Rabu, 09 November 2022

Sinopsis dan Review Royal Feast: Wajib Nonton Kalau Suka Dae Jang Geum!

Apakah teman-teman suka drama kerajaan bertema kuliner? Rasanya sejak drama Korea Dae Janggeum yang fenomenal di tahun 2003-2004 lalu, belum ada drama kerajaan kuliner yang cukup menarik. Ketika di awal tahun ini saya melihat beberapa kali Royal Feast dibahas, saya cukup tertarik. Sayangnya, saya malas menonton drama on going, apalagi drama China yang biasanya diajak muter sana sini dulu sampai produsernya puas baru tamat

Beberapa waktu lalu waktu hujan turun berminggu-minggu saya jadi ada waktu nonton cukup lama. Dan akhirnya ... inilah review drama China Royal Feast! Cekidot! 

 

review royal feast

 


Judul asli: 尚食
Judul lain: Shang Shi, Imperial Cuisine, Perjamuan Kerajaan
Sutradara: Wang Wei, Bai Yun Mo (Handsome Sibling, Court Lady, Song of Youth)
Penulis skrip: Zhou Mo (Yanxi Palace, Seal of Love)
Produser: Yu Zheng, Ma Tian
Genre: Historical
Jumlah episode: 40

Yang ini mau keluar sekuelnya:

Joy of Life


Sinopsis:

Awal cerita drama ini mengambil setting masa pemerintahan Kaisar Yongle (1402-1424). Dikisahkan, seorang gadis bernama Yao Zijin masuk istana di bagian makanan kerajaan. Selain Yao Zijin, ada pula Yin Ziping dan Su Yuehua yang awalnya bersaing ketat mendapatkan posisi koki. Pada akhirnya, Yao Zijin dan Yin Ziping menjadi sahabat sedangkan Su Yuehua yang cenderung tertutup harus berjuang sendiri.

 

review royal feast


 
Di luar dugaan, Yao Zijin ternyata calon putri mahkota yang disingkirkan oleh permainan politik. Meski disingkirkan, permaisuri saat itu ngotot menjadikan Yao Zijin sebagai selir putra mahkota. Yao Zijin terpaksa berjuang melepaskan diri dari jerat yang dipasang seraya mengejar cita-citanya sebagai shangshi (pejabat perjamuan). Sayangnya, kepribadiannya yang keras dan unik membuat putra mahkota Zhu Zhanji jatuh hati dan ingin memiliki Yao Zijin sebagai istri.

 
Berhasilkan Yao Zijin menghindar dari takdirnya ini? Nah, sebelum ke review dan ending, saya bahas aspek-aspek menarik di drama ini dulu, ya


Mengenai 尚食

Menurut saya, drama ini judulnya saja sudah menarik. Kata 尚食 bisa memiliki beberapa arti. Pertama, kata ini bisa berarti perjamuan ningrat dalam kerajaan. Kedua, kata ini juga bisa berarti nama jabatan yang ada saat itu, yakni jabatan shàngshí yang mengatur segala perjamuan di dalam istana. China Huanyu Ent. Official Channel menggunakan terjemahan ‘matron’ yang sebenarnya kurang tepat mengingat matron memiliki arti induk semang/ibu asrama. Complicated, kan.

 
Dari sini saja, sudah terlihat kalau drama ini bukan drama main-main. Judulnya saja sudah memiliki arti yang mendalam.

 

royal feast
Tak hanya judul, detail bhiksu pada ukiran makanan ini juga memiliki makna

 


Yu Mama yang Melegenda

Hahaha, buat yang belum tahu, Yu Mama atau Yu Zheng ini adalah produser yang cukup kontroversial. Banyak isu miring termasuk soal plagiat yang ditujukan padanya. Saya pernah nonton drama The Palace di mana adegan Meteor Garden pindah aja gitu ke dinasti Manchuria. Wah, pokoknya nonton drama Yu Mama ini kayak untung-untungan gitu. Kalau bagus, memang outstanding kayak Winter Begonia gitu. Kalau nggak bagus, ya, memang nggak karu-karuan. 

 

royal feast
Yang pasti setting Royal Feast ini grande


Royal Feast ini tergolong yang mana? Hayo, mau tebak-tebakankah? 

 

Yang suka dewa bucin:

Love and Destiny

 

Tradisi Mengubur Selir

Dalam drama Royal Feast ini, tradisi penguburan selir ini diceritakan dua kali. Pertama, waktu Kaisar Yongle meninggal. Adegan ini cukup mengharukan karena Selir Han Zhuang mengusahakan bisa ke luar istana dan berniat melarikan diri. Pada akhirnya, tentu saja dia tetap harus mati “menemani” sang Kaisar.

 
Kejadian kedua saat Kaisar Hongxi mangkat, saat ini Selir Guo sudah nyaris luput. Sayangnya, dia memilih mati alih-alih menunggu hukuman atas kejahatannya.

 
Dalam sejarah Tiongkok, memang ada tradisi menguburkan selir yang tidak memiliki anak. Tradisi ini bahkan masih berlangsung di masa kaisar Xuande dan beberapa generasi setelahnya (setting setelah drama ini tamat).

 

royal feast
Makanan terakhir Selir Han Zhuang sebelum dia dipaksa gantung diri.

 

 
Tentu saja, dalam drama, tradisi ini masih terlalu halus. Kenyataannya, selir yang akan dikuburkan ini dikunci hidup-hidup dalam makam. Para selir ini nantinya akan mengalami kematian akibat kehabisan oksigen, atau mati kelaparan. Yang lebih menyedihkan lagi, para arkeolog menemukan jenazah selir ini dalam keadaan tidak memiliki kaki. Sampai saat ini, tidak ada yang tahu mengapa bisa seperti itu.

Yang ini segar dan bergiji:

Love is Better than Immortality

 

Maka, tak heran jika Yin Ziping mewanti-wanti Yao Zijin agar tidak menjadi selir. Hal ini sangat berbeda dibandingkan drama kebanyakan yang bertemakan Cinderella menikahi pangeran lalu hidup bahagia selama-lamanya.


Review

Selain hal menarik yang saya ceritakan tadi, ada banyak hal yang membuat saya menyukai Royal Feast. Pertama-tama, drama ini tidak melulu menceritakan kisah cinta Zhu Zhanji dengan Yao Zijin. Beberapa peristiwa sejarah benar-benar diceritakan di sini, termasuk fakta-fakta sejarah di mana dulu para kasim memiliki kuasa sangat besar hingga membuat mereka leluasa berbuat sewenang-wenang.

 
Gaya penceritaan drama China Royal Feast ini juga sangat humanis, cocok banget untuk penonton perempuan yang tidak suka politik yang terlalu njelimet dan perang yang keras. Salah satu hal yang saya sukai adalah hubungan antara Kaisar Yongle dengan Zhu Zhanji, cucunya yang diceritakan dengan luwes. Kaisar Yongle santai saja mengajak Zhu Zhanji nongkrong di takhtanya. Hal ini jarang saya dapatkan di drama lain.

 

royal feast
Nongkrong bersama kakek tersayang

 

 
Dari segi casting, saya tidak banyak berkomentar. Saya pernah melihat Wu Jinyan di Story of Yanxi Palace dan tidak begitu memfavoritkan aktingnya. Xu Kai sendiri sudah saya lihat beberapa kali dan dia memang aktor yang bagus. Itu saja. Tidak ada yang begitu mengejutkan. Aktor dan artis lain juga tampil dengan porsi yang pas. Tidak lebih, tidak kurang.

Royal feast
Xu Kai, ada yang protes terlalu ganteng tidak sesuai sejarah 😂

 

royal feast



Favorit saya dari drama ini justru dari ostnya. Musiknya sedikit mengingatkan saya akan lagu Onara dari drama Korea Dae Janggeum. Syairnya sendiri memiliki makna yang sangat mendalam.


皇城外欢声笑语
Canda tawa di luar Kota Kekaisaran

传不到皇城里
Tak dapat menjangkau istana sang Kaisar.

皇城里有道缝隙
Celah yang ada di Kota Kekaisaran itu

漏满了风和雨
Penuh dengan angin dan hujan

要用多少思绪
Akan menggunakan berapa banyak pikiran

换一点点得意
Untuk ditukar dengan secuil harapan?

 

royal feast



输赢都不容易
Kalah dan menang semua bukanlah hal mudah

找不到皈依
Tak mampu menemukan Tisarana (Tiga perlindungan dalam Buddhisme)

金护甲纤手香凝
Baju zirah emas, tangan wangi yang membeku

眉眼里全是戏
Raut wajah penuh sandiwara

金屋里无限旖旎
Dalam ruangan emas keindahan tiada tara

驱散了太委屈
Tercerai berai begitu terfitnah

 

royal feast


 


心里藏的秘密
Dalam hati memendam rahasia.

不仅仅只有你
Tak hanya ada dirimu saja.

还有前尘往事
Masih ada masa lalu, kejadian lampau

飘落在梦里
Yang tenggelam dalam mimpi.

灶台火光摇曳
Api di atas tungku meliuk-liuk

人间烟火凄迷
Kembang api dunia suram dan jemu

一口沁香满溢
Satu sesap keharuman memuaskan

半世戎马休提
Separuh kehidupan bertolak menghentikan kuda perang

有些曲折离奇
Ada beberapa tikungan dan liku-liku asing

有些谈笑无稽
Ada beberapa celoteh omong kosong

一壶浊酒拼席
Seteko arak keras, bergabung dalam perjamuan

来把流言攒齐
Marilah mengumpulkan selentingan kabar angin.

哈 

Ha~

 
嘿呀咿呀咿呀咿呀咿呀 

Heiya-heiya-heiya-

都在春闺梦里
Semuanya tampak dalam ilusi kerinduan mimpi

(春闺梦里 adalah idiom untuk kerinduan istri yang menanti suaminya dari medan perang)



Ending

Ada kabar baik buat teman-teman yang suka happy ending. Drama ini berakhir dengan ending yang sangat worthed buat masing-masing tokoh. Ada yang sukses menggapai cita-cita, ada yang mati bareng yang dikasihi, ada yang membuka lembaran baru dengan pemikiran positif, pokoknya ending ini sangat cerah dibandingkan drama sejarah yang seringnya gloomy. 

Romansa antara Zhu Zhanji dan Yao Zijin juga sangat terasa di ending, di mana Yao Zijin membacakan puisi kuno Shi Jing yang sangat romantis lalu kamera beralih ke pemandangan di luar di mana daun gingko berguguran dengan indah.

 

royal feast

royal feast



Terjemahan Puisi ini aslinya begini:

royal feast
Nama Zijin dari puisi ini


Pada akhirnya, drama ini cocok banget buat yang suka drama sejarah seperti Dae Janggeum. Namun, kalau suka drama modern atau Cinderella story, lebih baik cari drama lain saja.

royal feast


Referensi:

https://intisari.grid.id/read/033292402/kematian-mengerikan-selir-kaisar-china-setelah-meninggalnya-kaisar-mati-perlahan-lahan-dan-menyiksa-dengan-cara-seperti-ini







39 komentar:

  1. Ngeri juga ya, tradisi menguburkan selir pada waktu itu. Keliatannya filmnya bakalan seru nih, apalagi perpaduan antara kerajaan dan kuliner gitu...

    BalasHapus
  2. Kayaknya pernah denger kontroversial The Palace deh, tapi emang beneran plagiat gitu? Ini sepertinya seru, tapi gak pusing kan untuk silsilahnya?

    BalasHapus
  3. Aku nonton tuuuh jadul banget, film Dae Jang Geum itu. Dibelain pulang cepet dari kantor, supaya manteng TV. Zaman itu belum ada rekaman TV yang bisa siaran ulangan. Haha...Meluncur ah ke WeTV...

    BalasHapus
  4. Saya masih dihitung jari nonton drama on going. Kalau udah selesai, tes episode awal, loncat episode akhir, putuskan mau ditonton atau enggak hehe.
    Sepertinya Royal Feast menarik untuk disimak ini.
    Makasih review yang membuat penasaran kak.

    BalasHapus
  5. paling seneng deh kalau nonton film yang ceritanya mengangkat kehidupan di pemerintahannya, yang ternyata banyak juga kisah tragisnya ya

    BalasHapus
  6. kalau dari rating yang Kakak berikan, kayaknya film ini oke banget ya.
    jadi penasaran sebenarnya tapi episodenya lumayan banyak juga ya sampe 40 gitu.

    BalasHapus
  7. Wah wajib nonton nih. Temanya mirip sama film Korea Dae Jang geum ya. Kasih tahu suami biar nonton bareng

    BalasHapus
  8. Kalau saya perhatiin, dracin itu panjang-panjang episodenya, meski ga sepanjang sinetron indo, hihihi
    Saya baru tau loh ada genre kerajaan tentang kuliner gini, genre baru buat saya

    BalasHapus
  9. kayaknya kudu dicoba ini nonton, aku belum pernag nonton beginian. Baru tau ada film genre kuliner, biasanya khan drama ya

    BalasHapus
  10. kirain tadi maksudnya selir dikubur itu setelah meninggal eh ternyata dikubur hidup-hidup. ngeri juga yaa hukum di zaman dulu

    BalasHapus
  11. Ngeri juga ya apa kata sejarah. Selir dipaksa gantung diri atau dikunci dalam malam hidup hidup. Membunuh dengan cara yang kejam. Semoga gak ada di dunia nyata. Cukup di film dan sejarah saja.

    BalasHapus
  12. Belum pernah nonton dracin nih aku
    Baca ini kok jadi penasaran ya
    Aku suka banget tema kerajaan gini
    Membayangkan hidup di masa itu, pasti berat banget jadi selir ya

    BalasHapus
  13. Dari tayangan seperti ini kita jadi dapat gambaran sejarah masa lalu meski belum hidup di jaman itu

    BalasHapus
  14. Kisah kekam kekaisaran negeri Tiongkok ini ngeri ya. Kasiha para selir yg harus dipaksa mati setelah kaisar wafat.

    Wah, drama ini saya belum nonton, masih belum sempet nonton drama lagi karena sibuk.

    Next ime kalau udah slow, mau coba nonton Drama Perjamuan Kerajaan ini. Mungkin entrng nih, karna enggak ada perangnya.

    BalasHapus
  15. Wah dulu drakor ini booming ya mba El dizamannya, saya juga suka film-film yang menceritakan sejarah zaman dahulu, dengan latar belakang kerajaan, menambah wawasan jadinya

    BalasHapus
  16. Tema kerajaan biasanya ceritanya rumit, kayaknya harus nonton yg versi drakornya dulu nih biar bisa lebih paham, soalnya belum pernah sama sekali nonton dracin

    BalasHapus
  17. Mbake aku jadi penasaran dg mengubur selir, drama yang ada unsur sejarah trs istana kek gini akuu sukaaak banget. Jd googling aku...makasih yaa (gusti yeni)

    BalasHapus
  18. Kisah mengenai selir ini persis di drama Korea yang kemarin endingnya bikin orang mewek gak karu-karuan "The Red Sleeve".
    Namun memang zaman itu, memiliki selir bukan untuk kebahagiaan sang Raja dalam urusan ranjang saja, tapi juga menjadi "kekuatan" bagi Raja untuk terus menancapkan tahta dan kepercayaan di keluarga besar Kerajaan sekaligus di mata masyarakat.

    Karena bagi masyarakat, ada kebanggaan tersendiri jika Raja mengangkat selir dari kalangan mereka.

    BalasHapus
  19. Wah ini drama cina ya mbak
    Lumayan juga ya episodenya
    Tapi kalau ceritanya seru ya tetap betah nontonnya

    BalasHapus
  20. Serem juga, jadi kalo yg laki meninggal, istrinya ikut jg. Mana jahat banget dikunci akhirnya kehabisan udara lalu tewas. Ngeri. Tapi inilah serunya nonton drama tema kerajaan, ada aja fakta menariknya. Apalagi jg menyangkut makanan yg ternyata ada artinya sewaktu disajikan

    BalasHapus
  21. waah episodenya sampai 40 emang mirip jang deum ya, yang ini aku udah nonton. alur cerita dan tokoh (cast) nya luar biasa bagusnya. belum nonton nih yang royal feast ini, mungkin mau coba nonton eps 1 dulu kali ya

    BalasHapus
  22. Aku suka jang geum, jadi keknya bakal suka film ini juga. Lika liku tokoh utamanya menarik kalo baca review nya ya, karena genre yang paling kusuka ya film gini, nggak melulu cinta2an, tapi juga yang kental nuansa budaya negaranya.

    BalasHapus
  23. Waah tetima kasih rekomendasinya mbak. Kadang suka bingung mau nonton apa. Sepertinya drama ini menarik juga

    BalasHapus
  24. Ga tau kenapa sepertinya film ini sering muncul di timeline aku yaaa, sepertinya memang rekomended deh. Sip, aku catat judulnya dulu.

    BalasHapus
  25. Baru tahu soal film ini
    Jadi pengen tahu juga soalnya senang sama drama atau film yang bernuansa kerajaan dan pakaiannya yang lucu lucu

    BalasHapus
  26. menarik banget ini ambil latar sejarah dan storylinenya cukup spesifik tentang kuliner kerajaan.. thanks for review Mba

    BalasHapus
  27. Ya ampun aku nonton yanxi palace juga nyesek sama aktor yg jadi zhanjin di sini kayaknya..duh ini memang sering muncul

    BalasHapus
  28. Happy banget waktu baca drama ini endingnya bahagia hehehe karena suka sedih kalau nonton drama yg sad ending

    BalasHapus
  29. Wuih keknya seru nih. Ntar cari ah sof copy-nya, cari yg hratisan aja

    BalasHapus
  30. gak pernah nonton drama China, apalagi tentang kerjaan. tapi kalo korea lumayan sering diajak nonton kakak. termasuk yang kakak tonton 'janggeum' dan bagus filmya. berarti kalo suka itu harus meluncur nonton ini nih. terima kasih rekomendasinya kak

    BalasHapus
  31. Aku kurang suka drama kerajaan ini haha tp baca sinopsisnya ini cukup menarik yaaa ceritanya. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  32. selalu banyak intrik ya dalam cerita tentang kerajaan, ga seindah tampaknya, banyak hal-hal yang miris untuk diketahui dan diceritakan

    BalasHapus
  33. Wah aktrisnya cakep bgt, pasti cowo2 bakalan meleleh hatinya ngeliat cewe kaya d film..hehee

    Trims udah berbagi informasinya ya mbak putu

    BalasHapus
  34. Aku.. aku suka drama Dae Jang Geum hahaha. Pas baca ulasan ini kok perutku agak mules di bagian mengubur selir hidup-hidup. Ini sumpah beneran ada dalam sejarah?! What?!

    Kayaknya ini menarik ya ceritanya. Tapi liat jumlah episodenya bikin aku melongo, hehe.

    Btw, pernah liat dramanya Zhang Yixing nggak mbak? Judul apapun deh. Kalo boleh request, lain kali review dramanya Zhang Yixing dong mbak :D hehe. Ngerepotin amat ya aku, maapin. Makasih mbak Putu ulasannya menarik sekali :*

    BalasHapus
  35. Peradaban China sangat luar biasa dan hal itu juga sedikit banyaknya mempengaruhi genre film maupun drama. Jika melihat dari ulasannya, drama China ini sepertinya menarik untuk ditonton karena mesti bergene historical, tetapi ceritanya dikemas dengan apik, sehingga relatif lebih mudah dinikmati.

    BalasHapus
  36. Kalau melihat kehidupan kerajaan tuh terkesan "wah" gitu yaa.
    Padahal kalau sudah berada di dalamnya, ada banyak sekali rules yang gak bisa dipahami untuk rakyat biasa.
    Jadi mendingan jadi rakyat atau jadi kalangan bangsawan yaak??

    BalasHapus
  37. Wah menarik ada unsur2 kulinernya. Baca review ini jadi membayangkan keseruannya. Gak sabar menunggu weekend buat menontonnya!

    BalasHapus
  38. Gara2 baca ini langsung cari-cari di google, emang keren. Makasih mba reviewnya

    BalasHapus
  39. Aku paling suka baca2 gini sih dari pada nonton hehe

    BalasHapus

Protected by Copyscape
Protected by Copyscape