Putu Felisia

Senin, 12 Juni 2023

Liburan Asyik Tanpa Keluar Banyak Uang

Masa liburan sekolah tentunya masa yang paling dinanti anak-anak. Namun, bagi orang tua, waktu liburan sekolah juga menjadi hal yang memusingkan. Maklum saja, saat liburan anak-anak jadi seharian di rumah alias tidak ada kegiatan.


parenting liburan asyik


Untuk orang tua yang sudah memiliki anggaran atau memang sultan dari sananya tentu hal ini tidak menjadi masalah, ya. Namun, bagaimana dengan orang tua yang belum punya dana liburan? Yuk, kita cari solusinya sama-sama!



Sebenarnya, kita bisa membuat banyak pengalaman berkesan tanpa merogoh dompet dalam-dalam. Dengan menjadi sedikit lebih kreatif, kita bisa membuat momen liburan menjadi momen penuh kebersamaan yang menggembirakan.


liburan bersama keluarga



Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan bersama keluarga saat anak-anak liburan sekolah:

Menjelajah Alam

Alam memberikan akses gratis yang bisa digunakan kapan saja. Kita bisa mengajak anak-anak menjelajah alam dari lingkungan sekitar, atau jika ada dana berlebih, kita bisa mengajak anak-anak ke kebun raya terdekat.

Jika ada halaman belakang yang lumayan luas, kita bisa mengajak anak-anak kemping di sana. Taman kota, pantai terdekat, juga bisa menjadi pilihan. Kita bisa mengajak anak menikmati alam sambil bermain.


liburan bersama keluarga


Membuat Proyek DIY

Kegiatan DIY (Do It Yourself) akan menjadi hal yang menyenangkan untuk family time. Kita bisa mengajak anak menanam pohon di dalam pot atau di kebun atau membuat karya seni dari bahan daur ulang. Proyek-proyek DIY ini tidak hanya menumbuhkan imajinasi tapi menambahkan keterampilan, meningkatkan akal, dan dapat menghasilkan rasa achievement bagi orang tua dan anak-anak.


liburan asyik bersama anak


Menonton Film Bersama

Kita bisa mengubah ruang tamu menjadi bioskop dadakan dan mengadakan maraton film bersama anak. Redupkan lampu, siapkan pop corn, dan biarkan anak memilih film favoritnya. Kegiatan sederhana ini dapat menciptakan suasana rumah yang berbeda dan memungkinkan orang tua untuk menjalin ikatan sambil berbagi tawa, kegembiraan, dan momen yang menyentuh hati bersama.

Ajak Anak Bermain Bersama

Mari berkumpul di satu meja untuk memainkan permainan klasik seperti bermain kartu, ular tangga, monopoli, atau buat permainan sendiri. Selain menyenangkan, hal ini juga bisa mengajarkan semangat berkompetisi secara sehat.


bermain bersama anak


Berwirausaha Kecil-kecilan

Kita bisa mengajak anak untuk membuka usaha musiman, misalnya saja membuat penyewaan buku atau berjualan camilan ke para tetangga. Tentu saja hal ini bisa melatih anak dalam berbisnis dan memberi mereka pengalaman berbisnis yang terkontrol.


Berbagi bersama anak-anak:

Mendongeng di PKBM Mentari Fajar

 

Mengadakan Pentas Bakat

Hal ini bisa dilakukan kalau para orangtua dalam satu lingkungan cukup akrab. Kita bisa mengajak anak-anak mengadakan acara pertunjukan di mana masing-masing anak bisa memperlihatkan bakat mereka. Kalau perlu, sediakan hadiah untuk masing-masing anak agar mereka merasa dihargai.


liburan asyik keluarga


Kegiatan ini tentu bisa mengasah bakat anak dan meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, anak-anak bisa menambah wawasan dan bergaul lebih akrab dengan teman-teman sekitar.


Menyiapkan Pesta Mini

liburan bersama anak


Ajak anak mempersiapkan acara makan-makan keluarga inti. Pilih satu tema misalnya pesta hotpot atau pesta barbeque.

 

Membuat Kapsul Waktu

Kumpulkan benda, surat, dan foto bermakna yang mewakili kenangan dan aspirasi keluarga. Dorong anak-anak untuk menulis atau menggambar harapan dan impian mereka untuk masa depan. Kubur kapsul waktu di halaman belakang atau lokasi yang ditentukan dan tetapkan tanggal kapan harus dibuka. Kegiatan ini tidak hanya mempererat ikatan antar anggota keluarga tetapi juga memberikan kesempatan untuk refleksi dan antisipasi.


Hindari metode parenting ini!

Fear Based Parenting


Kesimpulan:

Menghabiskan liburan bersama anak-anak tidak harus menghabiskan banyak uang. Kita bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan dan juga bermanfaat. Selain itu, kita bisa menciptakan pengalaman tak terlupakan bersama keluarga. Pengalaman-pengalaman tersebut tidak hanya mendekatkan keluarga, tetapi juga memberikan pelajaran hidup yang berharga dan menumbuhkan rasa syukur dan kebersamaan.

Jadi, ayo bergembira secara sederhana dan jadikan liburan ini sebagai kenangan untuk tahun-tahun mendatang.


Baca juga: Nominasi Lomba Blog Pendidikan Keluarga Kemdikbud:

Keluarga: Mitra Sekolah Membentuk Generasi Baru

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

21 komentar:

  1. sudah masuk liburan kenaikan kelas nih, Mbak Feli. Dan lumayan cukup panjang. Anak-anak biasanya pengin liburan juga hehehe.
    Kalau dulu masih di Kebumen, saya ajak krucil di tempat wisata kebumen. Ada pantai, goa, bukit, benteng, waduk dan lainnya. Murah meriah tiketnya. Bahkan ada yang 3000 rupiah.
    Kalau sekarang di Depok, paling ajak muter-muter naik busway. Terus ke Monas dan kota tua. Bisa juga tunggu ajakan Om-nya ke PRJ hehehe.
    Intinya, liburan tidak harus mahal, yang penting menyenangkan...

    BalasHapus
  2. Berhubung saya bukan sultan, biasanya saya paling main game Minecraft bareng anak. Atau sekadar jalan-jalan keliling sawah sambil olahraga juga sih. Murah meriah banget ya, hehehe...

    BalasHapus
  3. Kalau lagi mager jalan2, apalagi sering macet. Aku sering nonton aja di rumah atau bikin diy kayak pembatas buku, atau seringnya sih bersih-bersih kamar

    BalasHapus
  4. Meski belum merasakan jadi orang tua karena belum menikah. Tapi kerasa banget kalau baca-baca dari para ibu, kedekatan antara anak bisa dilakukan dengan cara sederhana, asal ada dukungan dan kasih sayang yg cukup.

    BalasHapus
  5. Bersyukur di Sukabumi masih banyak tempat untuk jelajah alam, jadi lumayan banyak referensi buat bawa anak-anak liburan sekolah ke tempat-tempat murah bahkan gratis dan bikin kita sehat tentunya

    BalasHapus
  6. Ada aja ide kreatifnya, keren.
    Sepertinya seru juga itu membuat kapsul waktu

    BalasHapus
  7. so far sih yang paling gampang buatku liburan di alam hehe karena at least bisalah ya main ke taman gitu jalan kaki. dulu masih rajin buat diy tapi sekarang udah banyak magernya. soalnya kadang barang diy kurang begitu kepake. ujungnya cuma buat hiasan 😅 hehe

    BalasHapus
  8. Kalau mager aku biasanya diem aja dikamar hehehe tapi untuk aktifitas menyenangkan dirumah biasanya sih masak makanan yang disuka atau nyobain resep baru di youtube

    BalasHapus
  9. Saya biasanya nature walk sih mba ke taman atau sekitar rumah. Boleh juga ide lainnya nih untuk kegiatan bersama anak yang murah

    BalasHapus
  10. Setuju banget sih! Menghabiskan liburan bersama anak-anak dengan kegiatan yang bermanfaat dan tak perlu mengeluarkan banyak uang dapat menjadi momen yang berarti bagi keluarga. Selain menguatkan hubungan keluarga, pengalaman itu juga memberikan pelajaran berharga dan mengajarkan anak-anak tentang rasa syukur dan kebersamaan. Liburan sederhana namun penuh makna seperti ini dapat menjadi kenangan tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

    BalasHapus
  11. Liburan murah meriah bs dilakukan di sekitar rumah ya kak. Yg penting mah kebersamaan. Komunikasi antara anak dan ortu jg mkn terjaga. Anak akan dpt ikatan bonding luar biasa. Jd emg ga perlu jauh2 utk liburan, apalagi ngeluarin biaya mahal.

    BalasHapus
  12. Setuju sihh, skrg aku juga mencoba untuk lebih deket ke anak dengan kegiatan2 yang sederhana tapii buat kita quality timenya bener2 berkualitas. bismillaah

    BalasHapus
  13. Banyak juga ternyata ya Kegiatan yang sangat seru dan menarik tapi gak harus dengan mengeluarkan biaya tinggi, bahkan tanpa biaya sekalipun. Biasanya main bersama dan piknik di halaman rumah saja kalau saya dan keluarga mah. Hehehe

    BalasHapus
  14. thanks idenya mbak jadi kepengen buat ketrampilan bareng anak biar orang ini betah di rumah.., atau sesekali nongkrong ke tempat yang nggak pernah dikunjungi

    BalasHapus
  15. Pas banget nih mau liburan sekolah anak, dengan ide liburan sebanyak ini anakpun gak akan menghabiskan waktu liburan dengan cuma nonton doang. Aku juga udah ada rencana mau ngajak anak camping.

    BalasHapus
  16. Lucu banget, kak Putu..
    Membuat kapsul waktu. Ini gemes banget sii.. kalo kita buka di 20 tahun mendatang. Semoga masih diberi kesehatan selalu dan bisa jadi bahan cerita di masa kini.

    BalasHapus
  17. Hal kecil bisa juga menjadi bermakna bagi anak dalam mengisi liburan mereka. Bsia jadi contoh nih beberapa aktivitas di atas.

    BalasHapus
  18. aku kalau lagi bokek sih suka ajak anak main aja di rumah, bebas deh mau main apa aja favorit anak aku biar gak bosan or gabut pas liburan sekolah

    BalasHapus
  19. Setuju banget, nih. Kita memang sering banget salah persepsi kalau liburan bersama anak itu harus yang jauh dan menghabiskan banyak uang. Padahal liburan bareng buah hati bisa hal-hal sederhana, terpenting anak happy.

    BalasHapus
  20. Menjelajah alam sih yang suka banget.. selain memang refreshing ngajak anak di tempat yang ijo-ijo, juga ngajarin anak tentang keindahan ciptaan Tuhan..

    BalasHapus
  21. Aku biasanya bikin DIY sama anak sih, etapi pengen mencoba bikin kapsul waktu. Bisa dicoba ini,😊

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)