Putu Felisia

Sabtu, 07 November 2020

Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia

Definisi cantik tentu berbeda setiap zaman. Begitu juga dengan standar kecantikan yang berubah-ubah. Kalau sekarang, tren kecantikan lebih mengutamakan ciri-ciri cantik ala Asia Timur. Padahal, kalau diperhatikan, wanita Indonesia juga tidak kalah cantik.

 


 

Indonesia memiliki banyak warisan budaya, termasuk di antaranya tradisi merawat kecantikan. Wilayah Indonesia yang memiliki banyak sumber daya alam memungkinkan wanita Indonesia menjaga kecantikan secara alami.

 

wanita indonesia

Wanita Indonesia zaman modern juga memperoleh rahasia kecantikan dari keraton. Ibu Mooryati Soedibyo merupakan salah satu pelopor bisnis kecantikan Mustika Ratu. Sebagai cucu dari Sri Susuhunan Pakoe Boewono X, the 10th Susuhunan (penguasa) Surakarta, Ibu Mooryati mempopulerkan tradisi kecantikan ala putri keraton ke masyarakat luas.

 

wanita indonesia

Kini, siapapun dapat melakukan perawatan kecantikan tradisional meski dia bukan putri keraton. Perawatan ini tentunya tidak kalah manjur dari perawatan kecantikan modern. Bahan yang digunakan pun alami hingga cenderung aman bagi kulit.

 

rahasia kecantikan

Apa saja tradisi kecantikan wanita Indonesia? Berikut di antaranya:

 

Jamu

Jamu merupakan minuman khas dari Indonesia. Berbagai ramuan rempah memiliki banyak manfaat buat tubuh dan kecantikan. Misalnya saja: kunyit asam yang mengandung vitamin A dan vitamin C, beras kencur yang bisa mengatasi masalah jerawat, bersih darah yang bisa membantu mengatasi gatal-gatal, dan lain-lain.

 

kecantikan indonesia

Cream Bath

Dari zaman dulu, wanita Indonesia menggunakan bahan-bahan alami sebagai ‘masker’ untuk merawat rambut. Indonesia mengenal cara masker alami ini sebagai cream bath.

 

rahasia kecantikan

Mandi Lulur

Dahulu, mandi lulur hanya dikenal sebagai perawatan para putri raja. Para putri melakukan tradisi ini dari 40 hari menjelang pernikahan. Kini, wanita Indonesia bisa menikmati perawatan yang sama di berbagai spa.

 

kecantikan indonesia
 

Pijat Wajah

Pijat wajah memberi banyak manfaat, di antaranya: meningkatkan penampilan wajah, meringankan gejala sinusitis, mengurangi masalah jerawat, meningkatkan sirkulasi darah hingga membuat wajah lebih glowing, mengurangi bengkak, dan memperbaiki kontur wajah.

 

rahasia kecantikan

Masker dan Scrub

Wanita Indonesia juga membuat masker untuk wajah, misalnya pepaya untuk membuat wajah lebih glowing. Mereka juga membuat scrub dari beras, kunyit, kayu manis, hingga cendana yang digerus. Untuk mencegah stretch marks, digunakan scrub dari beras kencur. Untuk menjaga warna hitam pada rambut, mereka menggunakan biji pepaya yang ditumbuk halus lalu dicampur air.

 

rahasia kecantikan

Wah, sebagai wanita Indonesia kita patut berbangga karena kita punya banyak tradisi perawatan kecantikan. Apakah Teman-teman tertarik mencobanya?

 

Kecantikan Indonesia

 Referensi:

https://www.thejakartapost.com/life/2019/01/20/indonesia-land-of-indulgent-beauty-treatments.html

https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/beauty-trends/a1267/malaysian-indonesian-beauty-secrets-hair_tips_for_hot_weather_/

https://www.insideindonesia.org/rich-asian-and-all-natural

https://brightside.me/inspiration-girls-stuff/7-secrets-of-indonesian-women-to-age-slowly-803593/

https://www.beautynesia.id/beauty/7-minuman-tradisional-ini-jadi-rahasia-kecantikan-alami-wanita-indonesia/b-130049

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200804180911-277-532153/5-manfaat-pijat-wajah-untuk-kecantikan

 

 

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)