Putu Felisia

Rabu, 12 April 2023

Tips dan Inspirasi Baju Lebaran: Mengenal Kaftan, Gamis, dan Kebaya

Tanpa terasa sebentar lagi sudah di penghujung Ramadan. Teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa sebentar lagi akan menyambut datangnya hari penuh kemenangan: Idulfitri.

Apa saja yang sudah teman-teman siapkan untuk Hari Lebaran? Tiket mudik? Kue-kue kering? Atau baju baru?




Hari Lebaran biasanya identik dengan baju baru, ya. Bahkan dulu ada lagu anak yang liriknya begini:

 

Baju baru ... Alhamdulillah

Tuk dipakai di hari raya.

Tak punya pun tak apa-apa.

Masih ada baju yang lama.

(Baju Baru, dinyanyikan oleh Dea Ananda)

 

Ngomongin soal baju, beberapa tahun belakangan ini, perkembangan fashion bagi kaum muslimah sangat pesat. Model-model pakaian yang dikeluarkan juga sangat trendy dan mengikuti zaman. Busana-busana ini sangat cocok digunakan untuk para hijabers, non hijab, atau bahkan kalau teman-teman non muslim tertarik memakai model baju tertutup yang tetap gaya.



Beberapa jenis pakaian muslimah yang bisa teman-teman pilih di antaranya:

Kaftan

Kaftan merupakan sebutan untuk segala jenis jubah dan tunik longgar yang biasanya berdasar bentuk huruf T. Bentuk pakaiannya bermacam-macam, mulai dari jubah panjang berpotongan sempit dengan lengan penuh. Ada yang lehernya terbuka di atas, atau terbuka penuh ke lantai. Ada yang berkancing atau berbahan tebal, mirip dengan abaya.


kaftan lebaran


Kata kaftan berasal dari kata Persia, aslinya merujuk bahan garmen yang diyakini berasal dari Mesopotamia Kuno. Uniknya, kaftan dulu bukan dikenakan oleh para perempuan, melainkan para Sultan Ottoman dari abad ke-14 hingga ke-18 mengenakan kaftan yang dihias dengan mewah. Mereka juga memberikan kaftan sebagai hadiah kepada pejabat penting seperti jenderal. Kaftan saat itu dibuat dari sutra, wol, atau kapas yang kerap diikat dengan selempang.


Kenali 3 Busana Asia Timur ini:

Perbedaan Hanfu, Hanbok, Kimono


Saat ini, kaftan umum dikenakan tidak hanya perempuan, tapi juga pria di seluruh dataran tinggi Iran melalui Afrika Utara sampai ke Afrika Barat. Meski terlihat panas, tapi siluet longgar kaftan justru mempunyai sirkulasi udara yang baik, sehingga bisa menurunkan suhu tubuh.

 

Gamis

Jika dilihat dalam sekilas gamis hampir menyerupai kaftan. Namun, ada beberapa perbedaan di potongan pakaian yang tidak terlalu lebar meski tetap menutupi aurat. Beberapa hiasannya juga tidak terlalu glamor.


gamis lebaran


Gamis biasanya berbentuk jubah panjang yang berpotongan sedikit longgar. Biasanya, terdapat lekukan atau kerutan pada bagian pinggang. Selain memiliki potongan yang tidak terlalu lebar, gamis cenderung memiliki model berpotongan lurus. Biasanya gamis berwarna hitam paling banyak dikenakan Hijabers, hal ini karena gamis hitam lebih mudah dipadupadankan serta mampu menyamarkan bentuk tubuh.

 

Tentang Memaafkan:


Abaya

Abaya merupakan busana yang berasal dari Timur Tengah. Pada dasarnya abaya merupakan sejenis gaun atau jubah yang sering dikenakan oleh wanita di Timur Tengah. 


abaya lebaran


Banyak yang menyebut abaya dengan istilah gamis Arab. Namun, berbeda dengan gamis, abaya memiliki potongan yang lebih lebar sehingga teman-teman tak perlu khawatir akan memperlihatkan bentuk tubuh.

 

Tips Memilih Baju Lebaran

Biasanya, di Hari Lebaran, aktivitas akan cukup banyak. Dari beribadah, kemudian halal bihalal, dan makan-makan.


idulfitri


Untuk menunjang semua aktivitas ini, tentunya diperlukan baju yang nyaman dipakai. Nggak enak, kan, hari raya tapi merasa nggak nyaman seharian?


Memilih warna baju:

Mengenali Skin Tone dan Undertone


Berikut adalah beberapa tips untuk memilih baju Lebaran yang nyaman:

 

Pilihlah baju dengan bahan yang tepat.

Ini terutama kalau kalian membeli baju secara online, ya. Bahan yang ringan dan menyerap keringat adalah bahan yang nyaman di badan. Beberapa contohnya adalah katun dan linen.


lebaran keluarga



Hindari bahan polyester karena polyester merupakan bahan yang tidak mudah menyerap keringat dan memiliki tekstur yang agak kasar. Selain itu, bahan ini juga terbilang mudah kusut dan warnanya lebih cepat pudar karena polyester tidak murni hanya dari serat kapas saja, tapi juga ada serat buatan di dalammnya. Meski polyester harganya murah, kualitasnya tidak terlalu bagus.

 

Pastikan Ukuran Baju Pas dengan Tubuh

Baju yang terlalu longgar akan membuat tubuh terlihat tidak proporsional. Sedang baju yang terlalu ketat tidak akan nyaman dipakai. Lebih baik memilih ukuran yang benar-benar pas dengan ukuran tubuh.

 

Perhatikan Fleksibilitas

Model yang terlalu rumit atau terlalu banyak aksesoris bisa menghambat dalam melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, bisa mengganggu kenyamanan juga.

 

Sesuaikan dengan Kepribadian

Baju dengan warna cerah dan sesuai selera tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri. Bahkan bisa membuat hati semakin gembira di hari raya.

 

Nah, itu dia inspirasi fashion juga tips memilih busana yang cocok dikenakan di hari raya Idulfitri. Semoga bermanfaat. Dan kalau merasa artikelnya bermanfaat, jangan lupa untuk share dan komen, ya.


idul fitri


 

 

Referensi:

https://www.cxomedia.id/fashion/20220426103958-12-174667/mengenal-kaftan-dresscode-wajib-kala-lebaran-tiba

https://www.hijup.com/magazine/ini-dia-perbedaan-gamis-abaya-dan-kaftan/

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

32 komentar:

  1. biasanya banyak yang pakai kaftan dan gamis ya iuntuk hari raya. saya sendiri nanti sepertinya akan pakai gamis saja

    BalasHapus
  2. Abaya ini kok kayak perpaduan antara kaftan dan gamis ya, lebih modis gitu ya kak. Cocok banget nih buat pilihan nanti beli baju ama istri mendekati Lebaran.

    BalasHapus
  3. Seru nih pengetahuannya seputar fashion khas lebaran. Kalau saya yang cenderung tomboi ini, biasanya baju model kaftan, gamis, abaya ini cuma dipakai saat shalat Ied aja.
    Setelah shalat Ied dan acara sungkeman selesai, ganti baju yang lebih nyaman, seperti celana jeans dan tunik. Rasanya lebih simple dan leluasa bergerak gitu.

    BalasHapus
  4. Fashion lebaran memang semakin berkembang ya, Mbak. Bahkan setiap lebaran, trend warna juga berganti. Seperti tahun ini hijau sage. Tapi tetap harus memperhatikan kenyamanan juga. Termasuk bahan yang menyerap keringat.

    BalasHapus
  5. Minus beberapa hari mau lebaran dan mata ini dimanjakan oleh banyaknya model baju hahhha bingung pilihnya, model kaftan ini memang menggiurkan juga

    BalasHapus
  6. Fashion lebaran untuk ibu-ibu lumayan beragam ya pilihannya, dari kaftan sampe gamis semuanya ada, kalau bapak-bapak mah cukup baju koko saja, is enough wkwkwk

    BalasHapus
  7. Kalau masalah kenyamanan sih aku prefer gamis, kalau kaftan sama abaya masih aga ribet kalo aku. Tapi kalo lebaran emang banyak banget pilihannya.

    BalasHapus
  8. Saya lebih memilih baju lebaran yang nyaman ketika dipakai. Menghindari yang banyak pernak-pernik atau asesoris yang malah bikin ribet. Kalau jenis pakaiannya, saya lebih pilih yang model gamis. Selain nyaman juga bisa dipakai lagi untuk kesempatan lain.

    BalasHapus
  9. Aku sering "patah hati" kalau beli gamis online. Lebih baik nyari dengan kata kunci abaya aja. Bukan apa-apa. Banyak yang katanya jual gamis tapi ya gitu. Long dress ketat aja dibilang gamis *nangis*

    BalasHapus
  10. saya biasanya pakai gamis aja Kak, yang simple. Pengen juga sih pakai abaya atau juga kaftan tapi gak PD pakainya sih, hihihh.
    hmm tapi tahun ini pengen coba sih buat pakai kaftan di hari Lebaran :)

    BalasHapus
  11. Kalau gamis sih aku masih mau memakainya. Tapi kalau kaftan dan abaya kok ya belum terbiasa. Cuma kalau cari yang pas di kita tuh emang cakep banget sih pakai kaftan atau abaya tuh.

    BalasHapus
  12. Kalau aku biasanya lebaran pakai gamis, mbak soalnya nggak ribet makainya dibanding yang lain

    BalasHapus
  13. Gamis, kaftan, kebaya beragam banget nih buat lebaran makin menarik dan percaya diri pastinya.

    BalasHapus
  14. Biasanya saya hari lebaran selalu silaturahmi ke rumah orang tua naik kendaraan bermotor dengan jalan lumayan menantang alias semi off road. Jadi buat gak harus banyak kali ganti, solat Ied langsung pakai baju tunik dan kulot saja. Pakai gamis biasa hari ke dua saat di rumah saja

    BalasHapus
  15. Nampaknya sekarang yang jadi tren fashion lebaran adalah kaftan ya mbak
    Kalau warnanya warna sage ya

    BalasHapus
  16. Baju model kaftan memang cocok banget nih buat lebaran. Pengen beli tapi bingung mau warna apa. Hihihi..

    Mungkin pakai gamis aja sih lebaran tahun ini. Setelah tahun kemarin makai tunik. Hehehe

    BalasHapus
  17. Daku cenderung memilih gamis, asik aja, selain bisa buat lebaran bisa buat hangout juga

    BalasHapus
  18. Bahan yang tepat memang diperlukan, aplagi lebaran dipakainya cukup lama nih. Pastinya polyesternya harus lebih sedikit prosentasenya dibandingkan katun.

    BalasHapus
  19. Oalah baru tahu beda gamis dan Abaya setelah baca ini. Aku mikirnya juga abaya itu gamis arab

    BalasHapus
  20. Gamis, kaftan, dan kebaya memang serupa tapi tak sama. menghadapi hari rayaemang haris dituntut tampil cantil, jd harus pintar milih gamis atau kaftan yg cocok sama badan kita

    BalasHapus
  21. Wah kalau pas mau lebaran begini memang suka membingungkan gkan mau pilih fashion yang mana untuk hari raya ini, modelnya suka bagus bagus

    BalasHapus
  22. Asik dapat inspirasi buat ootd lebaran nanti nih. Biar makin cantik tampilan lebarannya. Jadi penasaran juga sih pengen coba pake kaftan di edisi lebaran kali ini.

    BalasHapus
  23. Serupa tapi tak sama, hehe, aku paling suka abaya meskipun selalu motongin bagian bawahnya karena sebagai kaum 150 cm gak ada kebaya yg ukurannya pas dengan ukuran tubuhku.

    BalasHapus
  24. Semuanya bagus-bagus, dan ternyata meskipun jenis pakaian yang disebut mirip ternyata punya ciri khas masing-masing yaa, tinggal pilih saja mana yang nyaman dipakai.

    BalasHapus
  25. Aku sebagai cowok lebih prefer liaht cewek pakai gamis atau abaya sih

    BalasHapus
  26. Kalau mau lebaran banyak banget muncul model baju terbaru. Kadang sampai bikin bingung pilih yg mana soalnya baju ya bagua2 semua. Pengin beli semuanya tp sayang isi rekening ga mumpuni huhuhu...

    BalasHapus
  27. lebaran kali ini aku pake gamis seserahan yang belum pernah dipake donggsss, masa lebaran tuh emang jadi hebring yaa,

    BalasHapus
  28. Aihh inget lagu lawas Dea Ananda deh jadinya baca artikelnya Mba Putu ini, hihi ... Btw pakai kaftan juga bikin lebaran jd tambah ceria yaa,, ingat kaftan Syahrini.

    BalasHapus
  29. kalau aku tiap tahun tim tunik sih, cuma ga tiap tahun beli baju baru aja wqwq

    BalasHapus
  30. Saya suka banget kaftan karena terlihat elegan, terus gak bikin badan keliatan lebar banget. Cantik banget pas dipake, hehe

    BalasHapus
  31. Lebaran dan baju baru ini jadi tradisi yang gak terpisahkan. Momennya selalu dinanti dan tahun ini pilihannya model yang simple dengan warna cerah akan mewarnai Hari Raya 1444 H.

    Bener banget untuk memilih baju yang nyaman.

    BalasHapus
  32. temenku banyak banget yang pake Kaftan, bagus :D

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)