Sabtu, 14 Mei 2022

Bertahan di Cuaca Panas

Akhir-akhir ini saya sering bertanya-tanya, mengapa cuaca terasa panas akhir-akhir ini? Kayaknya matahari tiap hari bersinar sangat terik, silau dan panasnya ampun-ampunan. Badan berkeringat terus, rambut cepat lepek, belum biang keringat lalu keliyengan saat ada di luar rumah.

 

Jangan-jangan, Indonesia lagi kena heatwave?

 

heatwave

 

 

Apa Itu Heatwave

Menurut Wikihow, Heatwave alias elombang panas adalah periode di mana berlangsung panas yang ekstrem, sering juga disertai dengan kelembaban tinggi.

 

Suhu tinggi dan kelembaban tinggi dalam waktu lama bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam panas dan kelembapan yang ekstrem, penguapan melambat dan tubuh harus bekerja sangat keras untuk mempertahankan suhu normal.

 

heatwave

 

Mengatasi Heatwave

Risiko heatwave ini bervariasi tergantung pada usia dan kesehatan, tetapi dengan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika gelombang panas terjadi, kita dapat menghindari bahaya kesehatan terbesar, seperti kelelahan akibat panas dan serangan panas.

 

Beberapa cara bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak heatwave terhadap tubuh kita, misalnya seperti:

 

Mempersiapkan emergency kit.

Kita bisa menyiapkan perlengkapan ini di rumah: galon air, makanan yang tidak mudah rusak dan mudah disiapkan, obat-obatan, perlengkapan sanitasi. susu formula dan popok (untuk keluarga yang memiliki bayi), makanan hewan (untuk yang memiliki hewan peliharaan), senter, perlengkapan P3K, ponsel, batere serep, tisu basah, tisu toilet, dan kantong sampah untuk sanitasi pribadi.

 

Ikuti Perkiraan Cuaca Terkini.

Ini penting terutama mengecek temperatur udara sebelum beraktivitas di luar rumah.

 

Pergunakan Kipas Angin.

Kipas angin berguna untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah.

 

menghadapi heatwave

 

 Hindari Alkohol dan Kafein

Dua zat ini bisa meningkatkan dehidrasi hingga kita akan semakin haus dan kepanasan.

 

Kurangi Makan Makanan Berprotein Tinggi

Protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga tubuh terasa hangat.

menhhadapi heatwave
 

Kembali ke pertanyaan saya tadi, apakah Indonesia sedang mengalami heatwave?

Well, ternyata, menurut BMKG atau Badan Meteorologi dan Fisika, ternyata cuaca panas yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini bukan karena heatwave.

BMKG menjelaskan, penyebab fenomena suhu panas terik yang terjadi pada siang hari dipicu posisi semu matahari sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

 

Oh, jadi begitu. Tapi, tentu saja, apapun penyebabnya, cuaca panas memang bikin nggak nyaman.

 

menghadapi heatwave

Semoga kita semua bisa melewatinya dengan baik meski tanpa si dia di sisi kita #eaa.

 

heatwave

Review Mr. Love Queen's Choice bisa dibaca di:

Mr. Love Queen's Choice: Otome Game yang hobi menyiksa pemainnya.

 

Referensi:

 https://www.wikihow.health/Survive-a-Heat-Wave

 https://www.medicinenet.com/11_tips_surviving_a_heat_wave/views.htm

 https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-134438500/bmkg-ungkap-penyebab-suhu-panas-terik-di-indonesia-diprediksi-terjadi-hingga-pertengahan-mei-2022

 

22 komentar:

  1. cuaca di Bali memang lagi panas banget yaa mbok. Saya biasanya ngadem aja dan gak hangout, hehehe
    ternyata kalau cuaca lagi panas sebaiknya hindari kafein yaa

    BalasHapus
  2. Bahaya juga ya kalau masuk heatwave. Meski bukan heatwave kok ya di rumah saya kayaknya kipas angin nggak mati-mati. Selalu nyala untuk mendinginkan udara yang panas di Madura.

    BalasHapus
  3. memang berasa sih dibeberapa daerah apalagi ditempatku yang dilewati garis khatulistiwa panasnya minta ampun. Kemarin aku selalu menyediakan air kepala dengan es, super segerrrr

    BalasHapus
  4. Di tempatku cuaca juga panasnya ampun-ampunan. Padahal biasanya lumayan adem.
    Baru masuk musim kemarau aja udah begini panasnya ya. Semoga hujan sekali2 bisa mengademkan.

    BalasHapus
  5. Bandung yang katanya berhawa dingin pun sekarang sering panas. Makanya aku males pergi2. Belanja pun jadi sering online. Di rumah, alhamdulillah, walaupun tanpa AC dan kipas angin, tapi dinginnya masih terasa.

    BalasHapus
  6. Semoga hawa panas yang kita rasakan ini cepat berlalu ya, karena kurang asik juga

    BalasHapus
  7. Bener banget deh, di Malang juga panas banget. Semua rata keluhannya sama: gerah! Mungkin karena adanya heatwave ini tadi yah. Tapi aku juga sedia emerdency kit itu kok. Kalo siang tuh rasanya AC gabisa mati.

    BalasHapus
  8. Benar mbak lagi panas banget karena masuk musim panas.. tapi ekstrim sih.. anak sy nggak kuat panasnya minta kipasin mulu..padahal tahun2 kemarin nggak gini.

    BalasHapus
  9. Benar, saya sendiri merasakan daerah saya (Lampung) makin gerah. Tidak terik, tapi gerahnya minta ampun. Biasanya walau musim kemarau, panasnya masih bisa dinikmati, dibawah rindangnya pepohonan dan angin semilir.

    Saya cek, ternyata lampung menjadi bagian dari 7 kota terpanas awal Mei ini....hadeh....

    BalasHapus
  10. Kalo uda urusan panas memang paling gak nyaman banget ya. Saya pun kalo uda panas pasti ngadem terus deh, kalo bisa pun berhadapan dengan kipas. AC pun hidup terus ya karena gerah jelas gak nyaman.

    BalasHapus
  11. Malang aja lho sekarang panas banget kak. Saya kalau malam tidur pake kipas angin. Semoga gelombang panas yang ekstrim ini tidak berkepanjangan ya...Aamiin

    BalasHapus
  12. Ya Allah iyaa di Malang juga panass banget ini sampai sampai mandi pun ga berasa mandi. mandi keringet iya

    BalasHapus
  13. Aku jarang keluar rumah, karena anak-anak masih sekolah online (lagi).
    Jadi gak pernah ngerasain betapa panasnya udara siang. Di Bandung masih sering hujan deres banget juga, soalnya..
    Semoga panasnya musim kemarau di Indonesia masih wajar ya.. Gak eungap yang panas banget gitu..

    BalasHapus
  14. Iya nih kk, kalau tanpa AC berasa jadi kue dalam oven ya

    BalasHapus
  15. Ilustrasinya gemesin deh, ahaha. Btw emang sekarang cuaca sepanas ini ya. Saya sampai pasang model full di kipas angin karena mau hemat gak mau sering2 hidupin AC. Eh yg ada malah saya masuk angin, ahaha

    BalasHapus
  16. Malang yang terkenal kota dingin aja sekarang panas banget, mana panasnya ga enak lagi... Baru nyadar kalo kafein bisa meningkatkan dehidrasi...

    BalasHapus
  17. Iyaa nich, Bandung jugaa panasss bangedd, di rumah tiada hari tanpa nyalain kipas angin, berasa gerah di Kota Jakarta, tapi Alhamdulillah sekarang udah mulai nyaman lagi cuacanya, karena ujan tiap sore, huhuhuu, gak betah bangedd kalo panas dan gerah tuch 😢

    BalasHapus
  18. Iyaa banget nih cuaca skrng masih peralihan. Makanya siang panas bangettt, sorenya kadang hujan gede huhu thanks yaa kak untuk tips menghadapi cuaca panas ini

    BalasHapus
  19. Oh, istilahnya Heatwave yaa..
    Huhu...iyaya, rasanya kalau hawa sudah panas tuh jadi membuat badan cepet lemes dan lesu. Semoga dengan menjaga kelestarian lingkungan, alam tidak lagi menunjukkan keanomaliannya.

    BalasHapus
  20. Sprtinya skrng cuaca sudah berubah ya. Dlu kata ortu ku kalo jam 11 siang tuh masih bsa gk pake baju di sawah, kalo skrng ya gosong

    BalasHapus
  21. Cuacanya emang hot potatoes deh pokoknya bawaannya pengen meneguk es tapi kalo direalisasikan malah bikin badan sakit semua

    BalasHapus
  22. Di musim yg panas² gini bawaan pengennya rebahan depan kipas plus ga da yg negor² rebahan mulu kerjaannya haha.

    BalasHapus

Protected by Copyscape
Protected by Copyscape