Rabu, 10 Agustus 2022

Review Sampo VCO Shampo Extract Coconut Alami

Sudah lama saya bermasalah dengan rambut kaku, megar, dan susah diatur. Selesai keramas, biasanya rambut saya langsung megar kayak rambut singa. Iya, semenyebalkan itu! Akar berminyak tapi ujung rambut kering kerontang kayak dompet di akhir bulan.

Kalau pergi ke salon pun pasti kapsternya bilang, “Rambutnya kering banget, Mbak. Perawatan dong! Rebonding atau keratin gitulah.”

Ya, kalau saya berhasil nemu CEO Bucin hanyut di Tukad Badung sih, nggak apa-apa, ya (ini kenapa bawa-bawa CEO? 😂) Haiyaa, biaya perawatan itu kan gak murah, ya, Bestie.

Tapi, serius, lama-lama saya sebal juga sama rambut saya ini. Jadi, saya pun browsing bagaimana menaklukkan rambut megar dan kaku kayak rambut singa ini.

 

review sampo

 

 

Rambut Kaku, Susah Dirawat?

Benar banget! Dari lahir tekstur rambut saya ini keras, kusut, dan kering kayak hatinya mantan *eh*

Beberapa hal yang sempat saya lakukan adalah: mengoleskan conditioner, masker rambut, mempergunakan berbagai jenis vitamin rambut, mengoleskan minyak zaitun sebelum keramas, memakai sisir bergigi jarang atau sisir sikat, dan merebonding rambut beberapa kali, ini saya lakukan waktu belum menikah, sih.

Di antara cara-cara di atas itu, yang paling berhasil memang perawatan ion/rebonding itu. Hanya saja, kalau sekarang, melakukan ion/rebonding tentu mengancam kesehatan kantong. Belum lagi, perawatan ini memakan waktu berjam-jam, sangat time consuming.

 

Buah Bisa Bikin Cantik? Masa sih?

5 Buah yang Bikin Kamu Cantik

 

Ketemu Hack Baru: Kelapa!

Karena sekarang segala sesuatu ada di internet, saya pun kembali mencari tips bagaimana cara menaklukkan rambut saya. Saya sempat kecewa karena banyak tips yang ujung-ujungnya mencatok rambut. Wah, kalau begini sangat tidak praktis. Belum lagi, rambut akan cepat rusak kena panas.

Untungnya, setelah berkeliling ke berbagai tempat, saya menemukan channel Hannah Elise di Youtube. Hannah adalah seorang vlogger asal California Selatan. Dia menceritakan masalah rambutnya yang similar banget sama masalah rambut saya. Dia pun kemudian sharing kalau semua masalahnya ini bisa teratasi dengan menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil) dan sampo kelapa.

Wah, ini pengetahuan baru buat saya! Kelapa? Ini terdengar asing di telinga saya. Namun, nggak ada salahnya kalau saya coba, kan?

Saya browsing lagi, lalu menemukan Shampo Extract Coconut Alami ini. Luar biasanya, sampo ini ternyata langsung mengandung ekstrak minyak kelapa murni di dalamnya. Keren!

 

manfaat minyak kelapa
Info dari www.allthingshair.com

 

 

Komposisi:

Aqua, Sodium Laurete Sulfate, Sodium Chlorite, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Fragrance, DMDM Hydantoin, Cocos Nucifera Extract, Panthenyl Ethyl Ether, Propylparaben, CI 77891.

 

manfaat minyak kelapa
Info dari www.allthingshair.com

 

 

Kemasan

Kemasan Shampo Extract Coconut Alami ini cukup sederhana. Wadahnya berbentuk botol berwarna putih dengan pump di atas. Logo huruf A dan tulisan Shampo Extract Coconut tertulis di bagian depan. Kemudian di bawahnya ada gambar kelapa dan deskripsi produknya.

Komposisi produk ditulis di bagian kanan, bawah deskripsi. Bagian bawah komposisi terdapat tulisan didistribusikan oleh: Alami Alam-Indonesia. Kemudian di bagian kiri terdapat cara pemakaian, tanggal kadaluarsa dan berat isi produk. Saya agak menyayangkan kenapa berat isi ini harus dicoret, mungkin salah ketik (?) 

 

sampo kelapa

 

Overall, dari desain kemasan memang desainnya sangat sederhana, saya agak menebak-nebak mungkin karena memang diproduksi oleh perusahaan kecil/UMKM hingga desainnya pun tidak terlalu terkesan mewah, bahkan ada beberapa typo yang cukup mencolok (?)

 

Warna, Tekstur, Aroma

shampoo kelapa


Shampo Extract Coconut Alami ini memiliki tekstur yang ringan, nyaris seperti air. Warnanya juga bening, memberi rasa aman kalau produk ini tidak diberi pewarna. Aromanya, meski di komposisi dikatakan memiliki kandungan fragrance, saya tidak terlalu mencium aroma tertentu selain aroma minyak kelapa yang kuat. Meski demikian, saya sendiri tidak masalah. Yang penting kan hasilnya dulu. Hehehe.

sampo kelapa

 

Cara Pemakaian

Seperti sampo pada umumnya, memakai Shampo Extract Coconut Alami ini cukup mengusapkan produk pada rambut dan kulit kepala secara lembut. Setelah memijat-mijat kulit kepala selama kurang lebih 30 detik, kita bisa membilas rambut hingga bersih.

 

Review

Waktu pertama saya memakai produk Shampo Extract Coconut Alami ini, saya merasa agak aneh. Maklum saja, biasanya sampo yang saya gunakan itu memiliki busa cukup melimpah. Sedangkan untuk Shampo Extract Coconut Oil ini ternyata busanya sangat sedikit. Saya agak ragu-ragu apakah rambut saya bisa bersih. Saya sampai menggunakan sampo 2x, jaga-jaga gitu. Eh, tidak menyangka, ternyata meski busanya sedikit, hasilnya cukup bersih, memuaskan banget. Rambut yang biasanya megar dan berat sehabis keramas pun kali ini lebih lemas dan lembut.

 

Kelebihan dan Kekurangan

Plus

Satu hal yang paling saya sukai dari produk Shampo Extract Coconut Oil ini adalah ia mampu mengontrol rambut saya yang seperti yang saya bilang tadi, memiliki banyak masalah. Setelah menggunakan sampo ini beberapa kali, saya merasa cukup nyaman sehabis keramas.  Rambut yang mulanya kering sekarang terasa cukup lembab, padahal tidak menambah segala macam produk perawatan.

Untuk harga, harga Rp.40.000,00 per botol menurut saya cukup worth it. Ya, hitung-hitung kalau beli produk perawatan kan menghabiskan uang juga. Harga empat puluh ribu tadi cukup terjangkaulah buat kantong saya.

 

Minus

Untuk isi produknya sendiri menurut saya tidak masalah. Kekurangannya hanya kurang wangi. Namun, buat saya pribadi, saya merasa lebih aman dengan produk-produk yang tidak banyak menggunakan penambahan bahan kimia.

Dari segi kemasan, nah, ini menurut saya masih butuh banyak perbaikan. Desain kemasan yang sederhana masih tidak terlalu masalah. Namun, keterangan-keterangannya masih kurang lengkap. Berat isi/netto tidak ditulis dengan jelas. Lalu, tidak ada nomor izin usaha atau izin edar BPOM. Memang, saya akui, untuk pemilik usaha kecil, mengurus segala macam izin memerlukan usaha dan biaya yang cukup besar. Namun, saya harap ke depannya, mudah-mudahan industri sampo ini bisa berkembang hingga bisa memenuhi syarat-syarat teknis dan segera memperoleh izin. Dengan demikian, konsumen bisa lebih merasa aman lagi.

 

Baca juga:

Review Utama Spice Body Mist

 

Kesimpulan

Overall, saya sangat puas dengan produk Shampo Extract Coconut Alami ini. Saya berharap produsen produk ini bisa terus menghasilkan produk-produk bermutu.

Oh, ya, untuk kalian yang ingin mencoba menggunakan berbagai produk berbasis minyak kelapa, kalian bisa berkunjung ke toko ini:

👉 Alami - Alam Indonesia 👈

 

Sampo Coconut Alami 

bisa diorder di sini

 

Jangan lupa bagi kesannya juga, ya ... semoga artikelnya bermanfaat 💓

putu felisia


 

 

 

43 komentar:

  1. hasil akhirnya ga lengket berminyak gitu, ya? Kalau soal aroma, aku paling suka sampo kelapanya Oriflame. Hasilnya juga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah justru ini nggak lengket di rambut, Mbak. Hehehe.

      Hapus
  2. Dulu, di Makassar ada tetangga saya, Mbak. Jadi itu ampas kelapa yang habis nyantan, dibalur-baluri di rambutnya. Terus kalau dari pulang kampung, dia bawa minyak kelapa asli yang bikin dari kelapa. Nah itu buat minyak rambut hehehe.
    Jadi khasiat kelapa untuk rambut itu bagus sekali ya, Mbak. Makanya terlepas dari minusnya produk ini, bisa memberi manfaat bagi rambut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul, Mas. Kirain bakalan tambah berminyak. Ternyata nggak.

      Hapus
  3. Wah ini namanya kembali ke bahan alami ya
    Jaman dulu khan orang tua kita juga biasa pakai minyak kelapa buat rambut. Tapi ya memang aromanya jadi kayak gorengan hehehehe
    Eh tapi, ini menarik lho. Minyak kelapa buat shampoo. Kayaknya kapan-kapan aku mau coba ah

    BalasHapus
  4. produk alami seperti ini tentu membuat kita yang alergi bahan kimia bakalan happy. Apalagi bahannya VCO a.k.a minyak kelapa yang memang sudah terpercaya sejak dulu bagus untuk rambut

    BalasHapus
  5. Rambutku juga kemrotok mba alias kering. Jadi bisa pakai shampoo berbahan kelapa ya. Kerennya Shampoo Extract Coconut, hehe...Biar lebih halus dan nggak kasar. Ok mba thx ya infonya ..

    BalasHapus
  6. Baru tahu nih ada shampo extract VCO dan hasilnya bagus juga untuk rambut. Aku pikir VCO hanya untuk terapi kesehatan dan kuliner saja

    BalasHapus
  7. Shampoo pakai extract VCO baru tau nih saya
    Dibandingkan pakai minyaknya langsung, pasti gimanaaaa gitu ya, licin-licin
    Extract VCO dijadiin sediaan shampoo bikin jadi lebih praktis dan enak

    BalasHapus
  8. Waktu kecil aku sering lihat nenekku bikin minyak kelapa buat merawat rambutnya. Aromanya ya kelapa banget, nggak ada wangi-wangi semerbak seperti shampo VCO sekarang. Sekarang kita lebih dimudahkan dengan adanya shampo VCO begini ya :)

    BalasHapus
  9. Mengatasi masalah rambut yang memang udah dari bawaan lahir begitu, memang cukup susah. Saya juga mengalaminya.

    Wah.. terobosan baru nih dari Alami Alam Indonesia ada shampo dg extract bahan alami kelapa. Biar rambut halus dan tidak kusust.

    BalasHapus
  10. VCO itu banyak banget manfaatnya untuk diminum langsung atau sebagai bahan kecantikan.. Untuk rambut pun ada manfaatnya sendiri, ditambah coconut oil pasti makin mantap ya.. Harganya pun terjangkau banget nih..

    BalasHapus
  11. Wah sampo dengan kandungan kelapa, bisa menyehatkan rambut ya, soalnya minyak kelapa punya manfaat yang bagus buat kulit kepala

    BalasHapus
  12. Wah nggak ribet lagi bikin ekstrak kelapa untuk perawatan rambut secara alami, cukup gunakan Shampoo VCO Alami ini. Wanginya pasti wangi khas kelapa, lembut tapi gak menyengat ya.

    BalasHapus
  13. Memang bagus shampoo yang mengandung coconut alami alias VCO membuat rambut sehat. Bukan hanya untuk.rambut, minyak VCO juga bagus untuk di konsumsi maupun untuk kulit wajah (gusti yeni)

    BalasHapus
  14. Jadi inget lhooo dulu tuh pas kecil suka dikasi minyak kelapa juga sama ibu biar rambutnya bagus berkilau dan tebel gitu katanya, dan emang bener ternyata khasiatnya vco ini yah

    BalasHapus
  15. Jadi ingat nenek, dulu selalu mengajarkan kami merawat rambut ya dengan minyak kelapa yang dibuatnya. Minyak keletik namanya. Sekarang sudah ada ramuan yang lebih modern dari kelapa dan khasiatnya pasti tidak diragukan lagi dong

    BalasHapus
  16. Anakku perlu pake shampoo ini juga nih karena rambutnya beneran kayak rambut singa, kering dan megar. VCO ternyata bisa dipake buat apa aja ya. Buat shampo juga bisa.

    BalasHapus
  17. Sama banget kaya rambut saya. Kalo abis sampoan trus kering, ga lama kemudian ngembang banget kaya adonan dikasih ragi. Hehe

    BalasHapus
  18. Walaupun produknya kurang wangi, gak apa-apa lah yang penting khasiatnya itu lho, mantul!

    BalasHapus
  19. waa berasa pakai minyak kelapa gitu ya? hehe.. tapi bikin rambut jadi lepek gitu gak mbak?

    BalasHapus
  20. biasanya kalau ada komposisi oil tertentu tuh fungsi utamanya memang melembabkan yaa kak.. dan jadinya bakal cocok banget ama pemilik rambut yg kering dan lepek

    BalasHapus
  21. Rambutku juga kering nih, bisa nyobain kali ya...
    Btw, sudah BPOM atau belum enggak tahu ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kemasannya tidak ada tulisan BPOM, Mbak

      Hapus
  22. jadi ingat dulu waktu kecil rambutku sering dikasih minyak kelapa sama ibu. sekarang malah ada samponya ya, mbak. kalau buat rambut rontok kira-kira bagus juga nggak mbak?

    BalasHapus
  23. Mbak masalah rambut kita kok sama sih. Rasanya lepek berminyak tapi ujung-ujungnya kering. Pengen dipotong aja jadinya nih rambut.

    BalasHapus
  24. Kalau minyak kelapa ini bagus juga gak ya buat melebatkan rambut? Hihi. Aku taunya minyak kelapa ini bagus untuk merawat kulit. Anakku semasa bayi tuh kalau ruam di pipi pakai minyak kelapa aja ngobatinnya.

    BalasHapus
  25. hmmm.. minyak kelapa, kepikiran bikin ketombean gak ya Mbak? kan ada residu minyaknya yang bisa saja tertinggal di kulit kepala. kepalaku paling pemilih soal shampo, kalo gak cocok langsung ketombean, makanya aku gak bisa panjangin rambut, sekarang lebih memilih style setengah botak untuk menghindari keribetan rambut yang mekar.
    another question, di artikel ini, aku gak kebaca shampo bisa dibeli dimana, atau aku kelewat membacanya yah.. mungkin bisa ditambah link ke lapak official atau e-commerce-nya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya syukurnya nggak ketombean. Langsung aja ke Toko Alami di link atas, Pak.

      Hapus
  26. reviewnya sangat lengkap. kalau aku punya masalah rambut yang kaku dan sedikit ketombe, mungkin apa cocok pake produk ini? btw belinya di mana mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kebetulan sering ketombean. Pakai ini lumayan berkurang. Kecuali nggak keramas lama, ya. Hehehe. Itu sudah ada linknya, Kak.

      Hapus
  27. Wah baru tau ada Shampo Extract Coconut Alami ini. Biasanya kalo yag berkhasiat gini emang ga wangi yaa..

    BalasHapus
  28. ngomong-ngomong ini bisa dibeli dimana kak? Barangkali yang baca artikel ini mau beli produk yang udah direview sama kak felisia

    BalasHapus
  29. Saya dulu beli shampo VCO juga, tapi bukan untuk manusi. Buat kucing saya, soalnya jamuran. Syukurnya setelah 3x pemakaian, bukan jamur aja yang ilang, bulunya juga jadi halus dan bagus.

    Nadiar
    nadiar.id

    BalasHapus
  30. Kebetulan saya juga memiliki masalah dengan rambut, rambut cepat kering dan kasar. Saya jadi berminat untuk mencoba shampoo dari ekstrak minyak kelapa.

    BalasHapus
  31. Sayang bangat kalau belum ada izin dari bpom nya. Padahal nih produk alami dan bagus..

    BalasHapus
  32. Saya juga suka banget nih sama aroma coconut, baik sabun, sampo, bahkan parfum. Aroma coconut lembut banget. Blog juga, nih dicoba shamponya.

    BalasHapus
  33. jadi ingat cerita mama kalau dulu sering dikasih minyak kelapa sama buyut tapi bukan untuk keramas sih, rambut jadi bagus
    kalau sekarang ada juga ya ternyata minyak kelapa yang dibuat sampo, ga wangi gpp mbak, kan alami dari alam, yang penting di rambut enak sih
    kadang pamakaian parfum yang tidak sesuai dengan kondisi rambut malah mengakibatkan tidak cocok dengan rambut kita

    BalasHapus
  34. produk yang patut di coba ini untuk perawatan rambut, apalagi yang alami alami gini

    BalasHapus
  35. Wah sip jadi pengen nyoba juga nih untuk rambut megarku. Trims ya mbakkkk

    BalasHapus
  36. Keinget jg mbak dr dlu suka denger klo kelapa bagus buat rambut.. ternyata manfaatnya memang ada

    BalasHapus

Protected by Copyscape
Protected by Copyscape