Kamis, 28 November 2019

SehatQ.com: Solusi Tepercaya Mencari Info Kesehatan



Perkembangan teknologi informasi sungguh berdampak besar dalam kehidupan kita. Sayangnya, kemudahan memperoleh informasi tidak serta merta membuat kita mudah mendapatkan informasi yang benar dan tepercaya. Terbukti, hingga kini sangat banyak hoaks atau kabar palsu. 


Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, sepanjang Agustus 2018 – Februari 2019 hoaks terkait kesehatan menjadi salah satu hoaks tertinggi setelah hoaks politik (sumber: Republika, Senin (21/10/2019). 

Hingga kini, berbagai macam informasi palsu mengenai imunisasi atau cara mengobati penyakit dengan berbagai metode aneh bermunculan di Whatsapp, Instagram, atau Facebook. Herannya, meski kebenaran informasi ini masih rancu, masih ada saja yang menyebarkan hoaks ini melalui media sosial mereka.
Contohnya saja, hoaks mengenai menolong orang yang terkena serangan stroke. Menurut hoaks ini, menusuk orang yang terkena serangan stroke bisa memperlancar aliran darah yang tersumbat karena stroke. Padahal, penanganan serangan stroke seperti ini belum bisa dibuktikan secara medis. Kebanyakan orang pun sebetulnya masih awam tentang penyakit stroke. Tapi, berhubung orang-orang memang tidak begitu paham dan malas mengecek ulang kevalidan data, mereka cenderung menelan informasi itu mentah-mentah dan menyebarkannya kepada yang lain.

Nah, daripada percaya informasi yang belum jelas, teman-teman bisa membuka laman SehatQ.com. Laman ini bisa diakses dengan mudah melalui gawai atau laptop kalian. 


Contohnya, nih. Kalau teman-teman kebetulan sedang memerlukan informasi mengenai stroke, teman-teman bisa langsung buka  https://www.sehatq.com/. Dari sini, teman-teman bisa mengetik kata 'stroke' di kolom pencarian dan segera saja, berbagai informasi mengenai stroke bisa teman-teman temukan.

Mudah banget, kan? Sudah mudah, informasinya valid, lagi :D
 
Sangat penting untuk kita bisa memilah-milah informasi. Masalahnya, kalau kita mencerna informasi yang salah, alih-alih sembuh, penyakit bisa semakin parah. Informasi yang salah juga bisa membahayakan nyawa, lho. Untuk itulah, dibutuhkan sebuah platform tepercaya dengan narasumber tepercaya. Untungnya, sudah ada platform yang mampu menyediakan informasi dengan narasumber yang ahli: tak lain adalah para dokter yang ahli di bidang masing-masing.
 
Yang pasti, SehatQ.com hadir untuk membantu kita memberi informasi yang valid dan bisa kita terapkan dengan aman. Platform pelayanan kesehatan ini memiliki kantor yang jelas, beralamat di Jl. M.H. Thamrin No.51, Menteng, Jakarta Pusat. Jadi, platform ini jelas bukan platform abal-abal yang tidak jelas penanggung jawabnya. 



Visi SehatQ.com ini memang bertujuan menjadi asisten kesehatan bagi keluarga Indonesia. Lamannya pun memiliki tampilan cantik yang mudah diakses. Dari obat, artikel, dokter, rumah sakit, penyakit, promo, forum, dan acara bisa dilihat di sini. Hebatnya, direktori rumah sakit ini tidak hanya memuat rumah sakit di wilayah Jakarta saja, lho! Rumah sakit di wilayah Denpasar (tempat tinggal saya) juga ada. Jadi, bisa dicek-cek untuk jangkauan kota teman-teman.



Direktori Rumah Sakit SehatQ.com bisa diakses di sini.

Artikel-artikel kesehatan di sini juga sangat bisa dipertanggung jawabkan karena ditinjau oleh dokter langsung. Kita tidak perlu takut akan membaca informasi salah dan mempraktikkan cara salah merawat dan memelihara kesehatan. Informasi tentang berbagai macam penyakit juga bisa dicari dengan mudah. Kalau kita ingin tahu tentang kolesterol, darah tinggi, penyakit jantung, semua bisa dicari di fitur penyakit.



Berbagai artikel kesehatan SehatQ.com bisa diakses di sini.

Kalau masih bingung, kita bisa masuk ke forum dan mengajukan pertanyaan. Kita juga bisa membaca pertanyaan-pertanyaan lain di forum ini. Jadi, selain mendapat jawaban atas pertanyaan kita, kita juga bisa menambah pengetahuan dari jawaban pertanyaan lain.

Forum SehatQ.com bisa diakses di sini.

Nah, kalau masih tidak puas juga, tersedia fasilitas chat gratis yang bisa dilihat di laman utama. Kita bisa bertanya-tanya keluhan kita dan tim dokter SehatQ.com akan siap sedia menjawab. Namun, tentu saja karena ini adalah layanan daring, para dokter tidak bisa memeriksa tubuh pasien secara langsung. Kita bisa berkonsultasi, tapi untuk sakit penyakit, tetap memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Nah, untuk pemeriksaan lebih lanjut ini, kembali kita bisa mempergunakan fasilitas booking dokter. Setelah masuk ke booking dokter, kita bisa memilih dokter berdasarkan nama atau rumah sakit yang diinginkan.



Fasilitas booking dokter SehatQ.com bisa diakses di sini.

Kesehatan itu sangatlah penting. Karena itu, kita perlu menjaga dan merawat kesehatan dengan sungguh-sungguh. Memfilter informasi juga sangatlah diperlukan agar kita dapat terus hidup sehat dan panjang umur.

Saya sangat senang dengan hadirnya platform SehatQ.com ini. Semoga saja, ke depannya, platform ini bisa berkembang menjadi aplikasi kesehatan. Dengan demikian, maka makin mempermudah para pasien atau pegiat kesehatan untuk mendapatkan informasi yang valid.

Daftar Pustaka:



 

Penulis:

.

7 komentar:

  1. Waah ... wajib coba ini. Kebanyaka goggle justru memberikan info palsu yang ujung-ujungnya jualan obat sih.

    BalasHapus
  2. Akhirnya ada tempat yang artikel kesehatannya bisa dipercaya * *

    BalasHapus
  3. Wuah, terima kasih, Kak. Infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Wah bisa booking dokter juga 😍

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. wah buat copywriter bisa jadi referensi nih kalau pegang brand tentang kesehatan di sehatq ini ya.
    dan tampilannya juga clean yang mencerminkan kesehatan adalah yang utama!

    BalasHapus