Putu Felisia

Jumat, 11 Agustus 2023

Mudahnya Belajar Online Berkat Digitalisasi

Kapan pertama kalinya teman-teman belajar online? Sebelum pandemi? Ataukah setelah pandemi? Kalau saya telah mendapatkan kelas-kelas online sebelum pandemi dan sampai sekarang, saya masih mengikuti kelas keuangan secara online.


belajar online
Design by Canva


Dipikir-pikir, belajar semakin mudah karena adanya digitalisasi, ya. Selain lebih mudah, ada banyak manfaat belajar secara online. Apa saja itu? Yuk, kita bahas sama-sama!



Di era digital, bidang pendidikan telah mengalami pergeseran secara transformatif. Dengan menggunakan berbagai teknologi berbasis internet, pembelajaran menjadi lebih mudah diakses siapa saja. 


digitalisasi


Saya sendiri telah mendapatkan berbagai ilmu dari pakar-pakarnya dengan melakukan berbagai bimbingan online. Sebut saja, bimbingan online dari Rumah BUMN Denpasar, hingga bimbingan-bimbingan dari BEDO Coca Cola waktu saya menjadi nominasi Lomba Medagang Kreatip dulu.

Saya ingat, dulu pertama kali mengenal bimbel online interaktif, saya merasa kagok juga. Maklum, biasanya kalau pakai baju keluar dan dandan rapi kan dikiranya bakalan pergi keluar. Eh, ternyata, nggak. Kadang juga kagok melihat diri sendiri di depan kamera, dan lain-lain.

Tapi, semua itu nggak sebanding dengan kesenangan yang saya dapatkan dari belajar online. Dengan adanya bimbingan online, selain menghemat waktu di jalan raya, saya juga bisa mendapatkan pelajaran dari mentor-mentor yang jauh di luar pulau.


Digitalisasi Mengubah Cara Pandang Pembelajaran

Seperti pengalaman saya di atas, digitalisasi telah membongkar hambatan geografis dan melampaui batas-batas pembelajaran tradisional. Dengan munculnya internet, kita sekarang memiliki akses ke banyak informasi dan sumber daya melalui laptop atau handphone. Kita bisa menjelajahi berbagai mata pelajaran dan perspektif di luar batas sebuah “ruang kelas”.

Platform online dan sistem e-learning telah memberikan kebebasan pendidikan, memberi opsi-opsi kepada kita untuk memilih berbagai kursus, tutorial, hingga ceramah dari institusi ataupun coach-coach terkenal. Hal ini memungkinkan seluruh lapisan masyarakat mendapatkan pendidikan di mana pun mereka tinggal, asalkan ada internet dan gawai, pendidikan bisa berjalan.


manfaat belajar online
Design by Canva



Manfaat Belajar Online

1. Fleksibilitas dan Kenyamanan: Salah satu manfaat paling signifikan dari belajar online adalah: sistemnya berjalan secara fleksibel. Kita dapat menyesuaikan jadwal belajar agar sesuai dengan rutinitas. Dengan ini, kita bisa menyeimbangkan pendidikan dengan pekerjaan, keluarga, atau komitmen lainnya. Fleksibilitas ini juga berarti bahwa kita dapat belajar dengan pace kita sendiri dan memastikan pemahaman materi yang lebih dalam.


2. Beragam Sumber Belajar: bimbingan online interaktif memungkinkan kita mendapatkan akses ke berbagai sumber belajar, termasuk video, simulasi interaktif, dan lab virtual. Sumber daya ini melayani berbagai gaya belajar, meningkatkan pemahaman dan retensi konsep yang kompleks.

manfaat belajar online
Design by Canva


3. Jaringan Global: Platform online memfasilitasi interaksi dan kolaborasi antar siswa dari berbagai belahan dunia. Jejaring global ini mendorong pertukaran budaya, berbagi ide, dan proyek kolaboratif, memperkaya pengalaman belajar.


Nominee Artikel Pendidikan Keluarga Kemdikbud:

Keluarga adalah Mitra Sekolah Membentuk Generasi Baru


4. Efektivitas Biaya: belajar online seringkali menghilangkan biaya untuk bepergian atau pindah, sehingga mengurangi cost transportasi. Selain itu, ketersediaan kursus gratis atau terjangkau berkontribusi untuk membuat pendidikan lebih mudah diakses dan hemat biaya.


5. Pembelajaran yang Dipersonalisasi: Platform digital menggunakan algoritme dan analitik data untuk menyesuaikan pengalaman belajar dengan kebutuhan dan preferensi individu. Pendekatan yang dipersonalisasi ini mengoptimalkan hasil pembelajaran dengan berfokus pada bidang peningkatan dan menyediakan sumber daya yang ditargetkan.


Belajar Online Bersama Anak

Sejak pandemi, kebutuhan anak untuk belajar online semakin meningkat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan agar belajar online menjadi lebih efektif:


belajar online bersama anak


Siapkan tempat belajar yang tenang.

Siapkan jadwal pelajaran online yang teratur.

Biasakan anak untuk mandi sebelum belajar online agar segar dan tidak mengantuk.

Batasi penggunaan gadget dan matikan notif agar tidak mengganggu pelajaran.

Siapkan camilan favoritnya untuk break time.


Baca juga:

Mengenal Visi dan Misi Pendidikan Indonesia


Bimbel Matematika? Kenapa Tidak?

Sudah menjadi rahasia umum kalau Matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan di sekolah. Tidak hanya Matematika, kawan-kawannya yakni Fisika dan Kimia juga sering membuat siswa menjadi ngeri. Maklum, rumus dan angkanya tak jarang membuat pusing tujuh keliling.

Saya ingat, dulu, saya juga mengikuti bimbel Matematika dan Fisika di tempat yang cukup jauh. Namun, untungnya, kini, Bimbel Matematika, Fisika dan Kimia ini juga bisa dilakukan secara online.


Belajar Matematika Jadi Menyenangkan Berkat Sinotif

SINOTIF yang sudah berdiri selama lebih dari 20 tahun ini bergerak di bisnis pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis pelajaran eksakta. Dengan semangat inovatifnya yang agresif dan etis, SINOTIF akan selalu terpacu mencari metode dan teknik pembelajaran yang lebih visual, fun dan membuatnya mudah dipelajari tanpa mengurangi kualitas kedalaman materi pelajaran itu sendiri.


sinotif indonesia
Design by Canva


Saat ini, Sinotif memiliki bimbingan belajar yang yang berfokus pada 3 pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia. Sinotif juga telah membuka kelas secara online dan telah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan memiliki siswa dari berbagai negara (13 negara).

Sinotif merupakan bimbel online interaktif yang memiliki guru-guru yang akan menggali kebutuhan setiap siswa dan memberikan materi pengajaran dan cara yang sesuai dengan tuntutan sekolahnya. Guru les juga terlatih untuk memahami kondisi siswa, baik tingkat pemahaman materi maupun kecepatan pengerjaannya. Sinotif memberikan layanan les privat (satu guru satu siswa), semi privat (satu guru maksimum 5 siswa) dan juga sistem kelas (6 hingga 15 siswa).


Kesimpulan

Digitalisasi pendidikan telah membuka banyak kesempatan belajar baru, fleksibilitas dan kebebasan belajar, beragam sumber daya, dan konektivitas global. Kita bisa mempelajari berbagai banyak hal lewat belajar online terlebih yang sifatnya bimbel online interaktif.

Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas bimbel online untuk memperoleh bimbel khusus seperti Bimbel Matematika, Fisika, dan Kimia. Sinotif Indonesia bisa menjadi menjadi pilihan tepat bagi teman-teman yang memiliki putra/putri pelajar. Dengan belajar online di Sinotif Indonesia, putra/putri teman-teman akan mendapatkan kelas yang sesuai kebutuhan, tuntutan sekolah, dan target yang ingin mereka capai.


sinotif indonesia
Design by Canva



Referensi:

https://drexel.edu/soe/resources/student-teaching/advice/benefits-of-online-and-virtual-learning/

https://www.gramedia.com/best-seller/tips-belajar-daring/


Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

91 komentar:

  1. 20 tahun tentu waktu yang penuh perjuangan bagi Sinotif. Kalau tidak berinovasi mengikuti perkembangan zaman mungkin tidak akan bertahan selama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puluhan tahun terus eksis secara tidak langsung menggambarkan kepada kit bahwa Sinotif emang layak diperhitungkan. Apalagi metode pembelajarannya memang banyak disukai anak didik

      Hapus
    2. Wah iya nggak mudah lo puluhan tahun menjaga kualitas dan inovasi yang mengikuti perkembangan zaman

      Hapus
    3. Nah betul. Makanya tidak heran banyak orang tua yang mempercayakan bimbingan pembelajaran mata pelajaran yang katanya menakutkan itu (matematika IPA) kepada Sinotif Indonesia

      Hapus
    4. Bener nih, jadi lebih buktiin kalo Sinotif nih udah berpengalaman banget di dunia pendidikan.

      Hapus
    5. Keren ya sinotif ini. Pembelajarannya juga interaktif dan bisa disesuikan dengan kebutuhan siswa. Apalagi tenaga pengajarnya enggak kaleng-kaleng. ❤️

      Hapus
    6. ga nyangka ya Sinotif sudah 20 tahun, pasti sudah banyak inovasi yang dilakukan hingga bertahan sekian lama dan banyak sekali pengalamannya

      Hapus
  2. Aku sempet lakuin homeschooling selama 7 tahun. Jadi ya sudah akrab dengan belajar online sejak dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada belajar online itu fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, ya. Apa lagi kalau nemu tempat belajar yang kompeten begini

      Hapus
    2. Keren Mba udah terbiasa belajar di rumah gitu jadi pas ikutan bimbingan belajar di Sinotif ini jadi gak kaku lagi ya

      Hapus
    3. Sejak pandemi, anak jadi terbiasa belajar online, ya. Ada Sinotif jadi makin mudah deh progresnya

      Hapus
  3. Wahh jadi pengen mendaftarkan Saladin ke bimbel online Sinotif soalnya bentar lagi dia kelas 6 dan butuh belajar matematika lagi dengan intensif.

    Enaknya kalau belajar online itu gak ribet dengan ongkos transportasi ya, Kak Felis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, belajar online irit waktu dan irit transport, kalau lagi agak sakit pun mungkin masih bisa masuk kelas

      Hapus
    2. Sepemikiran dengan saya nih bunda Saladin, saya pun ingin anak ikut bimbel ini supaya ada persiapan test masuk pondok yang diincarnya setelah lulus SD tahun depan

      Hapus
  4. betul aku juga yang merasakan kemudahan belajar apa saja di jaman digitalisasi ini :) tinggal kitanya aja yang mau terus belajar atau tidak ya, jalannya sudah ada tinggal dimanfaatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau eraku sekolah dulu sampai SMA belum ada bimbel online. Maksimal lewat telepon seluler kalau diskusi sama teman. Sekarang Alhamdulillah banyak banget kelas kelas online ya seperti Sinotif ini

      Hapus
  5. anakku juga udah aku rencanakan untuk ikut bimbel sinotif ini kak.. yang pasti bimbel matematikanya ya karena itu yang paling susah untuk aku ajarkan sendiri di rumah haha

    BalasHapus
  6. keren nih bimbel Sinotif, fokusnya di pelajaran yg bisa dikata paling sulit, yakni Matematika, Fisika, Kimia. metode belajarnya pasti ada formula yg mudah dipelajari

    BalasHapus
  7. Kalau saya belajar online memang saat pandemi, Mbak. Hanya memang, dari segi waktu dan tenaga, lebih efektif. Ikut kelas online, kita hanya mempersiapkan diri di rumah. Kalau kelas offline, harus keluar waktu pergi dan pulang juga. belum kalau cuaca lagi hujan, pasti mengurangi semangat belajar juga. bersyukur sekarang banyak kelas-kelas online yang sangat mendukung.

    BalasHapus
  8. Lewat daring belajar pun jadi lebih mudah, apalagi untuk kategori pelajaran eksakta bisa pilih pula paket kelasnya biar lebih fokus

    BalasHapus
  9. Adanya sistem digitalisasi memudahkan pembelajaran ini saya akui banget. Sebagai masyarakat yang tinggal di daerah, jauh dari kota, pembelajaran online seperti dari Sinotif ini sangat membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Teh,
      Karena meski gak di tempat yang sama antara pengajar dan pesertanya tetap bisa belajar lewat jalur daring ini

      Hapus
    2. Betul Teh, saya pun jadi kepikiran bahwa di masa sekarang, pemerataan pendidikan lebih terasa. Masyarakat di daerah bisa menjangkau lebih mudah aneka pengetahuan melalui digitalisasi. Kursus seperti Sinotif pun jadi sangat membantu generasi muda.

      Hapus
  10. Makin ke sini dunia digitalisasi memang harusnya makin dimanfaatkan dengan baik yah, kak, termasuk buat anak² belajar matematika. Untung ada Sinotif yg bisa bikin belajar matematika makin menyenangkan, xixixi..

    BalasHapus
  11. Sebelum pandemi kak aku sudah mulai ikut kelas menulis online. Namun, saat itu belum booming zoom. Jadi lewat WhatsApp atau YouTube

    BalasHapus
  12. Ga pernah terpikirkan belajar di era skrg tuh bs dr hanya rebahan di kasur loh. Kita bs tau dunia dr ponsel. Ga perlu hrs terbang ke seluruh dunia utk bs mengetahui dunia. Digitalisasi telah mengubah berbagai aspek kehidupan. Bahkan urusan bimbel ini. Kita ga perlu repot2 lagi tuh anter anak ke sana kemari utk bimbel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mas. Zaman Now belajar bisa di mana saja dan kapan saja. Termasuk bimbingan online untuk anak-anak, ya. lebih hemat waktu dan tenaga juga dengan hasil maksimal.

      Hapus
  13. wah betul banget ya dengana danya digitalisasi mempermudah dalam hal proses belajar termasuk untuk anak-anak sekolah sejak awal. Bisa saya rekomendasikan ke saudara saya yang punya anak kecil kebetulan pada mau kursus

    BalasHapus
  14. Hikmah di balik pandemi, salah satunya orang semakin aware dengan pentingnya teknologi, manfaat teknologi dalam berbagai bidang. Semakin memudahkan akaes pengetahuan, bahkan untuk dijadikan ladang penghasilan sangat terbuka lebar dengan adanya digitalisasi

    BalasHapus
  15. Setuju kak, digitalisasi bikin proses belajar bisa dilakukan dari mana saja. Wah di sinotif ada banyak pilihan bimbelnya ya, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kitanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digitalisasi yang memberikan hal positif ya kak, karena anak² bisa nih belajar bimbelnya secara daring, malah privafypun bisa

      Hapus
  16. Kalau aja zaman aku sekolah dulu udah kenal silotif, mungkin kesulitan ku dalam belajar eksakta lebih terbantu ya kak. Cz agak sulit dalan hal hitung-hitungan dan semua yag berkait dengan angka. Hehe

    BalasHapus
  17. Mau coba kursus Matematika buat anakku di Sinotif
    Sepertinya sangat menjanjikan sekali
    Soalnya anak saya sangat butuh ilmunya

    BalasHapus
  18. Anak-anak yang ikutan tambahan belajar tentunya gak merasa berat kalau belajarnya bisa di rumah begini. Apalagi kalau cara mengajarnya seru. Pasti semakin seeng belajar online di Sinotif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi udah tersebar di 13 negara ya, kak. Jadi nggak perlu diragukan lagi nih. Buat anak² yg mager belajar Matematika, Fisika dan Kimia, belajar online di Sinotif solusi terbaik!

      Hapus
    2. Aku tadinya mikir, dulu orang keberata belajar online karena gak efektif dan lain-lain. Makin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula ilmu pendidikan yang bisa dimodifikasi dengan kesenenangan anak gen Z. Misalnya ice breaking menggunakan video interaktif, games atau perangkat digital lainnya.

      Hapus
    3. pembelajaran digital memudahkan kita mengakses banyak informasi2 baru untuk jadi materi pelajaran buat anak2.. kalo dulu, ilmu emang "terkunci" di dalam buku dan mengakses internet seperti sebuah kegiatan yg eksklusif..

      Hapus
    4. Aa...setuju, kak Tomy.
      Ilmu itu luas, jangan hanya terpaku pada teori dalam buku, Lebih banyak berkelana, lebih banyak bertanya, lebih banyak melihat dunia.

      Hapus
  19. Semenjak adanya teknologi, semuanya serba online Sya jadi bisa belajar darimana aja. Memang perkembangan teknologi membantu banget buat bisa belajar darimana aja dan sama siapa aja.

    BalasHapus
  20. 'Belajar Online Bersama Anak'

    Nah itu adalah salah satu poin penting tapi dalam ranah praktik biasanya sering terabaikan. Karena biasanya dalam upsya mengakses pembelajaran online, jika anak tak diawasi ataupun ditemani, atau paling tidak diperhatikan saat sedang belajar, fokusnya akan mudah teralihkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya..
      Meski belajarnya online, tapi orangtua tetep ikut membersamai. Setidaknya menemani sehingga ketika anak membutuhkan sesuatu, bisa segera dibantu dan diberi pemahaman.

      Hapus
  21. era digital sudah merubah sebagian prilaku masyarakat saat ini, jadi semua bidang juga harus mengikuti perkembangan zaman

    BalasHapus
  22. pembelajaran digital saat ini emang sangat memudahkan kita untuk terus menggali banyak informasi baru dan bermanfaat untuk menambah wawasan kita.. tapi masih ada sisi minusnya yg bikin kita tidak dapat teralihkan dari layar gadget dan komputer, membuat kita semakin mager

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada positif dan negatif dari kemudahan teknologi masa kini yaa, kak.
      Dan yang bagusnya sebenernya adalah anak-anak jadi gak perlu melakukan perjalanan, jadi tetep ayem di rumah dan bisa belajar dengan bantuan bimbel online terpercaya dari Sinotif.

      Hapus
  23. Semakin canggihnya teknologi, semakin besar pula peluang yang tersedia dalam pendidikan. Namun, tentu saja, tetap diperlukan pengawasan dan pengelolaan yang baik agar manfaat digitalisasi ini dapat dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  24. Kemajuan teknologi informasi bukanlah hal yang menakutkan, justru dimanfaatkan ya Kak. Salah satunya Sinotif yang mengubah metode pembelajaran. Waktu 20 tahun bukanlah sebentar untuk membuktikan bahwa Sinotif bagus, maju terus Sinotif

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak,
      kalau dimanfaatkan secara tepat dan positif maka tidak semenakutkan itu, justru malah membantu ya

      Hapus
  25. Jaman sekarang semua orang bisa belajar dengan mudah yah. Tinggal mau atau malas aja.. hehe.. ilmu pengetahuan begitu mudah diakses, tinggal pilih apa yang kita butuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, tiinggal kembali ke diri kita masing-masing kok, pilihan belajar sudah banyak terbuka, tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan

      Hapus
    2. betul om, sya sependapat bgt dg om, skrg dg beragam media2 dan platform pembelajaran online jadi memudahkan generasi milenial untuk mencari beragam ilmu, namun ada sisi kekurangannya yg menurut sya menurunkan mental anak2 muda untuk berjuang mencari ilmu, krna semua serba dimudahkan

      Hapus
  26. Masih ingat selama pandemi gak bisa kemana-mana. Hal ini membuat kita yang ingin memperdalam ilmunya pasti deh menggunakan teknologi sebagai jalan utamanya. Nah pembelajaran online ini makin ke sini makin bagus2 yaa, terlebih disesuaikan dengan kebutuhan kita.

    BalasHapus
  27. Era digitalisasi sekarang ini memang bnyk menguntungkan ya, kak. Belajar juga fleksibel, apalahi skrg bnyk platform dan fasilitas yg memudahkan kita untuk belajar seperti sinotif ini.

    BalasHapus
  28. Digitalisasi memperpendek jarang ruang dan waktu ya, termasuk urusan belajar anak.
    Sekarang mata pelajaran eksak seperti matematika bisa menyenangkan kalau ikut bimbel online di Sinotif.

    BalasHapus
  29. Coba dulu ada bimbel Sinotif ya. Meski nilaiku ga buruk2 amat ama pelajaran eksakta, tp ya males aja ama guru neranginnya. Dstu pula aku malas msk IPA krn yg diajarin cmn menghapal doank.

    Pdhl pelajaran eksak tuh sbnrnya mengasyikkan ya. Ga cmn menghitung tp sesuatu yg berguna dlm hdp.

    Skrg anak2 bakal mkm senang dong dgn keberadaan Sinotif ini.

    BalasHapus
  30. Wah akhirnya nemu penjelasan Sinotif
    aku juga pengen cob tapi masih maju mundur
    Semoga bisa bulan depan coba

    BalasHapus
  31. Belajar di era digitalisasi memang sungguh dipermudah ya Kak. Berbagai sumber pengetahuan, platform, dan kanal-kanal informasi tersedia luas. Bimbel, seperti Sinotif ini pun kini ikut memfasilitasi hal ini ya. Belajar tetap dengan guru secara daring menjadi lebih terjangkau.

    BalasHapus
  32. Zamanku sekolah internel masih jadi barang mahal. Bersyukur sekarang sudah mudah dijangkau. Jadi bisa dimanfaatkan untuk banyak hal termasuk belajar online. Bimbel kaya Sinotif ini bikin anak lebih memahami pelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul
      Bahkan untuk dapat diskon saya rela jadi petugas warnet
      Pulang kuliah langsung nongkrong di depan situ

      Hapus
  33. Platform online dan sistem e-learning ini menjadi jalan keluar yang efektif ketika semua keterbatasan waktu, jarak dan minimnya support system di rumah, sehingga anak-anak tetap bisa mendapatkan ilmu bersama Sinotif.

    BalasHapus
  34. Belajar lewat platform digital memang memudahkan, nggak cuman simpel dan praktis, juga fleksibel karena bisa saja kapan buat belajar tergantung kesibukan kita.

    BalasHapus
  35. Pertama belajar online sekitar tahun 2009, sampai sekarang juga masih suka. Karena udah nggak sekolah yang dipelajari milih yang saya suka dan butuh aja.

    BalasHapus
  36. Ini utk anak SD bisa gak ya? Susah banget ngajarin anak gak ngerti2 nih

    BalasHapus
  37. Sekarang banyak bimbel online yang semakin mudah dan punya gaya pembelajaran yang interaktif. Kaya SINOTIF ini, jadi belajar matematika enggak kudu denfan cara kaku, tapi bisa menyesuaikan dengan kondisi pembelajar. ❤️

    BalasHapus
  38. Bimbel online gini jadi semakin mudah untuk pelajar yaa, karena bisa belajar dimana saja dan kapan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Asal internet lancar, belajar pun makin mudah. Gak perlu drama antar jemput les juga

      Hapus
  39. Platform belajar anak2 jaman sekarang tuh buanyak banget pilihannya yah, bahkan bisa online di rumah aja jadi gak terbatas jarak. Soalnya kasian kalau yang di sekitar rumahnya gak ada tempat bimbel/les kan. Jaman kita dulu mah harus naik angkot 2x dan perjalanan 45 menit ke tempat les karena belum ada pembelajaran online wkwk

    BalasHapus
  40. saya setuju banget nih dengan kalimat bahwa digitalisasi pendidikan telah membuka banyak kesempatan belajar baru, fleksibilitas dan kebebasan belajar, beragam sumber daya, dan konektivitas global. Digitalisasi memang terbukti mempermudah kita untuk belajar berbagai hal yang kita ingin pelajari.

    BalasHapus
  41. Masa pandemi banyak efek postifnya juga ya era digitalisasi jadi terus berkembang pembelajaran online merupakan solusi anak2 yang mau belajar tapi dah cape buat kluar rumah lagi ya enaknya emang belajar Online di Sinotif pembelajarannya juga mudah dipahami anak2

    BalasHapus
  42. Buat yang punya keterbatasan waktu untuk belajar di lembaga belajar atau kelas, pilihan belajar online adalah pilihan yang tepat. Waktunya fleksibel, pembelajarannya juga jelas dengan guru dan materi yang komplit. Selain itu, platform belajar untuk anak-anak itu bisa dari yang gratis, hingga yang berbayar, menyesuaikan kebutuhan dengan anak kita.

    BalasHapus
  43. Saya sendiri sering belajar online yang webinar gratis. Emang membantu banget sih. Gak perlu keluar pergi.

    BalasHapus
  44. Senangnya hidup di era digital seperti sekarang ya kak
    Semuanya serba digital dan berasa makin memudahkan
    Termasuk belajar, makin terbantu dengan digitalisasi seperti ini

    BalasHapus
  45. platform belajar online di dunia digital kaya sekarang ya emang gimana y, bagus sih kalo dimanfaatin bener-bener. tapi yang ga boleh kita hilangin mindset kalo digitalisasi itu tools, sedang diri kita itu subjek pelaku yang dimana kita juga harus paham bahwa tools itu alat bantu. esensi utamanya ada di kita, jadi tetap harus totalitas antara digital dan literasi lainnya terutama di kehidupan nyata.

    BalasHapus
  46. kayaknya terakhir belajar online minggu lalu.
    Dan aku cukup sering belajar online waktu pandemi beberapa tahun lalu, dan banyak juga tersedia kelas gratisan. Lumayan banget buat mengisi waktu setelah balik kantor misalnya.

    BalasHapus
  47. Dulu rasanya hampir ga pernah ikut kelas online namun sekarang belanja online sangat membantu ternyata dan lebih praktis

    BalasHapus
  48. bimbel online ataupun kursus online ini memang membantu banget ya mbak buat yang mau menambah skill tapi terkendala jarak ataupun waktu jadinya bisa nambah ilmu deh dari rumah

    BalasHapus
  49. Sekarang di dunia digital punya banyak banget sumber untuk belajar, dan untuk belajar matematika, bisa nih mengandalkan si notif biar anak-anak semakin paham ilmunya, dan pelajaran interaktif bakalan bikin anak-anak antusias dengan pelajaran

    BalasHapus
  50. sekarang kalo mau belajar lebih gampang ya. semuanya bisa online. nggak ada alasan lagi nggak ada yg anterin hihhi. apalagi kalo cara pengajarannya dibuat menarik. dijamin anak-anak nggak bakalan takut lagi matematika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gak perlu gugup lagi sama eksakta ya, bisa terkendali jadinya karena udah belajar di sini

      Hapus
  51. Kini belajar bs di mana aja berkat digitalisasi. Ga perlu terhalang jarak dan waktu krn kita bs belajar kapanpun dan di mana pun selama ada internet.

    Sinotif ini tempat belajar bimbel live interaktif serasa tatap muka. Jd kita akan berasa kyk di kelas biasa padahal lagi belajar online. Seru bgt nih.

    BalasHapus
  52. wah ini asik nih.. aku juga pernah nulis tentang sinotif ini di blog ku.. semoga anak2 kita terus semangat belajar ya, semoga mereka mendapat ilmu yang bermanfaat, Aamiin..

    BalasHapus
  53. Aku merasakan sendiri kalau digitalisasi membuat up skill makinmudha. Mau belajar apa aja itu ada, baik gratis maupun yang berbayar. Jadi, bisa tetap eksis dan mengembangkan potensi diri setiap hari.

    BalasHapus
  54. Selagi ada akses internet yang oke, aku sih lebih suka belajar online. Lebih hemat waktu juga sih dan belajar bisa dari mana saja.

    BalasHapus
  55. Belajar online memberikan banyak kemudahan, dan pastinya juga memberikan kesempatan belajar yang semakin terbuka luas.

    BalasHapus
  56. Bimbel online tu enak sih. Lebih efektif waktunya. Kalau untuk matematika memang harus disiapkan banget biar anak paham dan bisa mengerjakan soal lainnya

    BalasHapus
  57. Yang paling saya rasakan kemudahan dari belajar online adalah soal personalisasinya. Dengan algoritma yang disusun sedemikian rupa, apa yang kita pelajari bisa lebih sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Selain soal efektivitas waktu dan tempat juga tentunya.

    BalasHapus
  58. Sinotif ini jadi jalan keluar bagi anak-anak yang mau belajar tambahan tapi waktunya butuh yang fleksibel. Selain itu, proses bimbelnya seru, bikin anak seneng dan semangat belajarnya.

    BalasHapus
  59. Sekarang saya juga sedang belajar online kembali mengenai desain grafis, ini lumayan membantu saya karena juga masih ada jadwal yang padat karena perkuliahan

    BalasHapus
  60. Mulai belajar online pertama kali jauh sebelum pandemi. Efektif dan efisien kalau kita sebagai pembelajar memang niat dan mau tau.

    BalasHapus
  61. jaman sekarang memang kerasa banget ya digitalisasinya, terutama setelah pandemi itu, karena selama pandemi seperti dipaksa untuk memanfaatkan teknologi kalau ingin tetap beraktivitas. jadinya sekarang udah kebiasaan aja gitu ikut-ikut kelas atau webinar online dan jadi lebih banyak juga yang ngadain webinar

    BalasHapus
  62. Belajar online itu memangkas jarak dan waktu. Apalagi kalau narsumnya di luar negeri kan mayan banget tuh. Ga harus jauh2 ke luar negeri habis budget berapa. Materi pembelajaran online juga lebih interaktif

    BalasHapus
  63. Dengan segala hal yang berbasis online, kita bisa ambil sisi positif sebaik mungkin ya kak, termasuk belajar tak melulu konvensional. Bisa online dan pembelajaran pun bisa dilakukan secara optimal.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)