Kamis, 17 November 2022

NO PORK!!! 5 Makanan Bali yang Harus Kamu Coba

Makanan Bali dikenal dengan aneka rempah dan bumbu yang kaya rasa. Orang Bali punya berbagai makanan favorit dengan berbagai bahan. Ayam betutu, sate lilit, dan nasi campur bali adalah sebagian kecil makanan yang bisa dicoba di Bali. Meski demikian, ada banyak makanan lain yang tak kalah lezat dan perlu dicoba.


Apa saja itu? Yuk, kita simak. Untuk teman-teman yang tidak mengonsumsi babi, kalian tidak perlu khawatir. Semua makanan di bawah pastinya bebas daging babi, ya 😊

 

makanan bali

 
 

Jukut Bejek
Sayur ini memiliki rasa yang khas. Perpaduan santan yang creamy dengan basa genep khas Bali, ditambah dengan sambal embe yang pedas jadi mempertegas rasanya. Tekstur kacang panjang yang renyah juga menambah citarasa.

 

makanan favorit

 


Rujak Kuah Pindang

Orang Indonesia tentunya sudah mengenal rujak. Namun, rujak yang satu ini cukup istimewa. Tidak hanya mengandung aneka buah-buahan yang segar, rujak ini juga dibuat menggunakan kaldu rebusan ikan pindang. Jadi, rasa rujak ini adalah perpaduan kesegaran buah, bumbu yang pedas dan gurih, disusul rasa umami dari kaldu kuah pindangnya. Kalau orang Bali bilang, “Jaen sajan, nok!”

 

makanan favorit orang bali

 


Mujair Nyatnyat
Makanan Bali yang satu ini biasa  ditemukan di daerah Kintamani. Konon, ikan mujair Danau Batur memiliki rasa yang khas. 

 

Bagaimana suasana di Kintamani?

Mari jelajahi Kintamani di sini.

 

Bumbu-bumbunya terdiri dari base genep yang ditambah lagi dengan jeruk nipis, daun salam dan serai. Merupakan makanan bali bercitarasa pedas gurih, ditambah tekstur ikan yang lembut, makin enak lagi, deh 😋

 

makanan favorit bali

 


Rujak Bulung
Makanan Bali satu ini merupakan penyegar akan aroma laut, terutama bagi masyarakat perkotaan kayak saya 😁 Bahannya rumput laut yang segar dan kenyal lalu diberi bumbu rujak kuah pindang, parutan kelapa,bawang goreng dan kacang. Kalau beruntung, Teman-teman bisa menemukan bulung dari jenis anggur laut yang gemuk-gemuk atau bulung boni yang dibuat dari buah merah kecil seperti berry. Bulung boni ini sayangnya sangat langka saat ini.

makanan bali

 


Lumpia Pantai
Kalau  berkunjung ke Pantai Kuta, Sanur, atau pantai lain, biasanya ada ibu-ibu yang menawarkan lumpia. 

Sambil makan lumpia, 

mari nikmati Pantai Sindhu di sini

 

Nah, lumpia ini cukup istimewa. Isinya mungkin biasa, hanya aneka sayuran seperti tauge dan wortel. Namun, bumbunya memberi sentuhan yang khas. Bumbu lumpia pantai kental dan dibuat menggunakan gula merah, taoco, dan terakhir diberi cabai hijau sebagai topping.

 

makanan bali

 


Nah, itu dia makanan Bali yang harus kamu coba! Kalian pengin coba yang mana, nih?  


Baca juga:

Steak and Shake, Restoran Halal di Bali.

20 komentar:

  1. Seperti semua enak nih jadi susah memilihnya.. Wkkk wajib di coba nih karena selama ini Ku cuma tau ayam betutu aja

    BalasHapus
  2. Udah ke bali 2x dan belum coba 55nya. Mudah2 next bisa coba lagi. Trims rekomendasinyaaa mba.

    BalasHapus
  3. Jukut bejek dan lumpiang itu dua makanan favoritku kalau ke Bali. Lumpiang sih terutama ya, pokoknya wajib banget makan ini, sengaja main ke Snaur buat jajan hehe

    BalasHapus
  4. Pengen nyoba semuanya mba, secara belum ada yang pernah saya cicipi. Waktu ke Bali dulu, malah makannya di rumah makan Padang, hiks. Kudu rencanain ke Bali lagi nih, udah punya rekomendasi makanan ini.

    BalasHapus
  5. Penasaran sama Rujak bulungnyaa kak. hihi.. belum pernah. Eh tapi menu di atas belum ada yang pernah kucoba sih :(( ngenes banget yak wkwkwk.. semoga next bisa ikut rasain

    BalasHapus
  6. Wah baru tau ini, rumput laut dibuat rujak, unik dan khas banget kayaknya. Semoga ada kesempatan untuk ek Bali lagi, nyobain menu-menu ini. Makasih rekomendasinya yaa Mbak

    BalasHapus
  7. solusi buat makan enak dan bahagia di bali dan pastinya halal dong. Beberapa makanan emang harus banget dicoba karena emang khas Bali dan blom ke Bali kali kalo belom makan langsung dari kotanya hehehe

    BalasHapus
  8. Huaah. Dulu ke Bali cm konferensi dan sebentar g smpe explore kuliner. Wajib dicoba lah ini. Penasaran sama rujak yang aneh itu Kak 😅

    BalasHapus
  9. Hmm enak-enak sepertinya. Bisa jadi rekomendasi saat piknik di Bali. Semoga bisa ngicipin makanan Bali

    BalasHapus
  10. Memang Bali terkenal susah ya cr makanan Halal...makasih rekomendasinya kk.. (gusti yeni)

    BalasHapus
  11. Dapat rekomendasi makanan yang no pork di Bali ini bikin happy sih. Secara ya, tiap aku lihat konten makanan di Bali kok ya rasanya akeh daging pork nya. Jadi worry kalau pas liburan ke sana dan nggak nemu makanan yang no pork gitu deh.

    BalasHapus
  12. Rujak sama lumpianya nih bikin penasaran.
    Sepertinya rasanya tuh seger dan bikin gereget buat disantap

    BalasHapus
  13. Yaaah dua kali ke Bali, aku ga cobain makanan-makanan itu. Saking bingung nyari resto halal, akhirnya makan di warung padang lagi.

    BalasHapus
  14. Jukut bejek namanya unik ya. Kalau di Sunda, jukut itu artinya rumput. Hehehe. Sebelum baca penjelasan kalau jujur ini makanan untuk sayuran, saya kira juga ini makanan dari rumput hehehe

    BalasHapus
  15. Dari 5 makanan di atas, baru lumpia pantai yang pernah kumakan. Itu pun pas lagi duduk-duduk di pinggir pantai, lalu ada ibu-ibu yang nawarin. Ya udah, coba. Aku kurang suka sih, Pewe yang suka.

    BalasHapus
  16. alhamdulillah dari semua daftar, aku belum pernah coba semuanya XD tapi aku pengin banget ke Bali!

    BalasHapus
  17. Wuihh makanannya kelihatan lezat-lezat semua. Saya kepengen nyobain Mujair NyatNyat, namanya unik. Dari gambar keliatan nih lezatnya si Mujair Nyatnyat.

    BalasHapus
  18. Waktu ke Sanur pas ramai banyak yang jual lumpia digunting kecil-kecil terus disiram saos kental gitu, bikin penasaran buat coba. Emang asyik ternyata makan lumpia sambil nongkrong menikmati sunset.

    BalasHapus
  19. Selama ini, setahuku masakan Bali ya ayam betutu saja, hehhehe. Btw, aku penasaran sama ikan mujairnya Mbak. Kayaknya lezat bgt.

    BalasHapus
  20. ah penasaran sama Rujak Bulungnya, kebayang krenyesnya rumput laut yang segar :)

    BalasHapus

Protected by Copyscape
Protected by Copyscape