Putu Felisia

Jumat, 03 Maret 2023

Apa Perbedaan Skin Tone dan Under Tone? Bagaimana Cara Menentukan Under Tone?

Adakah Teman-teman yang mengalami kesulitan saat memilih warna make up? Saya terkadang juga mengalaminya, lho. Kadang juga saya melihat ada warna yang cocok buat orang lain tapi begitu saya coba jadi kusam.

Kok bisa begitu, ya?

under tone skin tone


Saya baru tahu, ternyata ada yang namanya skin tone dan undertone. Apa itu skin tone dan undertone ini dan apakah korelasinya dengan warna make up? Yuk, kita bahas sama-sama!

Apa Itu Skin Tone dan Undertone?

Skin tone adalah warna kulit yang nampak jelas dari permukaan. Artinya, skin tone merupakan warna kulit yang jelas-jelas terlihat oleh mata kita. Di Indonesia sendiri, skin tone bisa digolongkan menjadi beberapa jenis seperti putih gading, kuning langsat, hingga sawo matang.


Masih malas mengurus kesehatan dan kecantikan?

Ini dia alasan menjaga kesehatan dan kecantikan itu penting


Skin tone  kita akan tetap sama tidak peduli berapa banyak kulit kita memantulkan  cahaya matahari, bahkan jika kita terlihat pucat di musim dingin dan kecokelatan di musim panas.

Nah, kalau undertone adalah rona warna di dalam kulit yang memengaruhi skin tone. Undertone ini biasanya tidak bisa dilihat secara jelas oleh mata. 


undertone wajah


Banyak orang sulit membedakan skin tone dan undertone. Makanya, jadi salah kaprah pilih-pilih warna kosmetik.

3 Tipe Undertone

Secara umum, ada 3 tipe undertone kulit:

Hangat (warm) – Undertone dengan warna hangat memiliki rona warna kulit yang bernuansa kuning, emas, dan warna peach.

Dingin (cool) – Undertone dingin biasanya memiliki rona warna kulit cenderung merah muda atau pink hingga kebiruan. 

Netral – Untuk undertone netral, biasanya rona warna yang dimunculkan cenderung di antara undertone hangat dan dingin, atau berada di tengah-tengahnya.


undertone asia
Undertone kulit Asia Timur cenderung cool/dingin


Cara Menentukan Undertone

Setelah mengetahui tipe undertone, selanjutnya, bagaimana kita menentukan undertone kulit kita? Menurut Wikihow, ada beberapa cara yang bisa dicoba:


skin tone face


Cuci wajah hingga bersih dan tunggu hingga 15 menit.

Kulit harus  dalam keadaan bersih dan bebas dari riasan, lotion, atau toner. Kulit juga perlu istirahat selama sekitar 15 menit sebelum melanjutkan memeriksa. 

Cek di sumber cahaya alami.

Bola lampu yang berbeda dapat mempengaruhi pencahayaan ke kulit. Bola lampu tersebut dapat memberikan warna kuning atau hijau, dan mengganggu penampilan kulit. Carilah tempat yang cerah untuk mencari undertone supaya tidak salah menilai. Cobalah duduk di dekat jendela atau  pergilah ke luar ruangan.

Lihat pembuluh darah

Perhatikan warna pembuluh darah di bagian dalam pergelangan tangan. Ini adalah cara cepat untuk menentukan undertone jika pembuluh darah terlihat. Angkat lengan di bawah cahaya alami dan tentukan warna yang dominan di sana.


Warisan Kecantikan:

Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia


Jika Teman-teman tidak tahu apakah pembuluh darah kalian berwarna hijau atau biru, kalian mungkin memiliki undertone netral. Jika kalian memiliki kulit berwarna zaitun, kemungkinan besar kalian termasuk dalam kategori ini.

Jika pembuluh darah kalian tampak hijau, kalian memiliki rona kulit hangat.

Jika pembuluh darah kalian tampak biru atau ungu, kalian memiliki rona kulit dingin.

skin tone wikihow
sumber foto: Wikihow

 

Perhatikan reaksi kulit di bawah sinar matahari

Apakah Teman-teman bisa berjemur dengan nyaman? Ataukah kulit kalian terbakar/mendapatkan bintik-bintik? Jumlah melanin di kulit menentukan reaksinya terhadap paparan sinar matahari dan dapat membantu menentukan undertone.

Jika Teman-teman mudah kecokelatan dan jarang terbakar, kalian memiliki lebih banyak melanin dan kemungkinan besar kalian memiliki undertone yang hangat atau netral.

Jika kulit kalian terbakar dan tidak kecokelatan, melanin berkurang sehingga undertone menjadi lebih dingin.


Menjaga Kecantikan Secara Alami:

5 Buah yang Bermanfaat untuk Kecantikan


Beberapa wanita dengan kulit ebony yang sangat gelap mungkin tidak mudah terbakar tetapi tetap memiliki warna kulit yang dingin. Cobalah beberapa tes lagi untuk mengetahui undertone Anda.

Tes dengan kertas

Pegang selembar kertas putih di depan wajah lalu becermine. Coba lihat bagaimana kulit terlihat di sebelah dengan kertas putih. Kulit mungkin tampak memiliki corak kuning, corak biru-merah atau kemerahan, atau mungkin juga tidak tampak, melainkan warna abu-abu.

Jika kulit tampak kekuningan atau pucat di samping kertas putih, kalian memiliki rona kulit yang hangat.

Jika kulit tampak merah jambu, kemerahan, atau merah kebiruan, berarti kalian memiliki rona kulit dingin.

Jika kulit kalian tampak abu-abu, kulit kalian mungkin berwarna zaitun dengan rona kulit netral. Warna hijau dari kulit dan rona kekuningan bisa bergabung untuk menciptakan efek ini. 

Kalian dapat bereksperimen dengan nada netral dan hangat karena undertone kalian ada di antara keduanya.


Jadi Cantik Sekaligus Dapat Cuan:

Yuk, jadi beautypreneur bersama RAENA!


Jika kalian tidak dapat menentukan warna kuning, zaitun, atau merah muda, kemungkinan, kalian memiliki warna kulit netral. Nuansa netral dapat terlihat bagus dalam alas bedak dan warna pada kedua ujung spektrum dingin/hangat.

Membandingkan dengan emas dan perak

Kalian bisa menggunakan foil emas dan perak atau perhiasan untuk menentukan undertone. Pegang selembar foil emas di depan wajah sehingga memantulkan kembali cahaya ke kulit kalian. Perhatikan apakah itu membuat wajah terlihat keabu-abuan atau pucat, atau apakah itu mempercantik kulit. Kemudian, coba ganti dengan selembar foil perak.

Jika foil emas terlihat paling bagus, kalian memiliki undertone yang hangat.

Jika pantulan dari foil perak membuat kulit kalian bersinar, undertone kulit kalian cenderung dingin.

Jika kalian tidak melihat perbedaannya (perak dan emas sama-sama bagus), kemungkinan besar, kalian memiliki undertone kulit netral.

Selain menggunakan foil, kalian juga bisa membandingkan dengan perhiasan emas dan perak di pergelangan tangan, dan perhatikan mana yang lebih bagus.

Minta teman untuk melihat kulit di belakang telinga. 

Jika kalian memiliki jerawat, bintik-bintik kemerahan, atau kondisi lain yang mungkin menyamarkan undertone, kalian dapat meminta seorang teman untuk melihat kulit di lipatan kecil belakang daun telinga. Daerah ini area ini cenderung tidak terpengaruh.

Jika kulit terlihat kekuningan, berarti kalian memiliki undertone hangat.

Jika kulit kalian berwarna merah muda atau kemerahan, berarti undertone kalian dingin

Demikian kira-kira cara menentukan undertone kulit. Lain kali, kayaknya perlu bikin warna yang cocok buat masing-masing undertone juga, ya ... gimana menurut kalian?


undertone skin make up


Referensi:

https://www.wikihow.com/Determine-Skin-Tone

https://www.watsons.co.id/blog/id/latest-trend-id/4-cara-mengetahui-undertone-kulit-dengan-mudah

 


Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

26 komentar:

  1. saya kalau beli make up biasanya sama mbanya suka dicek untuk menyesuaikan tapi kalau cek sendiri kadang masih suka bingung, apakah kulit netral, dingin atau hangat

    BalasHapus
  2. Aduh kynya aku nggak bakat deh beauty2 gini. Skin tone atau under tone masih nggak paham gimana..

    BalasHapus
  3. Betul banget. Jadi lebih tahu ya cara pilih warna yang cocok buat kita. enggak sekadar ikut2an karena merasa warna kulitnya sama tapi ternyata undertonenya beda.

    BalasHapus
  4. Waduh saya kurang paham deh dengan ilmu tone-tone beginian.. taunya tone untuk alat musik. hahaha piss kakak

    BalasHapus
  5. Wah, infonya bermanfaat banget nih, Mbak. Jadi, bisa ngecek sendiri ya, tapi saya masih bingung nih...
    Soalnya ngecek pembuluh darah, warnanya antara hijau keunguan. Jadinya masuk undertone warm atau cool, ya? Hehehe...

    BalasHapus
  6. Punya teman ternyata bisa membantu juga dalam melihat warna kulit. Jadi pengen coba cek tone kulitku.

    BalasHapus
  7. Baru kali ini ada yang memperhatikan perawatan undertone. Biasanya ya cuma perawatan skintone doank karena org akan lebih memperhatikan kulit luarnya aja. Padahal undertone ini juga harus diperhatikan krn akan memancarkan dr dalam.

    BalasHapus
  8. Ga nyangka warna pembuluh darah ini ada maknanya. Dan tiap orang bisa beda2 ya kak. Aku kira ini sama loh. Jadi kita akan tahu perawatn di masing2 kulit ya kak.

    BalasHapus
  9. waduh saya baru tahu loh terkait undertone ini, ternyata ngaruh banget ke urusan make up ya. auto pengen nyobain juga test warna undertone kulit wajah saya, hahahaha. jadi gak bakalan salah lagi pilih foundation ya, pantesan selama ini kalo pake foundation tuh hasilnya kalo gak jadi kaya hantu saking terlalu putih atau justru gak kelihatan apa apa, hiks.

    BalasHapus
  10. Baru paham tentang undertone ini, ternyata emang jauh maknanya sama skintone, ya Mbak. Auto cek nih termasuk undertone yang mana kulit saya

    BalasHapus
  11. oh ternyata beda ya hihi.. selama ini kalau milih bedak asal aja sesuai sama warna kulit yang keliatan hihi

    BalasHapus
  12. Daku suka lupaan buat nyimak undertone daku apa. Sukanya mbak BA yang memilihkan warna foundy hehe

    BalasHapus
  13. Cara menentukan undertone melalui pembuluh darah ini masih unik dan belum saya pahami nih. Pengen memahami banget buat tahu nih
    Harus baca ulang sampai paham ya

    BalasHapus
  14. jujur nih kadang masih bingung soal skin tone dan undertone. Nggak benar2 yakin sama analisa sendiri. Coba nanti tak praktek deh caranya buat lihat skin tone dan under tone. Biar ga salah pilih make up lagi.

    BalasHapus
  15. Make up jg ternyata ada rumusnya hehe.. kirain cuma pake aja, harus butuh jiwa seni jg sih kl mau make up.

    BalasHapus
  16. sudah pernah denger skintone dan undertone tapi baru kali ini tau cara detail dalam menentukannya haha thanks banget infonya kak

    BalasHapus
  17. Sering dengar nih soal skin tone dan undertone. Kupikir sama. Ternyata mah beda yak.. Tapi, benar sih kudu sesuaikan make up sama skin tone dan under tone nya... Biar cocok...

    BalasHapus
  18. aku nggak terlalu ngerti tentang skintone dan undertone ini
    baca ini jadi makin paham
    kalau mau pilih make up emang harus menyesuaikan kondisi kulit kita ya

    BalasHapus
  19. Pantesan aku selalu salah kalau beli makeup, ternyata harus tahu dulu ya skin tone sama under tone. Nanti saya cek pakai cara di atas.

    BalasHapus
  20. Makasih banget atas penjelasan yang diberikan. jadi punya pemahaman baru tentang make up yang sesuai dengan kulit. Biasanya asal pakai saja

    BalasHapus
  21. Aku kayaknya yg masih kesulitan nentuin warna make up, maklum saya jarang make up yg bener-bener make up, hehe.

    Tapi dari artikel ini saya dapat sih pengetahuan soal skin tone.

    BalasHapus
  22. Oalah baru tahu aku ada tingkatan warna asli kulit biasanya biar bagus dalam menentukan warna dr kosmetik yg akan digunakan.
    Makasih sharingnya (gusti yeni)

    BalasHapus
  23. Jadi tahu aku kalau perlu cek dulu dua jenis ini
    Hmm, pantesan adikku selalu marah kalau aku asal beli make up

    BalasHapus
  24. aku udah pernah mengetes undertone ku dengan beberapa cara, sampai akhirnya mendapatkan kesimpulan apa undertone ku, tapi kini lupa karena enggak kucatat. Mu tes lagi nunggu temen yang bisa diajak sharing...
    Btw makasih udah diingatkan...

    BalasHapus
  25. sampai sekarang aku gak ngerti soal skintone dan undertone. makanya pas mulai make up tipis-tipis pun selalu ngerasa biasa aja gitu gak kayak orang-orang :'D

    BalasHapus
  26. Ah ya, aku baru tahu sekarang bedanya skintone dan undertone. Undertone ternyata rona warna yang ada di dalam kulit gitu ya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)