Putu Felisia

Sabtu, 18 Mei 2024

Sinopsis dan Review Drama China The Legend of Shen Li

Sudah lama pengin nulis sinopsis dan review The Legend of Shen Li tapi kebetulan belakangan sibuknya gak habis-habis ... harus bersyukur juga, sibuk = banyak cuan, amiiiin.

Syukurlah, akhirnya kesampaian juga nulisnya sekarang, sayang banget soalnya menurut saya drama The Legend of Shen Li ini bisa dikatakan sebagai salah satu drama xianxia terbaik. Best drama deh, pokoknya. Menurut saya drama china ini masih underrated banget.


the legend of shen li


Oke, tak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja kita bahas drachin The Legend of Shen Li ini ... Cekidot!



The Legend of Shen Li adalah drama china bergenre xianxia. Secara literal xianxia/仙俠 bermakna immortal heroes. Jadi, memang di dalam drachin ini lekat dengan sihir dan fantasy. Sementara worldbuildingnya sendiri dominan menggunakan setting alam manusia, alam spiritual, dan alam dewa.

Tentang The Legend of Shen Li 

Judul Asli:  与凤行/Yǔ fèng xíng

Sutradara: Deng Ke

Produser Eksekutif: Zhao Liying

Penulis asli: Jiu Lu Fei Xiang (Blue Whisper, Love Between Fairy and Devil, Back from The Brink, Love You Seven Times)

Penata busana: Chen Tong Xun (The Untamed, Joy of Life, The Sword and The Brocade, Blue Whisper, Lost You Forever)

the legend of shen li


Pemeran:

Zhao Liying sebagai Shen Li

Lin Gengxing sebagai Xing Zhi/Xing Yun

Xin Yunlai sebagai Mo Fang

He Yu sebagai Furong Jun

Zeng Li sebagai Shen Muyue (Guru Shenli sekaligus Pemimpin Alam Spiritual)

Sinopsis The Legend of Shen Li

Diceritakan, Shen Li merupakan jenderal gagah perkasa di Alam Spiritual. Demi menghindari pernikahan dengan cucu Raja Langit, Shen Li melarikan diri dan akhirnya jatuh ke dunia manusia. Di sini, Shen Li bertemu dengan Xing Yun, manusia sakit-sakitan yang akhirnya merebut hatinya.


drama china shen li


Pada akhirnya, Shen Li tertangkap dan harus kembali ke dunia spiritual. Dia pun terpaksa pasrah pada nasibnya. Yang tidak diketahui Shen Li, Xing Yun ternyata adalah reinkarnasi Mahadewa Purbakala, Xing Zhi. Setelah Xing Yun meninggal dunia, Xing Zhi kembali ke alam dewa dan menemukan ingatan dan debar-debar cinta mulai bersemi di hatinya ... tsaaah ... sayangnya sebagai Mahadewa Purbakala, Xing Zhi tidak diperkenankan jatuh cinta sebab ini berpotensi menyebabkan kiamat. Nah loh ....

Bagaimana akhir kisah Shen Li dan Xing Zhi? Apakah mereka akan bersatu ataukah Shen Li akhirnya menikah dengan Furong Jun? Untuk yang ini, kalian nonton aja sendiri, ya ^^

Review The Legend of Shen Li: Kenapa Drama Ini Underrated?

Menurut saya, The Legend of Shen Li benar-benar memenuhi kriteria sebuah drama xianxia yang bagus. Penceritaan Shen Li menggunakan gaya epos, di mana Shen Li adalah pahlawan besar yang menaklukkan banyak medan perang dan berbagai monster. Dia pun dielu-elukan di mana-mana karena sifat kesatrianya.


the legend of shen li


Nah, ini yang mungkin membuat drama The Legend of Shen Li ini jadi underrated. Apakah itu? Karena Shen Li adalah seorang PEREMPUAN. Yah, maklum juga, mengingat kita sudah terbiasa melihat dewa perang pria seperti di Ten Miles of Peach Blossoms, Ashes of Love, dan banyak drama xianxia lain, melihat jagoan wanita melindungi pria sakit-sakitan di awal mungkin agak bikin sakit mata. Apalagi, ada adegan Shen Li menjambak rambut Xing Yun untuk menariknya dari dalam air.

Namun, bisa dikatakan, di luar karakter Shen Li yang luar biasa hebatnya, tidak terlihat Shen Li overpower dan mendominasi Xing Zhi/Xing Yun. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri di drama ini karena ada saat-saat Shen Li benar-benar menjadi seorang wanita biasa yang perlu dilindungi dan disayangi. Xing Yun/Xing Zhi sendiri tidak tenggelam sebagai submisif. Meski dia sendiri mengakui prinsip yin-yang mereka terbalik, Xing Zhi juga masih memiliki wibawa yang kuat, menyeimbangkan Shen Li yang keras kepala.

Chemistry Sempurna: Cinta Diam-diam?

Zhao Liying, produser eksekutif sekaligus pemeran Shen Li patut berbangga karena kali ini ia telah berhasil membuat sebuah drama yang luar biasa.

Saya masih ingat, dulu, saya sudah suka dengan akting Zhao Liying sejak menjadi Hua Qiangu. Kini aktingnya semakin matang dan dewasa. Ada banyak adegan yang tersampaikan dengan sangat baik, termasuk adegan ketika dia otomatis pura-pura buta di depan Xing Zhi dan Furong Jun.

review drachin shen li


Lin Gengxin sendiri memiliki chemistry yang sangat bagus dengan Zhao Liying sejak memerankan Yuwen Yue di Princess Agents. Kali ini, Lin Gengxin benar-benar totalitas memerankan Kakek Mahadewa Purbakala yang dalam tiap gerakannya terlihat sebagai the real kakek-kakek. Lihat saja caranya duduk, berdiri, hingga berjalan yang pelan dan ringkih. Mantap betul sampai ada yang protes kok dewanya ketuaan ... hahaha.

Sssst! Saya baru tahu ternyata Lin Gengxin pernah menyukai Zhao Liying, jadi pantas saja kalau sorot matanya ... ehem ... agak laen gitu.

Epos Romantis dengan Selera Humor Jiu Lu Fei Xiang

Premis cerita The Legend of Shen Li sebenarnya standar xianxia: kebaikan melawan kejahatan, pahlawan menyelamatkan dunia.  Cuma ada banyak hal yang membuat drama ini istimewa. Yang pertama, tentu karena penulis aslinya Jiu Lu Fei Xiang terlibat langsung menulis skenario. Jadi, dia bisa “melampiaskan” uneg-unegnya pada drama xianxia. Lihat saja bagaimana Jiu Lu Fei Xiang membuat Xing Zhi memotong ekor hanfunya, ini (asumsi saya) pasti menyindir xianxia yang suka banget bikin kostum panjang menyapu lantai, wkwkwk.


review drachin


Selera humor Jiu Lu Fei Xiang juga terlihat saat Xing Zhi menyadari yang menjodohkan Furong Jun dengan Shen Li tak lain dan tak bukan adalah ... dirinya sendiri!

Ini lucu banget, si kakek yang sembarangan menjodohkan karena mengira Furong Jun (拂容君, Furongnya homonim dengan芙蓉 kembang sepatu) perempuan dan Shen Li/Bicang Wang (碧苍王, Bicang nama cowo) adalah laki-laki. Bisa kebayang dong gimana galaunya Xing Zhi, mau membatalkan juga gengsi, kan ... masa kakek buyut nikung cucu buyutnya sendiri, sih ... wkwkwk.

the legend of shenli


Yang paling memuaskan pastinya eksekusi adegannya juga oke banget. Kalau biasanya perang besar di akhir cuma melibatkan penjahat dan dewa perang (+pacar) contohnya Love and Destiny di mana Jiuchen mengorbankan diri, ini fair banget melibatkan semua Klan Langit dan Klan Spiritual. Cucu-cucu Raja Langit juga character arcnya berkembang semakin bagus. Furong Jun yang mulanya pemalas dan playboy diceritakan mau belajar mati-matian agar bisa membantu melindungi dunia.

Ending Amat Memuaskan: Terima Kasih Jiu Lu Fei Xiang!

Kayaknya sampai sekarang masih banyak yang komplen soal ending xianxia, misalnya Starry Love yang katanya nyuruh penonton lihatin bunga muter-muter. Saya pun sempat kesal sama ending Blue Whisper yang nggak dijelasin sampai subber aja mikir ini mimpi aja kali.

Untungnya, di sini, ending The Legend of Shen Li sangat clear dan detail. Jiu Lu Fei Xiang bahkan menyelipkan dialog yang seakan “meluruskan” 如夢 di ending Blue Whisper yang ambigu itu (ya, jelaslah logikanya rubah jadi duyung kalau bukan mimpi beneran apa coba, hahaha).

drama china


Buat yang suka spoiler, ending The Legend of Shen Li happy ending! Dan tenang aja, seperti yang sudah dijabarkan di atas, tidak ada ending PHP modelan Starry Love atau Blue Whisper. Yang lebih menggembirakan ... ada bonus episode yang lucu banget. Ah, iya, sayang bagian Xing Zhi minta anak sebanyak gerumbul anggur tidak dimasukkan, hihihi.

Kesimpulan

The Legend of Shen Li beneran se-worth it itu! Castingnya bagus, storytelling oke, karakternya loveable, musiknya juga epic banget! Tiap BGM cocok banget, dari yang megah sampai yang kocak, semua keren dengan bumbu keunikan suara suona--terompet khas Tiongkok.

Kalian sudah nonton The Legend of Shen Li? Kalau sudah, boleh dong share kesannya di komen ^^

 

 

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

28 komentar:

  1. Belum pernah nonton nih. Gimana dong?? Justru baru tau ada Dracin ini. Alur ceritanya unik ya . Memasukkan unsur spiritual ke dalam filmnya. Gimana ceritanya minta anak banyak banget hihihihi...

    BalasHapus
  2. Dramanya kayak drama kolosal ya, aku keinget sama yoko and the condor of heroes kalau drama china itu. Jalan ceritanya kayaknya juga seru nih penuh dramatika percintaan

    BalasHapus
  3. Udah lama banget gak nonton drachin, Kak Felis. Kalau mau nonton Legend of Shen Li di aplikasi mana ya? Lalu ada berapa episode?

    Paling suka drachin gini karena kostumnya bagus2.

    BalasHapus
  4. kisah fantasi penuh petualangan yang menarik untuk diikuti. Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti Zhao Liying dan Lin Gengxin, drama ini sukses memikat hati para penonton dengan alur cerita yang seru, visual yang memukau, dan chemistry yang kuat antar para pemain.

    BalasHapus
  5. Bentar..bentar...jadi Sang Jenderal gagah perkasa tuh cewek? Aku masih keliru-keliru nih tentang nama. Mau dracin, drakor, dorama...Engga bisa bedain nama cowok atau nama cewek. Tapi kalau soal cinta-cintaan putus sambung, pastinya kalau nonton jadi kebawa baper deh... Hum...nonton di mana ya?

    BalasHapus
  6. Belum pernah nonton. Btw film-film legenda China dulu sering nonton. Suka sama kostum-kostumnya, selain ceritanya juga tentu saja.

    BalasHapus
  7. Sudah lama sekali tidak nontondrama China. Ini bisa ditonton di platform apa kak?

    BalasHapus
  8. Genre nya fantasi ya. Banyak banget yang review drama cina ini saking serunya. Tapi sampai saat ini masih belum aku tonton juga 🙈 bagus premisnya kebaikan melawan kejahatan, ada makna yang tersirat di balik drama cina ini.

    BalasHapus
  9. Aku lagi demen nonton drama China. Cuma buat yang genrenya seperti ini, kayaknya buat genre favoritku. Cuma kupikir dramanya seru. Jadi, pingin tahu endingnya. Cinta yang terhalang kiamat ki piye. moso jadi cinta tak sampai.

    BalasHapus
  10. Belum nonton mba,, seperti emang sangat bagus, coba nanti ah aku tonton. Kemarin habis nonton juga drama China,, awal mula terbentuk sungokong, cipatkai, gurunya dan lain-lainya itu bagus juga luh, Wajib di tonton juga

    BalasHapus
  11. Saya belum nonton nih Kak, pernah nonton drama Cina lainnya tapi ya sudah lupa juga dulu itu judulnya apa ya, punya ciri khas pastinya dibandingkan drama dari negeri lain

    BalasHapus
  12. Udah lama juga gak nonton dracin, sehingga ndak familiar dengan para cast-nya

    BalasHapus
  13. Wah ibuki lagi suka Drachin nih, bisa aku rekomendasikan ke beliau. Kata beliau sekarang drachin bagus-bagus

    BalasHapus
  14. Beberapa kali nyari list drama China yang bagus. Soalnya pengen ada pembaharuan gitu biar gak drakor terus wkwkwk
    Kayaknya ini rekomended masuk liat tontonanku mbak

    BalasHapus
  15. Wah, serem ya kalo bisa sampek kiamat gegara Xing Zhi jatuh cinta, hihi.. Bagian adegan si kakek yg salah jodohin orang juga pasti bikin ngakak itu, haha..

    BalasHapus
  16. Belum nonton nih. Saya bingung kalo denger nama-nama orang China, ga bisa bedain mana yang laki-laki mana yang perempuan wkwk. Tadinya saya kira Shen Li laki-laki, ternyata perempuan.

    BalasHapus
  17. Waduh, serem juga ya kalau jatuh cinta berpotensi mendatangkan kiamat. Tapi ya namanya juga dewa kali ya. Jadi gak boleh jatuh cinta. Tapi untungnga endingnga clear ya, saya suka cerita yang endingnya begini.

    BalasHapus
  18. dari review Mbak Feli, The Legend of Shen Li keren. Jadi bisa nih, dimasukkan dalam list. Dan memang drachin itu banyak yang bertema fantasi seperti ini ya. tapi justru seru.

    BalasHapus
  19. Kayaknya saya dah lama buanget tidak nonton dracin. Terakhir nonton ya andy lau. The legend of condor hero apa ya judulnya.

    Dracinnya menarik ditontom nih. Moga bisa nonton :)

    BalasHapus
  20. ini dracin kolosal lawas ya mba, soalnya dulu kalo gak salah pernah dengar drama ini tapi belom pernah nonton hehehe

    BalasHapus
  21. Sedetil itu yaa.. kalau drama xianxia tuh..
    Sampai ada penata busana pun ikut dicantumkan.
    Puas banget kalau sesuai selera ka Putu.. Apalagi chemistry para pemainnya cakep banget.

    Banyak temen-temenku juga lagi seneng dracin yang katanya chemistry pemainnya gak pernah gagal.

    BalasHapus
  22. Selaluuu suka dengan pakaian di drama xianxia. Apalagi kalo tokoh ceweknya jagoan. Wuih, the best!

    BalasHapus
  23. Awalnya agak kaget krn nama Shen Li kan biasanya utk cwek ya. Eh ini udh diceritakan seorang jenderal gagah.

    Setelah dibaca lebih lanjut, eh ternyata bener dia seorang perempuan. Btw menarik bgt ceritanya meski agak klise dgn cerita2 kolosal. Namun jelang endingnya kok seru ya. Bs nyebabin kiamat kl mereka bersatu. Wow.

    Penasaran deh gmm cerita aslinya. Nonton ahhh.

    BalasHapus
  24. Dah lama aku gak nonton dracin, terakhir nonton lupa judulnya, pokonya ada komi perempuan yang akhirnya jadi ratu

    BalasHapus
  25. Kurang tertarik nonton drama China, tapi pas baca sinopsisnya ini kok kayak yang seru ya jalan ceritanya. Apakah sudah saatnya aku untuk nonton drama China?

    BalasHapus
  26. Sepertinya menarik nih The Legend of Shen Li. Nonton di mana ya Kak? Aku terakhir nonton Dracin pas masih kecil deh, serial Yoko dan Bibi Lung he he he

    BalasHapus
  27. belum nonton nih drama china The Legend of Shen Li, padahal baca jalan ceritanya lumayan bagus ya. kalau drama fantasi kek gini suka sih, mensitraksi dunia nyata yang wow, hehe

    BalasHapus
  28. udah lama aku gak nonton Dracin, sepertinya ini cerita yang menarik sekali :D

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)