Putu Felisia

Senin, 27 Mei 2024

Seri Komunikasi Efektif (1) Mengapa Keterampilan Ini Sangat Dibutuhkan dalam Kehidupan

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, ide, dan perasaan dari satu individu ke individu lainnya. Bisa dibilang, berkomunikasi merupakan keterampilan dasar paling penting. Banyak aspek memerlukan interaksi dengan orang lain.


tips komunikasi


Karena (saya yakin) banyak yang masih bingung tentang komunikasi yang baik dan mengapa kita harus belajar cara berkomunikasi dengan efektif, saya akan menuliskan seri artikel komunikasi efektif di blog ini. Semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua.

 

Belajar komunikasi adalah hal yang krusial, tidak hanya untuk perkembangan karakter, tetapi juga untuk kesuksesan profesional dan sosial. Komunikasi yang efektif sendiri adalah dasar dari hubungan interpersonal yang sehat.


Ini dia cara agar hidupmu lebih sehat:

Mengapa Kita Perlu Menerapkan Boundaries


Kemampuan untuk mengungkapkan perasaan, mendengarkan dengan baik, dan memahami perspektif orang lain bisa membantu dalam membangun dan memelihara hubungan yang kuat. Misalnya, dalam hubungan keluarga, komunikasi yang baik dapat mengurangi kesalahpahaman dan konflik, serta memperkuat ikatan emosional antara anggota keluarga.

 

Mengembangkan Keterampilan Komunikasi


cara berkomunikasi
Foto dari Canva


Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu membangun hubungan interpersonal yang kuat, meningkatkan kolaborasi dalam tim, serta membantu dalam menyelesaikan konflik dengan lebih baik. Dengan konsistensi dan kesadaran diri, kemampuan komunikasi seseorang dapat terus berkembang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita latih untuk mengembangkan skill komunikasi.

 

Skill Mendengarkan Secara Aktif

Salah satu aspek paling penting dari komunikasi adalah kemampuan untuk mendengarkan secara aktif. Mendengarkan aktif berarti memberikan perhatian penuh kepada pembicara, memahami pesan mereka, dan merespons dengan cara yang menunjukkan bahwa kita benar-benar peduli dan tertarik. Teknik ini tidak hanya membantu dalam memahami informasi dengan lebih baik tetapi juga membuat orang lain merasa dihargai dan didengarkan.


Foto dari Canva


 

Skill Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal, seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata, juga memainkan peran besar dalam bagaimana pesan diterima. Mengembangkan kesadaran akan komunikasi nonverbal dan mempelajari cara menggunakan isyarat nonverbal dengan tepat dapat memperkuat pesan verbal dan meningkatkan kejelasan komunikasi.

 

Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan apayang dirasakan orang lain. Dalam konteks komunikasi, empati memungkinkan individu untuk berhubungan dengan orang lain pada tingkat emosional yang lebih dalam, membuat komunikasi menjadi lebih efektif dan bermakna. Mengembangkan empati melibatkan praktik mendengarkan dengan hati-hati dan mencoba melihat situasi dari perspektif orang lain.

 

Bagaimana Cara Melatih Komunikasi?

Seperti keterampilan lainnya, komunikasi yang efektif memerlukan latihan yang berkelanjutan dan kesediaan untuk menerima feedback. Berpartisipasi dalam diskusi, presentasi, atau debat dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan mengasah keterampilan komunikasi verbal. Menerima umpan balik dari rekan atau mentor dapat memberikan wawasan berharga tentang area yang perlu ditingkatkan.

 

Kesimpulan

tips bergaul
Foto dari Canva


Belajar komunikasi adalah investasi yang sangat berharga dalam kehidupan pribadi dan profesional. Keterampilan komunikasi yang baik dapat meningkatkan hubungan interpersonal, membantu dalam manajemen konflik, dan berkontribusi pada kesejahteraan emosional. Dengan keterampilan komunikasi yang baik, kita dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam berbagai aspek kehidupan.


Baca juga:

Mengenal Frugal Living: Hati-hati Salah Kaprah!

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

28 komentar:

  1. Kemarin-kemarin ini ketika sekolah online zaman pandemi, ada keluhan dari guru/dosen, anak-anak jadi engga fasih komunikasi verbal. Mereka kalau ketemu orang jadi kicep...Tapi lancar banget kalau digital, engga bertatapan langsung...
    Memang perlu banget sih keterampilan komunikasi yang baik tuh...

    BalasHapus
  2. Jujur, aku tuh introvert yg kadang susah buat komunikasi, seringnya jadi pendengar yg budiman, haha.. Selain belajar buat gabung diskusi, keknya harus sering² latihan ngomong depan kaca sih, biar lebih percaya diri.

    BalasHapus
  3. Mendengarkan juga jadi salah satu bentuk komunikasi ya, Kak Felis. Jadi enggak ngomoong aja. Tapi bagi saya yg extrovert emang lebih senang ngomong hehehehe.

    BalasHapus
  4. Berlatih komunikasi sangat penting sih, bukan hanya secara profesional saja, tetapi secara personal pun sebaiknya punya skill komunikasi yang cukup baik. Jadi kalo suatu saat diminta berbicara di depan publik, akan lebih lancar dan baik. Very nice info 👍👍

    BalasHapus
  5. Keterampilan berkomunikasi adalah kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, kita dapat meningkatkan kualitas hidup, membangun hubungan yang kuat, dan mencapai kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan profesional.

    BalasHapus
  6. Sebagai ibu bekerja yang setiap hari bertemu dengan rekan kerja, klien, dan lain-lain, saya merasakan banget kebutuhan akan komunikasi yang efektif itu penting banget.

    BalasHapus
  7. Terkadang ada saja orang yang salah memahami. Saat berbicara komunikasi, maka yang ada dalam pikiran adalah gimana berbicara yang baik.

    Padahal bicara komunikasi, ada juga aspek untuk menjadi pendengar yang aktif. Okelah.

    BalasHapus
  8. Saking penting dan manfaatnya ilmu komunikasi, makanya jadi salah satu jurusan di perguruan tinggi yang memiliki gelar tersendiri, sarjana komunikasi kan ya...
    Dan sekarang sepertinya ilmu komunikasi lagi banyak diminati secara ilmunya banyak sekali dibutuhkan

    BalasHapus
  9. Dulu aku pernah dengar, seni berkomunikasi adalah mendengarkan. Mungkin itu ada benarnya ya, karena dengan memahami, kita jadi tahu konteks dan bisa disampaikan ulang melalui cara berkomunikasi

    BalasHapus
  10. Dari komunikasi seseorang itu bisa bersahabat atau malah berantem ya mbak. Kadang salah intonasi dan volume saja. Sudah bikin orang jadi salah tangkap. Apalagi komunikasi di media sosial. Beda penangkapan kalimatnya

    BalasHapus
  11. Komunikasi memang jadi hal penting dalam networking. Sehingga wajar ada pelatihan terkait ini. Kalau komunikasinya gak oke, bisa bahaya dah

    BalasHapus
  12. Belajar komunikasi ini sangat penting, terlebih jika pekerjaan kita sendiri membutuhkan speaking yang bagus. Jika kita mendalami ilmu komunikasi tentu akan sangat mudah jika mengharuskan kita memberikan speech saat meeting

    BalasHapus
  13. Setuju kak kalau ilmu komunikasi itu termasuk skill kecakapan dalam hidup bermasyarakat. Saat terjun ke dunia kerja atau masyarakat nantinya akan penuh komunikasi dengan mereka

    BalasHapus
  14. Duh bener bangeeet, komunikasi efektif itu ngga hanya soal ngomong, tapi juga kemampuan untuk mendengarkan dgn penuh perhatian dan empati :))

    BalasHapus
  15. Komunikasi yg baik juga perlu latihan, ya. Biar ketika kita berbicara atau sedang mengeluarkan pendapat, menggunakan bahasa yang efektif dan mudah dimengerti oleh lawan bicara.

    Selain itu, komunikasi nonverbal juga sangat penting. Seperti menunjukan sikap kita harus bagaimana, mendengarkan saat lawan sedang bicara, dan berempati ketika terjadi sesuatu.

    BalasHapus
  16. Sepakat banget kak. Komunikasi itu penting bgt. Bahkan di semua aspek kehidupan. Komunikasi dlm arti luas jg bs dari beragam bentuk. Contohnya ya kyk di atas itu. Ada yg verbal ada jg yang non verbal. Bayangin aja kalo ga ada komunikasinya. Kita dulu bahkan pake komunikasi dgn pake asap loh. Skrg bs dgn sosmed. Ntr berkembang jd apalagi yak? Mkn keren kyknya.

    BalasHapus
  17. Komunikasi itu merupakan sebuah kunci untuk bersosialisasi. Sepakat banget kalau setiap orang pun perlu berlatih mendengarkan secara aktif. Nggak jarang, orang pandai sekali berbicara, namun belum tentu lihai dalam mendengarkan dan berempati sehingga mudah membuat orang lain di sekitarnya merasa nyaman.

    BalasHapus
  18. Bener nih, komunikasi jg ada ilmunya ya. Biar pesannya tersampaikan dg baik,kayanya memang harus belajar lbh kompleks lg deh, apalagi buat public figur atau yg sering ketemu orang

    BalasHapus
  19. Setuju deh, komunikasi itu bener-bener investasi paling penting yang wajib dikuasai. Soalnya dengan komunikasi, kehidupan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

    BalasHapus
  20. Komunikasi adalah salah satu hal yang menantang bagi saya karena dulu termasuk yang sangat jarang keluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang sehingga agak mengalami kesulitan ketika harus berkomunikasi verbal secara terbuka dengan banyak orang. Sekarang sedang belajar membuka diri perlahan agar bisa seperti orang pada umumnya yang berkomunikasi secara verbal dengan lancar

    BalasHapus
  21. komunikasi tuh emang penting banget sih. mau searah ataupun dua arah, belajar komunikasi yang baik tuh harus tetap dilakukan

    BalasHapus
  22. Skill komunikasi emang sepenting itu buat kehidupan, nggak cuma buat ngobrol sesama teman, tetapi juga buat karir berkepanjangan. Aku dulu nggak percaya bahwa skill komunikasi harus terus dilatih dengan ikut diskusi, saling mendengarkan teman, tapi ternyata setelah beberapa kali ikut diskusi, kemampuan komunikasiku yang dulu susah banget nyusun kata, jadi mulai bisa terasah.

    BalasHapus
  23. Banyak juga yang beranggapan bahwa kemampuan berkomunikasi itu pinter berbicara. Padahal, kemampuan mendengarkan lawan bicara juga merupakan keterampilan berkomunikasi.

    BalasHapus
  24. Banyak orang tidak begitu menganggap penting skill komunikasi, padahal skill ini penting banget. Dan membangun skill komunikasi tidak bisa instan, harus dibangun secara bertahap dan konsisten. Dengan memiliki skill komunikasi yang efektif dapat memberikan pengaruh besar untuk kehidupan jangka panjang..

    BalasHapus
  25. Mendengarkan secara aktif emang dibutuhkan banget pas komunikasi. Soalnya menandakan kalau kita merhatiin orang yang lagi ngomong sama kita. Dan setuju, komunikasi yg efektif itu bisa menjaga hubungan baik dgn prang lain

    BalasHapus
  26. Komunikasi itu penting banget loh. Dalam rumah tangga aja harus bisa komunikasi yang baik agar gak salah paham.

    BalasHapus
  27. Jadi imgat masa SMK dululah saya baru belajar komunikasi di publik. Memberikan pelatihan achievement motivation training saat bergabung dengan sebuah organisasi. Dan itu menjadi bekal di kwmudian hari. Pwnting banget memang komunikasi

    BalasHapus
  28. Akutu kagum sama orang-orang yang bisa dengan mudah membangun bonding dengan lawan bicara meski berbeda usianya jauh. Sepupuku ada yang begini nih.. anak HI kuliahnya. Kalau ngomong selalu bikin lawan bicaranya seneng. Meski ada genggesnya, kadang... hehehe, kan nyari dulu nih frekuensinya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)