Putu Felisia

Selasa, 20 Juni 2023

Drama Asia Terbaik Untuk Liburan Bareng Anak

Siapa di sini yang suka nonton drama serial? Selain untuk hiburan, tak jarang, drama serial memberi banyak insight dari pengetahuan, ide, hingga ajaran moral dan inspirasi.




Buat Ayah Bunda yang suka menonton drama serial, yuk kita bahas beberapa drama serial yang menarik buat ditonton bersama anak remaja!



Remaja biasanya sudah memiliki pola pikir berbeda dari kanak-kanak. Karena itu, Ayah Bunda bisa memilih drama serial yang ceritanya sudah lebih kompleks dari film kartun anak-anak.


Ide Liburan:

Liburan Asyik Anti Bokek


Ayah Bunda bisa banget memanfaatkan liburan panjang ini untuk menonton drama serial bersama anak remaja yang sudah beranjak dewasa. Sambil menonton, kita bisa mengajak anak berdiskusi tentang plot atau pun hal remeh temeh dalam drama.

Saya merasa drama Asia lebih sesuai dengan kultur kita sebagai orang Indonesia. Jadi, berikut beberapa drama yang bisa jadi pilihan menonton serial drama bersama anak remaja Ayah Bunda!

 

Dream High/드림하이 (Korea)

Drakor tentang perjuangan anak-anak Kirin High School of Art menggapai mimpi sebagai superstar. Tokoh-tokohnya berasal dari berbagai latar belakang dengan berbagai kelebihan dan kekurangan.

Plot cerita yang cenderung dinamis dengan musik yang lirik lagu yang menggugah menjadikan drama ini tidak membosankan.


drama liburan dream high


Ada banyak hal yang bisa didiskusikan mulai dari proses perjuangan yang tidak mudah, kegigihan dan ketekunan, hingga persahabatan dan penerimaan diri.

Drakor ini cocok banget buat anak yang suka K-Pop atau yang memiliki hobi musik dan dance.

 

Miracles/ 僕らは奇跡でできてい (Jepang)

Dorama tentang kisah sehari-hari Pak Kazuki Aikawa (Issey Takahashi). Beliau adalah seorang dosen Biologi dengan kepribadian unik. Bersama Pak Aikawa, para mahasiswa bertualang mempelajari makhluk hidup dan kehidupan itu sendiri.


drama liburan miracles


Meski premisnya simpel, drama Jepang Miracles ini merupakan drama yang indah. Visual alamnya diambil dengan baik. Sementara plot cerita cenderung ke slice of life yang realistis.

Dorama ini cocok banget buat anak yang suka alam dan kisah yang sederhana.

 

The Blood of Youth/少年歌行 (Tiongkok)


blood of youth
Xiao Se dan Lei Wujie, foto: Youku


Drachin ini menceritakan perjalanan Xiao Se, Lei Wujie, dan Wuxin di rimba persilatan yang keras. Kalau anak suka dengan anime/film superhero yang banyak adegan berantem, drama ini bisa jadi pilihan.


the blood of youth
Circlenya Xiao Se versi modern, foto: Youku


Selengkapnya tentang The Blood of Youth bisa dibaca di sini.

 

Strongest Deliveryman/최강 배달꾼 (Korea)

Drakor ini menceritakan tentang kurir makanan yang kemudian membuka perusahaan startup pengiriman makanan. Keseruan perjuangan membangun perusahaan hingga jatuh bangunnya sangat menarik untuk disimak.


strongest deliveryman


Kalau anak suka order makanan via aplikasi, nah ini cocok banget. Anak jadi bisa tahu bagaimana proses membangun usaha pengiriman makanan.

 

The Good Doctor/グッド ドクター(Jepang)

Mungkin judul ini sudah tidak asing bagi pencinta drakor sebab memang drama ini merupakan adaptasi dari drakor berjudul sama (The Good Doctor/굿 닥터) . Drama ini juga pernah diadaptasi oleh Amerika dan menjadi cukup terkenal.


Penggemar Olahraga bisa nonton ini:

Yowamushi Pedal: Semangat Persahabatan dan Sportifitas


Menurut saya, The Good Doctor versi Jepang adalah yang terbaik. Sebab di sini, storytellingnya sangat lembut dengan visual palet warna yang cerah. Tidak ada romansa maupun adegan syur yang bikin kita nutupin mata anak.


the good doctor


Kalau punya anak yang berkepribadian lembut, ini cocok banget ditonton bersama. Jangan-jangan Ayah Bunda nanti meweknya barengan, hihihi.

 

Joy of Life/ 庆余年 (Tiongkok)

Drachin kontemporer ini menceritakan kehidupan Fan Xian, seseorang dari abad 21 yang terlempar ke masa Dinasti Qing Selatan (kerajaan fiktif). Kerennya isekai, gitu.


joy of life


Drama China ini memiliki plot cerita yang sangat kompleks dengan banyak misteri. Kalau anak suka genre thriller dan action, nah ini cocok banget ditonton bareng.

Lebih lengkap tentang Joy of Life bisa dibaca di sini.


joy of life

 

Nah itu dia drama serial yang bisa ditonton selama masa liburan ini. Semoga bermanfaat mengisi masa liburan dan kalau udah nonton, boleh dong bagi komennya di sini :)

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

14 komentar:

  1. Anak saya bakalan cocok nih nonton film Miracles. Soalnya suka dengan alam dan lingkungan gitu. Apalagi alur ceritanya sederhana tapi penuh makna ya. Nice sharing 👍👍

    BalasHapus
  2. Cukup asing sih dengan beberapa drama terutama yang drama China dan Jepang. Tapi kalau Korea udah pernah nonton yang Dream High. Bagus dan rekomended pokoknya mah.

    BalasHapus
  3. Terimakasih nih rekomendasi film nya. Banyak pula. Bisa pilih pilih waktu dan cukup lega secara sebentar lagi emang liburan kenaikan kelas ya

    BalasHapus
  4. Wah, rekomendasi drama asia yang seru-seru nih. Terus beragam, dari Jepang, China, dan pastinya korea. Liburan anak-anak jadi tidak boring lagi. jadi kalau pas belum ke mana-mana, di rumah saja nonton drama asia.

    BalasHapus
  5. Beragam pilihannya ini. Tinggal cari yang sesuai dengan genre kesukaan, lalu jadwalkan deh nontonnya

    BalasHapus
  6. Penasaran dengan film strongest deliveryman, seru kayanya jalan ceritanya, dari kurir makanan sampai ngediriin perusahaan start up

    BalasHapus
  7. Wah ternyata ada good doctor versi Jepang ya? Pengen nonton deh, kalo yang versi Korea sama Amrik udah

    BalasHapus
  8. Penasaran sama miracles, ini ada di netflix gak sih ya, or di platform lain, karena kayanya ada komedinya nih saya suka yg genre gini

    BalasHapus
  9. Waaah baru nonton 1 film doank nih. Bener banget kak. Good Doctor emang bgs bgt. Sampe diadaptasi ke Korea dan AS. Ini bs jd pembelajaran bg anak agar semangat meraih cita2nya dan jgn putus asa kalo ada kekurangan mslh fisik/disabilitas.

    BalasHapus
  10. Semoga bisa ikutan nonton karena anak anak liburan malah nau memperdalam Matematika sama Bahasa Inggris katanya

    BalasHapus
  11. Biasanya antara versi Jepang ama Korea, mostly aku juga seneng versi Jepang. Tapi dengan catatan, memang series Jepang asalnya ya..

    Soalnya Jepang tuh jago banget bikin series serius dan sesuai dengan karakter kehidupan mereka.
    Eh, Korea juga sii ya..

    Paling penasaran ama Miracles.
    Belum nonton drama rekomendasi kak Putu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Preferensi ya, Kak. Good Doctor versi Jepang ini tonenya lebih cerah dari Korea dan bullyingnya nggak begitu keras. Makanya saya suka. Tapi bener juga di Korea, bullying agak keras jadi klo dramanya lebih kental bullyingnya wajar saja sih.

      Hapus
  12. aku kalo dracin nggak pernan nonton kecuali Meteor Garden haha. anw, Dream High itu emang baguuus bangeeeet. Deliveryman aku belom nonton nih, masukin wishlist duluu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meteor Garden Dylan Wang maksudnya? Kalau versi Jerry Yan itu produksi Taiwan.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)