Kamis, 14 April 2022

Asyiknya Belajar Bahasa Dengan Duolingo

 

Belajar itu nggak pernah sia-sia. Belajar bisa kapan saja dan di mana saja. Dengan adanya teknologi internet, kita juga bisa belajar dengan cara mudah dan menyenangkan.

belajar bahasa duolingo

 

 

Kalau kalian suka belajar bahasa, kalian wajib banget mencoba aplikasi Duolingo ini. Duolingo merupakan aplikasi yang mudah digunakan. Kita bisa mempelajari bahasa yang kita mau kapan dan di manapun, selama ada koneksi internet.

 

AWAL MENGENAL DUOLINGO

 

Sebagai penyuka Drama China dan Game China, saya sering frustrasi jika tidak bisa memahami cerita maupun dialog. Kalau ada drama atau game baru yang hanya ada teks raw, saya sering gigit jari.

 

Suatu hari, ada game yang sangat bikin penasaran. Gamenya bernama 光与夜之恋, nama internasionalnya: Light and Night. Saya sangat ingin membaca ceritanya tapi terkendala bahasa.

 

game light and night

 

 

Untungnya, teman saya, Chendra Laoshi memberi tahu saya tentang aplikasi Duolingo. Saya kemudian penasaran dan mencoba aplikasi ini, apakah aplikasi belajar ini bisa membantu saya mempelajari Bahasa Mandarin.

 

APA ITU APLIKASI DUOLINGO?

 

aplikasi belajar

 

Duolingo merupakan platform dan aplikasi belajar bahasa yang berasal dari Amerika Serikat. Kita bisa berlatih kosakata, tata bahasa, dan pengucapan menggunakan metode space repetition yang banyak menggunakan flashcard. Kita bisa berlatih penerjemahan tertulis, pemahaman membaca dan bicara, dan cerita pendek.

 

Mulai Juni 2021, Duolingo menawarkan 106 kursus bahasa yang berbeda dalam 41 bahasa. Nah, sayangnya, sebagai pengguna bahasa Indonesia, saat ini kita hanya bisa mempelajari bahasa Inggris saja.

 

CARA MENDAFTAR DUOLINGO

 

belajar bahasa

 

  • Instal aplikasi duolingo atau buka situs duolingo
  • Klik bagian sign up
  • Masukkan umur, nama, alamat e-mail, dan password e-mail.
  • Pilih bahasa yang diinginkan
  • Jawab pertanyaan dari duolingo
  • Ikuti tes untuk menentukan level
  • Voila, kamu bisa langsung belajar

 

duoliingo aplikasi belajar

 

KELEBIHAN DUOLINGO

Ngomongin duolingo, kelebihan pertama aplikasi ini adalah FREE alias gratis. Fitur-fitur dasarnya bisa digunakan secara gratis. Jika berhasil menyelesaikan task yang diberikan, kita bahkan bisa mendapatkan rewards berupa item yang bisa digunakan di duolingo.

 

aplikasi duolingo

 

Duolingo juga sangat ramah bagi orang yang belajar dari nol. Meski kita tidak mengerti bahasa yang kita pelajari, kita bisa mulai belajar hal-hal dasar. Kalau salah, kita bisa mengulang sampai bisa. Kita juga bisa melihat progress belajar dan target kita setiap hari. Gambar-gambar yang digunakan juga menarik hingga proses belajar jadi lebih menyenangkan.

 

duolingo aplikasi belajar

 

 

Duolingo juga memberi kita latihan-latihan, rewards, dan sistem ranking layaknya sebuah game. Hal ini membuat belajar semakin menyenangkan. 

 

duolingo aplikasi belajar


duolingo aplikasi belajar

 

BELAJAR BAHASA ADALAH HAL YANG MENYENANGKAN

Dengan menguasai bahasa tertentu, kita bisa berkomunikasi dan memahami kalimat-kalimat dalam bahasa tersebut. Saya pun merasakan kemajuan dalam berbahasa Mandarin. Kalau kemarin saya tidak sadar adanya penerjemahan yang kurang tepat, sekarang saya bisa sadar kalau kalimat tertentu diartikan secara berbeda.

 

belajar bahasa

 

 Orang Bali bilang, belajar itu sakadi nyampat, seperti menyapu yang tidak ada habisnya. Semoga kita bisa menggunakan waktu kita dengan melakukan sesuatu yang berguna seperti belajar.

16 komentar:

  1. Ada yang menarik dari aplikasi Duolingo, menurut saya. Dalam aplikasi Duolingo kita belajar bahasa asing itu bukan hanya dalam bentuk teks saja, tapi juga audio dan visual yang dikemas sama seperti game, menyenangkan.

    BalasHapus
  2. aq jadi tertarik pengen belajar bahasa mandarin via aplikasi Duolingo juga kak, kayaknya bakal lebih mudah ya

    BalasHapus
  3. Wah anak-anak di rumah juga suka banget pakai aplikasi belajar bahasa ini, katanya sih cara belajarnya enak dan mudah dimengerti apalagi dengan aplikasi ini mudah dipelajari dimana saja dan kapan saja serta tampilan visual-nya juga bagus, bikin belajar bahasa asing jadi menyenangkan buat anak.

    BalasHapus
  4. Semoga kedepannya sistem bahasa Indonesia juga memiliki kursus bahasa asing lainnya, gak hanya Inggris saja ya. Tapi ada Mandarin, Jepang, Arab dll

    BalasHapus
  5. belajar memang gak kenal waktu dan usia, di mana pun kita bisa buat belajar ya.

    wah aplikasi duolingo ini bisa jadi solusi buat kita yang pengen mempelajar bahasa biar gak hanya kuasai satu bahasa saja. nanti aku mau coba instal juga.

    BalasHapus
  6. Aku punya temen game dr turki dia juga sampe nyaranin aku aplikasi belajar bahasa ini loh mbak. Dia lagi semangat2nya belajar bahasa Spanyol. Kata dia juga aplikasinya bagus untuk belajar bahasa. Apalagi memang free juga. Jadi makin penasaran dan tertarik nih aku mbak.

    BalasHapus
  7. duolinggo memang keren yaa, lengkap banget pilihan bahasanya termasuk Mandarin juga ada

    BalasHapus
  8. Ternyata ada aplikasi gratis untuk belajar bahasa, mana belajarnya dengan cara yang menyenangkan banget.
    Kudu instal aplikasi Duolingo ini juga di ponsel nih agar bisa belajar bahasa asing dgn seru.

    BalasHapus
  9. Saya mau coba instal aplikasi duolingo, jadinya. Saya juga mau baca komik tapi terbentur bahasa, hehehe. Makasih kakak tulisannya jadi menginspirasi saya

    BalasHapus
  10. Batu tahu duolinggo ini gratisan mbak hahaha kemana aja aku ini. Jadi pengen belajar bahasa inggris lagi nih, kayaknya lebih seru yaa

    BalasHapus
  11. Duolingo ini keren ya
    Kalau saya pakai buat belajar bahasa Inggris
    Tapi sekarang emang selain bahasa Inggris, belajar bahasa Mandarin juga penting ya mbak

    BalasHapus
  12. Wahh keren kalau gratisan untuk kursus bahasa kayak gini biasanya mahal kan yaa, seruu deh

    BalasHapus
  13. baru tahu kalau ada pelajaran bahasa mandarin di duolinggo. aku tertarik banget pengen belajar bahasa ini. mau coba download ahh

    BalasHapus
  14. Bersama Duolingo , bisa belajar dengan menyenangkan dan levelling ini akan memudahkan untuk memahami setiap intisari per-materi yang telah dipelajari.

    BalasHapus
  15. nah ini baru menarik, karena biasanya orang yang baru belajar bahasa asing itu butuh level nol.. bener2 yang dari dasar banget gitu. terkadang kalau sudah masuk ke les2an agak susah ya buat catch up..

    BalasHapus

Protected by Copyscape
Protected by Copyscape