Jumat, 26 Juli 2019

Search:WWW: Cantik, Cerdas, Sukses, Tak Terikat Cinta


Salah satu hal yang paling menarik dalam serial Search: WWW ini adalah gebrakan teknologi dan berbagai pengetahuan IT yang tidak banyak terlihat di serial lain. Di samping itu, seluruh plot dan karakter-karakter saling mendukung dan menguatkan dari awal.

Search:WWW poster promosi
foto dari Wikipedia


검색어를 입력하세요: WWW
Genre
Created by
Written by
Kwon Do-eun
Directed by
Jung Ji-hyun
Kwon Young-il
Starring
Country of origin
South Korea
Original language(s)
Korean
No. of episodes
16
Production
Producer(s)
Yoon Ha-rim
Running time
70 minutes
Production company(s)
Distributor
Release
Original network
tvN
Picture format
Audio format
Original release
June 5 –
July 25, 2019

Ketika melihat trailer promonya untuk pertama kali, saya tidak begitu tertarik dengan drama Korea ini. Trailernya sederhana, hanya menampilkan 3 tokoh yang sedang berada di depan komputer. Tidak ada kesan ke mana cerita ini akan menuju, selain bahwa drama ini akan membahas tentang dunia perkomputeran/dunia internet.

Akan tetapi, kesan itu segera terhapus dengan monolog Baek Ta-mi (Im Soo-jung) salah satu dari 3 perempuan yang menjadi tokoh utama serial ini. Dari prolog saja, rasanya saya sudah melek mendadak, langsung sadar akan betapa kuatnya pengaruh internet saat ini. Konflik pun langsung dimulai di episode pertama. Skandal politikus, penghapusan daftar pencarian waktu nyata (mungkin maksudnya trending topik di internet) langsung dikupas habis. Rekayasa atau manipulasi daftar ini kemudian langsung mengubah nasib Baek Ta-mi. Dia dipaksa bersaksi di pengadilan, lalu dipecat secara tidak hormat.

Saat sedang sakit hati inilah, Ta-mi bertemu dengan Park Morgan (Jang Ki-young) di game centre. Bermula dari permainan game, berakhir di permainan ranjang -_- Dalam keadaan mabuk tampaknya keadaan ini sangat memungkinkan (meski di kehidupan nyata rasanya ketemu orang imut, sukses, dan bertanggung jawab macam Park Morgan lebih sulit dari Mission Impossible, hahaha). Di sinilah kisah cinta pertama dalam serial ini dimulai.

Tokoh kedua, Scarlett/Cha Hyeon (Lee Da-hee) mulanya membenci Ta-mi. Maklumlah, Ta-mi pindah dari Unicon ke Barro. Padahal, dua perusahaan itu memiliki permusuhan sengit di bidang usaha. Scarlett yang memiliki karakter berapi-api dan emosional ini bahkan menyetujui syarat: kalau Ta-mi tidak bisa menaikkan Barro menjadi nomor 1, mengalahkan Unicon dalam waktu 6 bulan, maka Ta-mi harus mengundurkan diri.

Tentu saja  tantangan Scarlett ini bukan hal yang mudah, mengingat Unicon memiliki manajer pemasaran yang sangat tangguh. Sang manajer pemasaran inilah perempuan yang menjadi tokoh utama ketiga: Song Ga-kyeong (Jeon Hye-jin), tokoh yang sama-sama menjadi senior dan idola bagi Tami dan Cha Hyun.

Ga-kyeong sendiri, walau dulu merupakan gadis yang kesatria, dia terpaksa berubah menjadi karakter yang lebih antagonis. Maklumlah, kehidupannya dijadikan ladang bisnis bagi kedua orang tuanya yang materialistis. Dia dinikahkan dengan putra bungsu perusahaan KU dengan motif bisnis. Mertuanya pun berani mengatakan kalau Ga-kyeong adalah budak keluarganya. Alih-alih membiarkan Ga-kyeong menjalankan perusahaan sesuai dengan visi dan misinya, sang mertua sering kali merecoki Ga-kyeong dan menyuruhnya melakukan sesuatu untuk mendukung politikus yang didukung KU.

Maka, pertempuran antara Barro dan Unicon pun dimulai. Siapakah yang akan memenangkan persaingan ini? Bagaimana nasib 3 perempuan yang menjadi kunci jalannya serial ini? Langsung saja nonton serialnya, ya ^^

Anyway, buat saya sendiri, saya suka banget dengan cara penulis naskah mengurai plot dan karakter yang agak kompleks menjadi sesuatu yang bisa dicerna. Di awal, Park Morgan yang kiyowo <3 itu dipakai untuk menarik perhatian. Setelah itu, barulah kisah-kisah cinta lain mulai diungkap. Pasangan Scarlett yang ternyata muncul dari awal tapi terabaikan karena keterampilan penulis menyelipkannya, lalu suami Song Ga-kyeong yang kurang menonjol di awal mulai menampakkan taring di saat tepat. Jadi, penonton tidak bosan menonton, atau melompati scene satu couple karena tidak suka kisah mereka.

3 couple ini pokoknya romantis habis dan serasi banget menurut saya. Di samping itu, kisah cinta mereka juga rada-rada anti mainstream. Cowok mana yang rela putus nyambung terus? Suami mana yang menunjukkan rasa cinta dengan menceraikan istrinya? Cowok mana yang saking sayangnya sampai nyuruh ceweknya pacaran sama cowok lain? Sampai sekarang, saya belum nemu karakter seperti ini di serial lain.

Jempol buat penulis skenario, deh. Semua nyambung dari awal. Bahkan di akhir, judul cerita ini menjadi jelas. Kenapa judulnya Search: WWW? Nah, nonton sendiri, ya!

Penggarapan serial ini juga patut diacungi jempol. Dari casting, musik, pengambilan gambar, penyuntingan, semua terlihat pas. Para pemain sendiri terlihat bermain total. Tokoh favorit saya di sini adalah Scarlett. Tokoh ini cukup kompleks. Dia itu elegan dan tangguh, kadang tegas, kadang galak, namun kalau di depan Seol Ji-hwan dia bisa begitu kekanak-kanakan dan ‘receh’ sekali xD kiyowooo~xD

Untuk ending sendiri, menurut saya nggak terlalu heboh. Saya hanya nangis waktu Park Morgan buka hadiah-hadiah ibunya, lalu waktu Scarlett nanya kenapa Song Ga-kyeong membuang hidupnya. Selain itu, rasanya lempeng-lempeng aja. Scene pamungkas love storynya pun biasa aja.

Untuk yang suka cerita bertema slice of life atau drama romantis yang nggak terlalu cheesy, cocok banget nih, nonton Search: WWW. Di samping itu, kalau kalian pengin tahu perkembangan dunia internet, ini adalah tontonan yang sangat wajib.

Selamat menonton <3

Penulis:
Putu Felisia
Novelis dan Blogger.





1 komentar: