Kamis, 22 September 2022

Perbedaan Hanfu, Hanbok, dan Kimono

Penggemar Chinese drama atau yang lebih populer disebut drachin pasti sudah akrab dengan busana yang dikenakan para pemainnya. Tahukah kalian, busana yang biasa tampil dalam drama sejarah atau fantasi dewa-dewa disebut hanfu. Nah, walau terlihat mirip, hanfu ini berbeda lho, dengan hanbok atau kimono. Apa saja perbedaannya? Yuk, kita simak sama-sama.

hanfu


Kenalan dengan Hanfu
Hanfu (Tionghoa sederhana: 汉服; Tionghoa Tradisional: 漢服; "Pakaian Han"),  adalah istilah yang digunakan untuk gaya pakaian historis yang dikenakan di Tiongkok oleh pada zaman Dinasti Han. Secara tradisional, hanfu terdiri dari jubah atau kemeja yang dikenakan sebagai pakaian atas, dengan rok lipit yang biasa dikenakan sebagai pakaian bawah. Setelah dinasti Han, pakaian ini telah berkembang menjadi berbagai gaya yang memanfaatkan kain yang mencakup sejumlah teknik produksi tekstil yang rumit, terutama yang digunakan untuk memproduksi sutra, dan telah menyerap sejumlah elemen dari budaya asing.
 

hanfu menghualu



Gaya pakaian orang Tiongkok pada zaman Han kuno juga dicatat sebagai yang berpengaruh dalam perkembangan pakaian tradisional Asia Timur lainnya, seperti adopsi pakaian istana Tiongkok oleh bangsawan periode Heian di Jepang. Secara tidak langsung, hanfu mempengaruhi perkembangan kimono dan hanbok, juga pakaian tradisional Asia Tenggara seperti áo giao lĩnh Vietnam.

 

Behind The Scenes: 

Novel Beranda Kenangan

 

Nah, jadi nggak heran, ya, hanfu ini mirip-mirip sama hanbok dan kimono.


Hanfu dan Kimono

Periode Nara di Jepang berlangsung bersamaan dengan periode Dinasti Tang di Tiongkok. Saat ini, Jepang mengirim banyak utusan ke Tiongkok untuk mempelajari budaya, seni, sistem hukum, termasuk sistem berpakaian.


Awalnya, kimono konon merupakan replika dari Tangfu atau baju Tang. Saat itu, Jepang juga meniru sistem Tang dalam peraturan berpakaian. Saat ini, kimono masih disebut “setelan Wu”, Wu di sini diambil dari kata Wudi. Jadi setelan Wudi berarti pakaian dari daerah Wudi (sekarang Wudi merupakan bagian Jiangsu dan Zhejiang) di Tiongkok.

 

Review dorama:

Don't Forget Me: Saat Alzheimer Menjadi Penghalang Cinta

 


Meskipun awalnya kimono merupakan modivikasi hanfu, kimono akhirnya memiliki karakteristiknya sendiri setelah melalui periode sejarah yang panjang.

Kimono
Kimono Jepang saat ini.



Hanfu dan Hanbok
Sejak lama, wilayah Semenanjung Korea menganggap Tiongkok sebagai negara yang berdaulat. Karakteristik pakaian di wilayah ini berubah seiring perubahan gaya berbusana di dinasti-dinasti Tiongkok.


Setelah pembentukan dinasti Korea, daerah Korea Utara menikmati hak untuk menjadi “Cifu” atau “Apresiasi Kaisar” yang diberikan oleh Kaisar Ming.

 

Review Drakor:

WWW: 3 Perempuan, 3 Cinta yang Tak Sempurna


Saat ini, hanbok sudah memiliki gaya yang berbeda dari hanfu Dinasti Ming, terutama pakaian wanitanya. Pengaruh dari gaya Aoqun(袄裙) dari Dinasti Ming perlahan beradaptasi dengan visi estetika nasional Korea. Pakaian bagian luar di bagian atas secara bertahap diperpendek, membentuk hanbok yang kita kenal saat ini.

 

hanbok korea
Hanbok Korea saat ini

 



Perbedaan Hanfu dan Kimono


 

hanfu kimono

Obi/Ikat pinggang:

  •        Hanfu: Hanfu biasanya memiliki ikat pinggang yang sempit;
  •        Kimono: tidak ada pita pada saku rok kimono, dan pinggang lebar dengan kain.

 

Garis leher:

  •         Hanfu: Pakaian leher Hanfu dekat dengan bagian belakang kepala;
  •         Kimono: Dalam kimono, garis leher wanita biasa membungkus lehernya dengan erat, dan garis leher geisha melintasi leher besar.


 Keliman:

  •         Hanfu: Hem Hanfu lebar, dari atas ke bawah lebih longgar jadi pemakai bisa berjalan bebas, pakaiannya tidak akan menghalangi aktivitas.
  •         Kimono: Ujung kimono pada dasarnya dekat dengan lekukan paha, yang sangat sempit, hingga pemakai lumayan sulit berjalan dan aktivitasnya jadi terbatas.


 Lengan baju:

  •         Hanfu: Garis potong lengan lebar Hanfu lembut, selain itu, lengan lebar Hanfu terbuka, dan bagian dalam dapat dijahit, panjang lengan melebihi panjang tangan.
  •         Kimono: Lengan kimono lurus, agak seperti bilah, bagian bawah manset dijahit (kira-kira karena cuaca Jepang yang dingin), panjangnya sampai pergelangan tangan.

   
Siluet pakaian:

  •             Hanfu: Garis-garis Hanfu berlekuk-lekuk, dan semuanya mengalir mulus di tubuh, terlihat anggun dan elegan;
  •             Kimono: Garis-garis kimono bergaris kaku yang rata dan lurus pada sudut siku-siku. Kimono berbentuk lurus dan tidak memiliki menampilkan lekuk tubuh manusia.




Perbedaan Hanfu dan Hanbok

hanfu hanbok


Bentuk kerah:

  •          Hanfu: Hanfu umumnya "Jiaolingyouren (交领右衽, kerahnya berbentuk Y)", juga beberapa kerah berbentuk V.
  •          Hanbok: Biasanya V-neck, kerah biasanya memiliki pita lebar.


  Bagian atas:

  •          Hanfu: semua bagian baju melekat pada pakaian luar bagian atas.
  •          Hanbok: kain luar atas berada di luar, menutupi rok, ujung gaun sangat lebar dan halus. Kebanyakan dari hanbok memiliki baju penutup di bagian dada.


Nah, itu dia perbedaan hanfu, kimono dan hanbok. Gimana, sudah bisa membedakan belum? Yang pasti gaya berbusana ala Asia Timur ini sangat bergaya. Beberapa rekomendasi di bawah mungkin bisa kalian coba:

 

hanfu modern
Hanfu modern

detail dan order lihat di sini

 

hanfu modern
bergaya dengan hanfu modern

detail dan order lihat di sini.

 


Celana hanfu
celana hanfu yang keren

 Detail dan order lihat di sini

hanfu tradisional
hanfu tradisional

Detail dan order lihat di sini

kipas sangjit
Kipas Tiongkok untuk pernikahan

 Detail dan order lihat di sini

 

Selamat mencoba hanfu dan mencoba bergaya ala nonik Tiongkok ya 😊







Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hanfu

 
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0241kSVmACqLq26iu2je9i2zqmD4w9worHwnACU9i9NL89mEJru3tnRB5NDQnh8skLl&id=1575478812582390&sfnsn=wiwspwa

 
https://www.newhanfu.com/459.html






29 komentar:

  1. Saya baru faham perbedaan Hanfu, Kimono dan Hanbok, Mbak. Tapi saya sebelumnya pernah lihat masing-masing. hanya kalau dibandingkan bersamaan, jadi lebih jelas.
    Kalau Hanfu, mungkin pertama kali saya lihat di serial televisi Legenda Ular Putih. Kemudian lihat kimono di serial Oshin. Lalu lihat Hanbok di drakor Full House hehehe.

    BalasHapus
  2. Jujur selama ini aq cuma sekedar tau model2 baju ini dari drakor atau dracin tapi gak tau namanya apa, dan dirumah juga cuma punya yang model kimono aja. Hihi

    BalasHapus
  3. Baru tahu namanya masing-masing. Naksir celana Hanfu nih, dipanjangin dibikin mirip kulot cantik juga ya. Aku seneng tiga-tiganya. Lucunya model bukaan bajunya mirip ya, ditangkup gitu aja, jadi berbentuk V lehernya. Elegan semua deh

    BalasHapus
  4. serupa tapi tak sama ya kak, banyak perbedaan detil yang mungkin luput dari pandangan mata saya. Busana ini pasti mengandung banyak filosofi bagi penggunanya dan sangat dijunjung tinggi oleh bangsa penggunanya

    BalasHapus
  5. Mirip-mirip sih ya kak semuanya Hnafu, hanbok dan kimono tapi kalau dilihat secara detail ternyata ada yg berbeda. Yg pasti cakep-cakep banget

    BalasHapus
  6. Wah thanks kak Putu, yg Hanfu ini aku bener2 baru tahu lhoo, dan bener yaahh bagus banget Hanfu modern kalau dibikin seragam lebaran nih hehehe

    BalasHapus
  7. Dari dulu semua pakaian ala Korea kuanggap hanbok/kimono semua, mirip sih haha. Ternyata beda ya. Makasih infonya Kak. Baru tahu saya :D

    BalasHapus
  8. Walau sekilas seperti mirip, tapi tetap saja saat mengenakannya akan terasa elegan ya, karena pakaian tradisi yang indah

    BalasHapus
  9. Unik ya mirip mirip tapi beda namanya, kalau aku taunya cuma hanbok tapi hanbok aja juga banyak ya macemnya

    BalasHapus
  10. Kalau melihat secara umum, Hanfu, hanbok, dan kimono hampir terlihat sama. Ternyata ada perbedaan mendasar pada detailnya. Ketiganya nampak anggun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya juga berfikir begitu kak, pas baca ini baru paham

      Hapus
  11. wah aku jadi makin paham tentang perbedaan Hanfu, Hanbok, dan Kimono, sekarang jadi tahu detailnya, semuanya cakep, aku suka, bajunya cakep semuanya, jadi makin cinta aku sama Drakor

    BalasHapus
  12. Baruu tauuu iiih modelnya lucuu lucuu hanfu-nya, kalau aku pengen banget foto ala ala korea pake hanbok (gusti yeni)

    BalasHapus
  13. ternyata beda ya, dan memang kalau diperhatikan detail juga beda sih, hihi.. namanya pun beda ya, bagus semua :)

    BalasHapus
  14. Informatif banget. Seandainya aku menemukan postingan blog ini waktu lagi kuliah dulu. Pasti sangat membantu.

    BalasHapus
  15. Bener juga ya, hanfu itu pemakainya leluasa bergerak. Kalau di film-film pendekar cewek yang pakai hanfu bisa lincah berantem.

    BalasHapus
  16. Ngertinya Kimono doang aku tuuu. Wah jadi paham masing-masing pakaian yang sering muncul di drama china.

    BalasHapus
  17. Saya tidak banyak paham soal perbedaan pakaian ini. Taunya hanya kimono. Tulisan ini cukup membantu saya untuk paham.

    Terima kasih sudah mengulasnya LBH lengkap. Good blogging !!!

    BalasHapus
  18. sebelum baca artikel ini, semua baju tradisional seperti itu tahunya namanya kimono semua. ternyata ada perbedannya ya

    BalasHapus
  19. Pernah coba hanbok waktu ke seoul 2018 lalu :D Thanks kak sudah sharing terkait perbedaan pakaian jenis ini

    BalasHapus
  20. informatif, baru paham saya, selama ini memang kurang memperhatikan, hanya sekilas saja melihat model bajunya, memang beda sih tetapi tidak detail mengamatinya
    terima kasih ya sudah menambah khasanah pengetahuan tentang baju tradisional, korea, cina dan jepang

    BalasHapus
  21. Jadi tahu, ternyata hanfu, kimono, dan hanbook bahkan berasal dr negara yg berbeda ya. Saya ngiranya ini sama semuaa hihi

    BalasHapus
  22. Hanfu, hanbok dan kimono modern kini sudah bisa digunakan dalam acara non formal sekalipun yaa.. Karena aslinya, mereka ribet banget dah..dengan semua pernak-perniknya.
    Ya, namanya juga baju adat yaa... Banyak filosofi yang terkandung sebagai kekayaan budaya mereka.

    BalasHapus
  23. Saya baru faham perbedaan Hanfu, Kimono dan Hanbok. Ternyata keren juga ya, jadi bayangin si dia kalo di pakai in ini..hehe

    BalasHapus
  24. Keren banget ya jenis pakaian tradisional di sana. Kelihatannya simpel tapi elegan. Aku baru tahu kalau sebutannya Hanfu, Handbok, dan Kimono. Pengen tahu juga nih mengenai filosofinya kak Putu.

    BalasHapus
  25. Melihat gaya berpakaian wanita di zaman kuno tersebut, ternyata sopan2 dan elegan yah.. beda banget dgn zaman sekarang, orang2 bisa wara wiri di mall dengan pakaian semi bikini, sejauh mata memandang, bertebaran paha dan dada mulus. bikin para lelaki seperti mabok kaya kena asap gas air mata.. wkwkwkwk..

    BalasHapus
  26. Mataku error, kebacanya "hantu" 🤦

    Btw seperti di daerah Melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura & Brunei yg punya bbrpa kesamaan kebaya ya.

    BalasHapus
  27. Pengen deh punya foto personal lagi pakai hanbok atau kimono gitu. Kapan ya bisa pergi ke Jepang atau Korea. hahaha

    BalasHapus
  28. 3-3 nya aku suka 😘👍. Tapi yg paling ribet makainya, itu kimono sih 😂. Pas ke Jepang dulu, nyobain kimono yg bener2 bagus, itu ternyata ga gampang. Memang wajib dipakaikan, ga bisa pake sendiri 😂. Bahan tebal, tapi haluuuuus banget. Kebetulan sedang winter, tapi ttp aku ngerasa warm aja pake itu.

    Kalo yg hanfu bikin badan kliatan langsing. Yg modern style nya juga kereeen ih 👍. Jadi pengen punya 😄

    BalasHapus

Protected by Copyscape
Protected by Copyscape