Putu Felisia

Rabu, 17 Januari 2024

Peluang Bisnis dan Pekerjaan di Tahun 2024

Mumpung masih Januari, saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2024. Semoga tahun 2014 membawa banyak kebahagiaan dan kesuksesan untuk kita semua.


peluang bisnis 2024


Pada artikel ini, saya akan membahas peluang bisnis dan peluang kerja di tahun 2024. Saat ini, dunia usaha terus bertransformasi, terutama dengan pesatnya perkembangan teknologi dan tren konsumen.



Berikut ini adalah beberapa peluang terbaik yang patut dipertimbangkan untuk dijajaki:

E- Commerce

Berdasar pada data Statista Market Insights, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta orang pada 2022. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,79% jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang sebanyak 158,65 juta pengguna.


bisnis e-commerce


Dengan adanya berbagai macam marketplace, kita bisa menjual berbagai kebutuhan via online. 


Beberapa pilihan usaha yang bisa kita kerjakan di antaranya: membuka toko untuk menjual barang produksi sendiri, membuka jastip/jasa titip, menjadi dropshipper, atau menjadi reseller. Selain itu, kita juga bisa mempertimbangkan affiliate marketing jika kita punya banyak jaringan online.

 

Kursus Online

Dengan terus berkembangnya dunia digital, investasi dalam teknologi pendidikan dapat menjadi pilihan yang cerdas. 


kursus online


Perusahaan yang menyediakan platform pembelajaran daring, aplikasi edukasi, dan solusi pembelajaran berbasis teknologi memiliki peluang pertumbuhan yang besar.


Belajar Matematika Online?

Sinotif: Bimbel Matematika, Fisika, dan Kimia yang Menyenangkan


Peluang kerja lainnya adalah menjadi guru online. Kita bisa mempromosikan jasa kita melalui media sosial, misalnya melalui video tutorial dan menaruh portofolio kita di website pencari kerja.

 

Manajemen media sosial

Media sosial saat ini memiliki peran penting dalam pemasaran. Jasa manajemen media sosial bisa ditawarkan kepada perusahaan, terutama yang perusahaan yang masih berkembang, yang belum mampu untuk membayar karyawan sendiri untuk mengelola media sosialnya.


bisnis sosial media



Melalui layanan ini dapat membantu mereka membangun brand yang kuat di media sosial, berinteraksi dengan pelanggan, dan menciptakan strategi pemasaran digital yang efektif.

 

Bisnis Makanan dan Minuman 

Meskipun sudah banyak orang yang berjualan makanan dan minuman, tapi bisnis satu ini tetap menjanjikan. Maklum saja, makanan dan minuman adalah barang kebutuhan pokok.


Pengin ke Bali tapi takut makanan h4r4m?

Makanan Bali Bebas B2 Ini Harus Kalian Coba!


Tak hanya dari segi prospek yang cerah, dari segi modal pun tidak perlu modal yang terlalu besar. Kalau tidak punya outlet, kita bisa mendaftarkan usaha kita ke layanan seperti Gofood atau Shopeefood.

bisnis makanan

 

Untuk 2024, bisnis makanan yang bisa dicoba antara lain dengan bisnis makanan sehat atau makanan diet.

 

Bisnis Wedding

Bisnis berkaitan dengan pernikahan juga termasuk bisnis yang everlasting. Selain menjadi organizer, kita juga bisa mencoba menekuni bidang aksesoris pengantin, souvenir pernikahan, hingga undangan digital.


bisnis wedding

 

 

Data Scientist dan Data Analyst

Data Analisis merupakan seseorang yang memecahkan masalah dengan data, sedangkan Data Scientist merupakan seseorang yang memprediksi masa depan dengan data menggunakan algoritma Machine Learning.


data analyst


Hampir semua kampus memiliki jurusan berhubungan dengan kedua pekerjaan Data Scientist dan Data Analyst. Sebut saja Jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Jurusan Ilmu Komputer.

 

Pekerja Software dan Game Developer

Kebutuhan game developer di Indonesia sangat tinggi. Namun pekerja yang memiliki skill ini juga masih terbatas.


peluang bisnis game


Jadi tidak ada salahnya bagi mahasiswa yang menggeluti dunia teknologi dan game, agar bisa mengasah kemampuan untuk mendapatkan pekerjaan ini. 


Game dengan cerita mendalam:

Sinopsis dan Review Light and Night: Unknown Paradise


Profesi di game developer bahkan bisa dikerjakan jarak jauh. Karena itu, banyak permintaan software dan game developer datang dari luar negeri.


Content Creator

Dengan adanya kesadaran akan pentingnya promosi digital, kehadiran content creator sangat dibutuhkan. 

peluang bisnis 2024


Selain menjadi content creator merangkap influencer, kita juga bisa mencoba bekerja di balik layar, seperti di bagian manajemen atau agensi. 


Semakin akrab dengan dunia digital:

UMKM Bali Menuju Era Metaverse 


Demikian berbagai peluang usaha dan pekerjaan yang bisa kita coba di tahun 2024. Kira-kira, bidang mana yang menarik untuk teman-teman?

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/bisnis/read/5447108/masih-digandrungi-pengguna-e-commerce-indonesia-capai-196-juta-di-2023

https://entrepreneur.bisnis.com/read/20231229/263/1728104/10-ide-bisnis-yang-menguntungkan-di-tahun-naga-kayu-2024.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-serang/baca-artikel/14902/Perbedaan-Data-Analis-dengan-Data-Scientist.html

https://www.kompas.com/edu/read/2023/11/26/100500071/9-pekerjaan-paling-dicari-tahun-2024-gaji-tinggi-tiap-bulannya.

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

30 komentar:

  1. Selamat tahun baru, Mbak Feli. Saya baru tahu, kalau tahun ini adalah tahun naga kayu. Dan sepertinya peluang bisnis masih sama kayak tahun lalu, ya. Jadi pastinya yang baru mulai, segera bergegas. Yang sudah punya usaha seperti di atas, harus semakin konsisten dan semangat.
    Saya kayaknya mau buka kelas menulis cerita anak Kurcaci Pos lagi, Mbak hehehe.

    BalasHapus
  2. Berkembangnya teknologi berpengaruh terhadap transformasi usaha juga yang ikut berkembang. Sekarang mau apa saja sudah ada di online. Manfaatkan usaha di dunia online memang sangat menjanjikan. Peluang bisnis 2024 jadi menurunkan tingkat pengangguran juga.

    BalasHapus
  3. Banyak ya pilihan peluang kerja terutama yang berhubungan dengan dunia digital. Wajib upgrade skill digital nih biar nggak ketinggalan

    BalasHapus
  4. Peluang usaha di era digital tahun 2024 ini memang semakin terbuka lebar. Banyak sekali profesi yang bisa dipilih. Tapi ya itu, jumlah kompetitornya juga semakin tinggi. Jadi, kita juga mesti upgrade skill, terutama yang berhubungan dengan teknologi digital agar tidak ketinggalan dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya...

    BalasHapus
  5. wah ternyata banyak juga ya dan tahun 2024 ini ternyata tahun kayu, wah yang berkaitan dengan dunia IT memang kayaknya selalu menjanjikan ya termasuk para content creator masih berjaya di tahun kayu ini

    BalasHapus
  6. banyak peluang nih buat di tahun ini mulai berbisnis
    bisa dipelajari atau cari yang memang sesuai minat juga sih ya

    BalasHapus
  7. Daku penasaran ama affiliate e-commerce nih Kak. Banyak yg udah gajian sampai jutaan rupiah dari sana.

    BalasHapus
  8. Kontent Kreator tetap jadi peluang bisnis yang menjanjikan ya kak di tahun 2024 ini. Malah di FB ku, teman-teman udah pada bermain FB Pro dan menghasilkan cuan dollar dari sana. Asal mau konsisten aja sih..

    BalasHapus
  9. peluang pekerjaan di era digital gini sebenernya banyak ya. tapi, memang nggak mudah juga kita tetap harus update dengan perkambangan teknologi.

    BalasHapus
  10. sepertinya 90% bersentuhan dengan dunia digital ya. nampaknya digitalisasi emang udah mempengaruhi banget struktur kehidupan kita sekarang dan peluangnya untuk usaha cukup besar.

    BalasHapus
  11. Perkembangan usahantahun 2024 peluang tang bisa diambil ga jauh beda dari 2023 ya, Kak. Tinggal ilih mau bidang apa yang akan dikembangkan untuk usaha

    BalasHapus
  12. Saya setuju banget Kak Kalau jualan makanan dan minuman itu emang selalu ada peluang meskipun udah banyak yang jualan karena merupakan kebutuhan pokok dari manusia. Tapi di era teknologi yang berkembang pesat saat ini untuk jadi data Scientist juga cukup menjanjikan

    BalasHapus
  13. 2024 semakin luas perkembangan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia digital yaa..
    Aku tertarik banget dengan Bisnis Wedding, sebenernya.
    Ikut happy membantu persiapan pernikahan seseorang dengan sungguh-sungguh dan penuh cinta.

    BalasHapus
  14. Banyak pastinya ya
    Bukan hanya PNS haha
    2024 makin berkembang banyak bisnis yang juga dikembangkan dengan teknologi bahkan bisa dari rumah

    BalasHapus
  15. Perkembangan digital memang memberi kemudahan bagi kita. Kalau dilihat lebih tertarik dengan e-commerce dan content creator. Karena saat ini dua hal itu yang sedang banyak digandrungi

    BalasHapus
  16. Di antara semuanya, content creator termasuk host jualan live menurut saya paling besar peluangnya di tahun 2024. Karena bisa menjangkau semua kalangan dan umur.

    BalasHapus
  17. sebenarnya pilihan peluang kerja yang berhubungan dengan dunia digital itu ternyata banyak yaa. Tinggal kitanya aja nih yang mau upgrade skill biar bisa ikutin dan ga ketinggalan

    BalasHapus
  18. E- Commerce masih lanjut jadi peluang di tahun ini
    dan kabarnya kuliner akan punya peluang besar di 2024 mbak :)

    BalasHapus
  19. Tahun naga kayu, penuh harapan dan tantangan baru. Sesuai dengan sifat kayu, usaha yang berhubungsn dengan kreatifitas dan pengolahan mungkin bisa berkembang di saat 2024

    BalasHapus
  20. Aku tertarik banget sama usaha di marketplace. Kebetulan sudah ada produknya juga. Cuma kayaknya strategi promosinya yang perlu dikembangkan biar bisa menggaet konsumen yang tepat.

    BalasHapus
  21. Wah inspiratif sekali ya kk. Boleh banget dicoba sama emak2 gabut kek saya

    BalasHapus
  22. Peluang bisnis di tahun 2024 ini sangat menjanjikan dan hampir semua berhubungan dengan dunia digital. Bisnis F&B masih tetep bisa jadi peluang yang bagus di tahun ini ya kak karena kreasi makanan dan minuman tuh nggak ada matinya.

    BalasHapus
  23. Kursus online sudah semakin digemari nih, bisa dilakukan darimana saja juga. Bisa sekali deh jadi referensi usaha yang mau dijalankan. Memang 2024 ini harus lebih semangat buka bisnis.

    BalasHapus
  24. Tahun ke tahun, jenis lapangan pekerjaan yang tersedia terus berevolusi ya Kak. Di tahun 2024 sekarang profesi yang berhubungan dengan teknologi atau IT nampaknya masih banyak ya peluangnya. Mudah-mudahan nanti ada satu yang bisa cocok dan terus bisa saya tekuni.

    BalasHapus
  25. Ada beberapa hal yang belum pernah saya coba, semoga ada kesempatan biar banyak pengalaman dalaam menjelaskan peluang.

    BalasHapus
  26. Biar gak ribet banyak mikir, saya menjalankan job sebagai influencer media sosial juga selain dari monetisasi blog. Jaman sekarang apa apa serba digital sih ya

    BalasHapus
  27. Blogger g ada kak, peluangnya tipis ya utk blogger. tapi tetap semangat!

    BalasHapus
  28. sekarang ini sebenarnya ada banyak banget ya peluang usaha baik itu secara offline ataupun online. tinggal kitanya aja nih mau mencoba dan fokus ke bidang apa

    BalasHapus
  29. Dulu suka bingung yaa. .
    Gimana caranya maintenance semua sosmed, apalagi yang isinya berbeda di setiap platform. Ternyata menggunakan jasa Manajemen media sosial. Pastinya jadi memenuhi semua target dan menjadi bisnis yang mengundang cuan lebih besar.

    BalasHapus
  30. Di tahun 2024 ini peluangnya makin banyak ya ka. Dari semua list diatas yang paling memukinkan no 2 dan terakhir. Jadi influencer masih ditahap belajar dan terus mencoba karena pekrmbangannya cepat banget

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)