Putu Felisia

Selasa, 27 Juni 2023

Sinopsis dan Review Light and Night: Unknown Paradise (Tencent Games)

Kalau aja Tencent membuat versi Bahasa Inggris dari game ini, saya pasti akan langsung merekomendasikan otome Light and Night ini. Soalnya dari segi cerita dan visual, ini termasuk game yang berkualitas. Bisa main game ini memuaskan banget pokoknya. Apalagi, event anniversarynya kemarin.


otome game light and night


Mau tahu kayak apa keseruannya? Yuk, kita bahas sama-sama!



Sekilas Tentang Light and Night, judul asli otome game ini adalah 光与夜之恋 (Guāng yǔ yè zhī liàn) yang kalau diterjemahkan secara harfiah berarti ‘Cinta dalam Terang dan Malam’. Sesuai judulnya, cerita ini memiliki banyak layer dengan segala rahasia dan misteri.


light and night game
Reward event, foto: Weibo


Jika Mr. Love Queen’s Choice membahas kehidupan seorang produser, game Light and Night ini menceritakan tentang seorang desainer yang merintis kariernya di bidang fashion. Setelah menjadi runner up dalam lomba Warson Prize, desainer ini (MC) kemudian menjadi junior designer di grup Warson. Dari sinilah, petualangan MC dimulai. Selain kehidupan sebagai desainer, MC juga memiliki kekuatan dewa yang diincar Klan Darah dan Klan Spirit. Seru kan? Tapi kali ini, saya nggak akan bahas main storynya dulu. Panjang soalnya 😁

 

2nd Anniversary yang Mengejutkan!

24 Juni adalah perayaan anniversary game Light and Night. Seperti biasa, event anniversary selalu menjadi event yang ditunggu-tunggu para player. Apalagi, tahun lalu, player sudah dimanjakan dengan event bertema wedding.

Saya sendiri udah excited banget menebak-nebak tema apa yang akan diusung kali ini. Wah, wedding udah, mungkin tahun ini temanya honeymoon gitu? *gak gitu Fel* 😂

Tapi, tiba-tiba ... JEGLERRR! PV-nya keluar. Tanpa disangka-sangka, anniversary kedua ini ternyata sangat jauh berbeda dari tahun lalu. Saya pun kaget, lhoooo ... anniversary kok bonyok begini???




Saya sempat ilfeel juga, secara, saya nggak suka tema futuristik dan science fiction. Saya pikir ceritanya nggak akan menarik sama sekali. Akan tetapi, ternyata saya salah.

 

Konsep Game yang Nyambung dan Membentuk Cerita Utuh

Biasanya, kalau main game, story eventnya itu nggak terlalu menarik dan kadang permainannya juga nggak nyambung. Contoh aja, game pengacara sebelah yang gamenya nyuruh debat sama burung, debat sama virus komputer, debat sama diri sendiri, aduh ... pokoknya unfaedah banget. Mau ngulang juga jadi males banget kan. Pengacara mana sih yang saking gabutnya debat sama burung? 😅


Yang ini kayak Squid Game:

Review Mr. Love Queen's Choice: Isolated City


Tapi, di Light and Night ini, mainnya jadi semangat banget.  Walau permainannya template permainan galaksi yang tembak-tembakan gitu, siapa yang nggak suka disuruh ngobatin ML habis bertempur bareng, Apalagi itu beneran harus pegang lukanya sampai waktu habis. Berasa romantis banget kan 😂


light and night game
Jadi malu sendiri, foto: Weibo


 

light and night game
Bertempur bareng, foto: Weibo

Story Deep dan Penuh Makna

Saya sangat mengapresiasi tim penulis Light and Night yang sudah menyajikan cerita yang grande. Mereka beneran totalitas menyajikan segala aspek science fiction: dari kiamat, kehadiran android, polusi (yang ini kayaknya sudah banyak dibahas teman blogger), bioteknologi, mutasi, penyakit infeksi, hingga time travel.

Sebuah konsep yang sebenarnya sangat kompleks jika disajikan dalam satu cerita saja. Namun, kali ini, tim penulis sangat sukses mengeksekusi cerita ini dan memasukkan berbagai makna filosofis dalam ceritanya.


Sariel: 

Aku Telah menerima kekuatan dan kuasa dari Pohon Kehidupan lagi, termasuk kuasa menghakimi dosa manusia. Namun, aku menolaknya. Manusia makhluk yang lebih rumit dari yang kubayangkan. Dan kurasa, aku tak punya kualifikasi untuk menilaimu.


Selain makna filosofis yang tersirat, makna pemilihan dua ending dalam cerita ini (kartunya memiliki sad ending dan eventnya memiliki happy ending) mungkin dimaksudkan sebagai simbol 2 tahun anniversary. Dalam banget kan pemikirannya.


Mari jaga bumi:

Dengar Alam Bernyanyi


Dan buat yang nunggu gimana sih story Light and Night Silent Impact 2624 ini, inilah dia sinopsisnya!

 

Sinopsis Silent Impact 2624

Di masa depan, bumi sudah rusak oleh ulah manusia. Saat ini, tak ada lagi tanaman dan hewan yang bisa hidup di permukaan bumi. Manusia hidup di kota-kota yang dibuat di langit. Mereka berupaya membuat koloni di bulan hingga manusia bisa hidup di sana.


Baca juga:

UMKM Bali Menuju Ekosistem Metaverse 


Sayangnya, rencana ini diracuni kebusukan para petinggi. Para penguasa ini malah membangun sebuah pesawat antariksa yang hanya bisa membawa 2000 orang pergi dari bumi. Dalam tiap rute, ada pengalaman MC dan para tokoh pria menghadapi para penguasa hingga kegagalan mereka menyelamatkan manusia.

light and night
Semua tokoh punya rute sendiri, foto: Weibo


Pada akhirnya, bulan jatuh menghantam bumi dan manusia punah begitu saja. Ini adalah akhir kehidupan pertama. Namun, Sariel yang memiliki kekuatan dewa kemudian mereset waktu menjadi 2 bulan sebelum tabrakan terjadi.

Kehidupan kedua dimulai di sini.


light and night
Hitung mundur hancurnya bulan, foto: Weibo


Saat ini, manusia membawa ingatan dari masa lalu. Mereka membuat rencana baru mengubah Kota Guangqi menjadi pesawat ruang angkasa lalu berangkat meninggalkan bumi bersama-sama.

Akankah rencana mereka berhasil?

Nah, saya berencana akan memasukkan rute Sariel ke channel Youtube saya. Silakan kalau kepo, cek di Youtube saya. Pokoknya dijamin ceritanya bikin baper deh 😍😍😍




Oke, begitulah kesan bermain di event anniversary kedua otome game Light and Night. Kalau versi globalnya keluar, ada yang mau main gak nih? 

 

Light and Night adalah otome game yang dikeluarkan oleh Aurora, Tencent Games Studio.

 

Pengisi Suara:

Osborn/萧逸——@阿杰729 (Ajie)

Evan/陆沉——@北辰是也 (Liu Beichen)

Sariel/齐司礼——@M赵路 (Zhao Lu)

Charlie/查理苏——@食不食毛毛(Wu Lei)

Jesse/夏鸣星——@谷江山729 (Gu Jiangshan)

Sutradara:杨梦露 (Yang Mengxia)

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

11 komentar:

  1. Game sekarang semakin maju dan perkembang ya, Mbak. Sudah bercerita, jadi makin seru memainkannya. Saya langsung klik youtubenya. Dan mungkin kalau saya harapannya ada versi Bahasa Indonesia dariLight and Night ini. Soalnya saya ga bisa Bahasa Inggris, Mbak hehehe.

    BalasHapus
  2. Belum pernah baca atau denger game ini sih kak sebelumnya, tapi kalau dari ulasan kakak sepertinya punya jalan cerita yang menarik. Apalagi disitu katanya mirip seperti squid game. Seru ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mirip Squid Game itu babak Isolated City dari game Mr. Love Queen's Choice, Mbak.

      Hapus
  3. Makin ke sini game semakin berkembang luar biasa, tidak hanya dari sisi visual saja, tetapi pengembangan cerita nya pun semakin menarik untuk diikuti, termasuk game light and night ini

    BalasHapus
  4. karena bukan gamers jadi aku nggak begitu tahu ada game ini hehe. tapi dari ceritanya kayaknya menarik juga ya

    BalasHapus
  5. Gem yang menarik ini karena gak hanya ada karakter aja tapi juga dilengkapi dengan story' nya

    BalasHapus
  6. Visual gamenya ciamik bgt nih kak. Perfilman China skrg udh bangkit bgt nih. Ga cuman film laga doank. Skrg udh merambah game yg divisualkan spt ini.

    Lagi pula cerita science fictionnya menarik bgt. Lama2 ntr film kayak pake AI semua nih.

    BalasHapus
  7. saya juga termasuk yg suka nyimak banget story dari game, kayanya seru nih main game tencent yg satu ini, thx rekomendasinya ya kak

    BalasHapus
  8. Visual gamesnya apik banget ya. Jujur saya udah lama banget ngga main game dengan grafis tinggi seperti ini

    BalasHapus
  9. Smooth banget gambar di games Light and Night: Unknown Paradise. Ada efek yang bikin karakter di games ini terlihat sangat nyata.

    BalasHapus
  10. honestly, agak kurang paham sih soal game. taunya game zuma aja, hahaha. ini game untuk orang dewasa ya, anakku mainnya ML atau FF, gak mungkin aku kasih game game Light and Night ya. btw game ini bisa banget dijadiin film ya, jalan ceritanya menarik

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)