terutama dari review Kak LK.

    BalasHapus
  6. Kalau udah Nam Gil yang main mah gereget banget dah. Apalagi ekspresinya itu bisa sekonyol itu

    BalasHapus
  7. Baca reviewnya jadi pengen noton langsung sih. Nanti klo libur minggu aku sempetin ah.. thanks rekomendasinya kak

    BalasHapus
  8. Wah dramanya Kim Nam Gil
    Aku kok jadi pengen nonton
    Ini nontonnya dimana ya mbak

    BalasHapus
  9. Ini drama emang bagus banget banget. Aku pernag mengulas dramanya juga di blog. Dari drama ini aku suka sama HaeIl dan jadi bucin mamang Namgil. Gak sabar nunggu TFP 2 :D

    BalasHapus
  10. eh drakor Fiery Priest ini kok mirip2 ya sama drakor lainnya, yang main Kim Nam Gil juga lohhh, aku kaya merasa de javu heuheu

    BalasHapus
  11. ealah, ini cerita tentang pastor yang aku pikir pengusir setan seperti yang sedang booming, ternyata ngga dong ya kak. ini ceritanya ada actionnya segala tapi pastornya kece yaaaa

    BalasHapus
  12. keren yaa temanya, lain daripada yang lain. Biasanya tentang C I N T A

    BalasHapus
  13. Inilah yg dinamakan ilmu dan wawasan bisa didapat dari mana saja. Saya jadi tahu bagaimana kehidupan seharusnya seorang pastor. Seru juga ya jika bisa nonton langsung serial ini

    BalasHapus
  14. Aku pernah nonton ini, ada lucunya, ada tegangnya juga. Nano-nano rasanya.

    BalasHapus
  15. Blm sempat nonton drakor satu ini. Tiap2 kali mo nonton tergoda sama drakor lainnya.

    BalasHapus
  16. Seru nih drama penuh intrik kayak gini meski ada senggolan2 dikit ke masalah agama. Ternyata ga cuman Islam aja yg penuh drama, di agama lain jg ada ya. Kita bisa belajar banyak nih dr sini.

    BalasHapus
  17. Wah ini genreku banget nih komedi kriminal. Asikkk nambah lagi list tontonan.

    BalasHapus
  18. Wah adegan berdarah-darah ya hahaha
    Pengen nonton tapi otak lagi pengen romance
    Lagi malas tegang tegang

    BalasHapus
  19. nonton ini serem2 tapi ketagihan krn liat pastornya ganteng banget aigoooo

    BalasHapus
  20. Menarik banget jalan ceritanya, out of the box.
    Penggambaran sosok pastor yang antimainstream dan perjuangannya mencari keadilan jadi tema yang sayang banget untuk dilewatkan. Must watch

    BalasHapus
  21. Karena diminta nonton sendiri langsung buat membuktikan usaha pastor Kim akan berhasil atau tidak, jadinya mau tidak mau harus nonton nih

    BalasHapus
  22. Aku juga penikmat drama anti-romantiicc..Wkkwkw..
    Kalo uda mengangkat drama, Knetz tampaknya lebih longgar ya..
    Jadi drama semacam The Fiery Priest relatif tidak menuai kritikan pedas.

    BalasHapus
  23. Selalu berawal dr hal thriller gitu y mbak.. ada yg terbunuh tapo difitnah bunuh diri terus akhirnya dicarilah pembuktiannya..tampaknya klise begitu tapi bikin penasaran untuj diikutinproses penemuan bukti2nya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)